5 Manfaat utama jika anda memiliki nilai IPK tinggi

10-10-2016 (1 month ago)

Menuntut ilmu setinggi-tingginya memang tidak akan pernah ada ruginya. Apalagi jika nilai IPK anda tergolong tinggi maka berbagai manfaat dan kemudahan bisa anda dapat dengan cepat.

Menggapai ilmu pendidikan hingga setinggi-tingginya memang menjadi kewajiban setiap orang saat ini agar menjadi pribadi yang lebih cerdas dan berkompeten dalam berbagai hal. Untuk saat ini pendidikan seseorang dianggap berhasil jika memiliki nilai IPK atau Indeks Prestasi Komulatif tinggi. Namun tidak sedikit memang mahasiswa yang malah menganggap jika nilai IPK ini tidak penting dan tidak perlu dikejar terlalu tinggi.

Pernyataan tersebut memang ada benarnya namun tidak sepenuhnya, tentu mendapatkan nilai IPK tinggi akan membawa anda ke kemudahan dalam berbagai hal seperti melamar kerja dan lain sebagainya. Berikut ini adalah sejumlah keunggulan atau manfaat ketika anda memiliki nilai IPK atau Indeks Prestasi Komulatif tinggi.

  1. Memiliki kemampuan komunikasi lebih baik

Mahasiswa dengan nilai IPK tinggi memang akan lebih sering berkomunikasi dengan teman-temannya. Hal ini karena mahasiswa tersebut lebih sering hadir dalam mata kuliah dan sering mengerjakan berbagai tugas kelompok dengan baik. Dengan seperti ini komunikasi antar mahasiswa pun akan terbangun lebih sering dan kemampuan berkomunikasi menjadi lebih baik. Biasanya nilai Indeks Prestasi Komulatif ini didapatkan dari nilai Ujian Tengah Semester atau UTS dan UAS yakni Ujian Akhir Semester.

  1. Syarat utama mendapatkan beasiswa

Sudah harga mati jika anda ingin mendapat beasiswa maka anda harus memiliki nilai IPK tinggi. Bahkan minimal untuk bisa bersaing mendapatkan beasiswa tersebut IPK atau Indeks Prestasi Komulatif anda harus berada diatas angka 3. Jika dibawah 3 mutlak anda tidak akan pernah bisa mendapatkan beasiswa. Beasiswa sendiri memang menjadi sesuatu yang sangat dicari oleh mahasiswa karena mampu meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah yang cukup tinggi biayanya.

  1. Bisa melamar menjadi PNS

Pegawai Negeri Sipil atau PNS memang adalah salah satu pekerjaan yang di incar oleh banyak orang terutama para mahasiswa. Hal ini karena ketika anda resmi diangkat menjadi PNS maka anda akan mendapatkan jaminan uang pensiun di hari tua anda. Syarat utama menjadi seorang PNS sendiri adalah memiliki nilai IPK harus diatas 3 dan anda baru bisa berkompetisi mendapatkan posisi sebagai PNS.

  1. Peluang bekerja di perusahaan besar lebih terbuka

Perusahaan dengan skala besar dan memiliki integritas tinggi jelas tidak sembarangan dalam menerima pengawai. Bahkan mereka rata-rata meminta agar calon pegawai yang mendaftar wajib memiliki nilai IPK diatas 3 sebagai syarat utama. Jadi semakin tinggi angka atau nilai IPK anda maka peluang anda diterima menjadi pegawai di perusahaan tersebut semakin terbuka lebar.

  1. Disayang dosen

Dalam dunia mahasiswa memang sering mengalami dosen yang suka memandang sebelah mata mahasiswanya yang memiliki nilai IPK rendah. Sementara berbanding terbalik dengan mahasiswa yang memiliki nilai IPK tinggi akan lebih disayang dan diperhatikan. Tentu dosen tersebut memiliki alasan karena mahasiswa dengan IPK tinggi menandakan mereka sangat rajib belajar dan memang bersungguh-sungguh dalam belajar bukan hanya sekedar main-main atau mencari nilai.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel