Pilih Mobil Matic Atau Mobil Manual ? Berikut Pertimbangannya
Mau beli mobil tapi bingung mau beli matic atau manual? sebaiknya kamu tahu dahulu akan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Baik mobil bertransmisi matic atau manual sebenarnya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan dan juga sama-sama mempunyai daya tarik tersendiri. Apakah kamu bingung ingin memilih yang mana? sebenarnya cukup mudah saja, tinggal sesuaikan kebutuhanmu dengan karakteristik ke dua mobil itu, berikut panduan singkat jika kamu ingin membeli mobil baik matic atau manual.

1. Mobil matic

Mobil transmisi otomatis atau biasa disebut matic ini memang terkesan lebih canggih dan modern. Hampir setiap pemilik mobil tahu bahwa mobil matic ini menawarkan segudang kemudahan, tidak ribet serta tidak capek pakainya. Mobil bertransmisi otomatis ini memang sangat cocok untuk di pakai di perkotaan, apalagi di kota besar seperti kota Jakarta atau kota Surabaya yang terkenal akan kemacetan lalu lintasnya.

Bila sedang terjebak kemacetan praktis mobil akan berjalan merambat dan sering sekali stop and go, disini mobil matic akan menjadi "juara" karena si pengemudi mobil matic tidak akan secapek pengemudi mobil manual. Kalau kamu menggunakan mobil manual dan terjebak kemacetan, pasti kaki kiri akan terasa sangat pegal, bahkan jika terlalu lama macet biasanya kaki kiri pengemudi sampai merasa kesemutan, apalagi kalau kopling mobil tersebut keras, wah bakal tambah pegal tuh kaki.

Tapi ternyata mobil matic ini ada kekurangannya juga bila dibandingkan mobil manual, tentu... tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kekurangan mobil matic ini terasa bila kondisi jalan yang dilalui tidak rata dan cenderung menurun.
Hati-hati jika melalui jalan turunan dengan mobil matik, karena bersifat otomatis kita tidak dapat mengatur transmisi, selain itu mobil matik tidak mempunyai engine break seperti halnya mobil manual, jadi lebih berhati-hatilah untuk melakukan pengereman.

Untuk urusan bahan bakar bila dibandingkan dengan mobil manual, mobil matic cenderung boros bahan bakar dan memerlukan penggantian oli yang lebih sering.

2. Mobil manual


Mobil bertransmisi manual ini tidak bisa dikatakan lebih kuno daripada mobil matic, karena mobil manual ini juga punya segudang keunggulan. Jika dilihat dari cara pengoperasiannya yang lebih rumit, bukan berarti mobil manual tidak nyaman untuk dipakai, walaupun mobil ini seperti yang kami tulis diatas punya kelemahan di saat macet, namun konsumen yang menggunakannya tidak bisa dibilang sedikit.

Karena sistem transmisi yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi, mobil manual ini bisa lebih irit pemakaian bahan bakarnya, dan lebih mudah dipakai untuk jalanan baik menanjak atau menurun. Jadi mobil manual bisa dikatakan sangat cocok untuk dipakai di segala medan jalan.

Untuk perawatan juga bisa dibilang mobil manual lebih "bersahabat" bila dibandingkan dengan mobil matic, terutama untuk perawatan sistem transmisinya.

Jadi semua terserah kamu sebagai pemakainya, apa cenderung memilih mobil matic atau malah sebaliknya pilih mobil manual, karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal kamu bijak saja dalam memilih.

Artikel Terkait