3 Tips jitu merawat aki kering motor agar tetap awet

07-09-2016 (5 months ago)

Aki kering pada motor memang jauh lebih tahan lama dibandingkan aki basah, namun aki kering juga membutuhkan perawatan khusus.

Motor sendiri adalah alat transportasi paling populer dan paling banyak dipakai saat ini oleh banyak orang. Hal ini karena motor memang jauh lebih lincah, lebih irit, dan lebih mudah perawatannya. Selain itu jenis motor saat ini sudah sangat beragam sehingga semakin memberikan banyak pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan bermtor beroda dua ini.

Dan setelah anda memiliki motor, maka anda juga harus mengerti bagaiman memperlakukan motor anda dan merawat berbagai part dan komponen di motor anda tersebut. Karena salah perawatan saja maka motor anda bisa hancur dan biaya perbaikan akan semakin membengkan yang tentu akan memberatkan anda.

Salah satu komponen yang perlu dijaga dan dirawat secara rutin adalah aki motor. Aki motor sendiri terdapat dua macam yakni aki basah dan aki kering. Untuk berbagai motor keluaran terbaru saat ini rata-rata menggunakan jenis aki kering. Kenapa aki kering dipilih oleh motor keluaran terbaru karena memang aki kering ini menawarkan berbagai kelebihan dan daya tahan jauh lebih baik.

Namun tetap saja, meski aki kering lebih baik dari aki basah tetap membutuhkan perawatan yang berkala agar tetap bisa digunakan dan berfungsi dengan baik. Aki sendiri memang memiliki fungsi vital yakni seperti jantung pada manusia. Sekali saja aki anda rusak atau soak maka bisa dipastikan motor tidak akan bisa dinyalakan dan sistem kelistrikan akan kacau. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjaga agar kondisi motor anda terus bekerja dengan baik dan awet.

1.Gunakan motor secara rutin

Tips ini adalah salah satu tips termudah untuk tetap menjaga agar aki kering anda tetap bekerja dengan baik dalam waktu lama. Anda hanya perlu menggunakan motor anda lebih sering dalam artian menyalakan motor anda lebih rutin. Hal ini akan membuat kerja aki kering anda tetap normal sehingga aki bisa bertahan lebih lama. Pengisian listrik pun akan menjadi lebih stabil dan suplai listrik ke semua komponen menjadi lebih normal.

2.Panaskan mesin

Jika anda memang tidak memiliki waktu untuk mengendari motor setiap hari, maka anda cukup memanaskan motor anda secara rutin setiap pagi selama 2 menit saja. Dengan cara ini juga sudah cukup untuk menjaga kondisi aki kering anda. Membiarkan motor terdiam dalam waktu yang sangat lama malah akan merusak sejumlah komponen dari dalam motor anda.

3.Tips starter motor

Menyalakan motor sendiri saat ini ada dua macam caranya yakni menggunakan starter elektrik dan kick starter. Cara terbaik menggunakan dua macam starter motor ini adalah dengan menggunakan kick starter ketika di pagi hari setelah motor mati semalaman. Dan setelah mesin panas, maka anda bisa menggunakan starter elektrik seterusnya. Alasan kenapa di pagi hari harus menggunakan kick starter adalah karena dengan cara ini oli bisa tersebar dengan baik pada awal dinyalakan.

Artikel Terkait

Loading...