15 Alasan Masuk Organisasi Intra atau Ekstra Kampus

Pendidikan 1 month ago
15 Alasan Masuk Organisasi Intra atau Ekstra Kampus

Keberadaan organisasi kampus baik itu dalam internal kampus maupun berasal dari luar kampus tentunya sangat bermanfaat untuk mahasiswa. Namun anehnya masih banyak mahasiswa yang memilih untuk tidak ikut satupun diantaranya. Tentunya karena sebagian mahasiswa belum tahu manfaatnya. Bahkan ada yang menganggap organisasi bisa menghambat aktivitas kuliah.

Pada dasarnya bahwa sebuah organisasi dibentuk dengan tujuan yang baik. Bagaimana menciptakan sebuah wadah yang dapat memediasi pengembangan karakter, jiwa kepemimpinan, dan juga sebagai tempat pertukaran informasi yang efektif. Namun pada kenyataannya mahasiswa kebanyakan melihat efek negatif dari keberadaan organisasi. Dimana organisasi telah menjadi candu bagi mahasiswa dan menjeratnya dalam lingkaran hedonisme.

Baca: 12 Cara Cepat dan Mudah Mengusir Kelelawar.

Alasan Masuk Organisasi Saat Kuliah

Mahasiswa yang masuk organisasi memiliki alasan tersendiri. Baik memasuki organisasi intra kampus maupun ekstra kampus. Tujuan mereka pun berbeda-beda sehingga pencapaian hasilnya pun berbeda-beda. Berikut ini ada 15 alasan masuk organisasi mahasiswa.

1. Ikut-ikutan

Alasan Masuk Organisasi
Ikut-ikutan

Alasan pertama hanya karena ikut-ikutan saja. Tidak ada niat dan tujuan yang ingin dicapai. Hanya karena melihat mahasiswa lain bergabung dalam organisasi sehingga dia juga ikut. Alasan ingin sangat banyak dipakai oleh pelaku organisasi. Meskipun mereka tidak langsung mengatakannya, tetapi terlihat dari aktivitas mereka.

Mahasiswa dengan alasan ini sangat mudah dideteksi. Cukup lihat saja struktur organisasi. Berapa jumlah pengurus dan berapa jumlah mahasiswa yang benar-benar aktif dalam setiap kegiatan. Selain itu biasanya kedatangannya dalam kegiatan hanya sebagai pelengkap. Datang duduk, diam, makan, ketawa, pulang.

2. Paksaan Senior

Alasan Masuk Organisasi
Paksaan Senior

Mungkin alasan pertama terlihat sangat parah. Namun ternyata ada yang lebih parah lagi, yaitu karena paksaan senior. Keberadaannya di dunia organisasi bukan karena kemauannya tetapi karena adanya senior yang menginginkannya berada dalam organisasi tersebut.

Ini biasanya terjadi kepada mahasiswa yang memiliki kedekatan dengan senior yang memiliki nama dan reputasi yang di dalam organisasi. Mungkin pernah menjabat sebagai ketua atau sementara menjabat. Nah tujuannya disuruh masuk adalah untuk dipersiapkan sebagai generasi pelanjut dari kepemimpinannya.

3. Ingin Mencari Kesibukan Tambahan

Alasan Masuk Organisasi
Kesibukan Tambahan

Biasanya ini adalah mahasiswa yang punya banyak waktu luang tetapi tidak tahu harus melakukan apa. Mulai merasa bosan dengan aktivitas menoton datang ke kampus, kuliah, kembali lagi ke kost. Maka pilihannya adalah memasuki organisasi tertentu.

Mahasiswa dengan alasan ini juga akan susah diprediksi aktivitasnya. Karena tidak menjamin akan bisa loyal terhadap organisasi. Bisa jadi, akan segera bosan juga. Apalagi ketika kegiatan organisasi yang dimasukinya dianggap menoton dan tidak memiliki daya tarik sesuai keinginannya.

4. Ingin Membangun Relasi

Alasan Masuk Organisasi
Bangun Relasi

Mahasiswa dengan alasan ini mulai tahu bahwa ada manfaat yang bisa dipetik dengan bergabung pada satu atau beberapa organisasi. Menjadikan organisasi untuk membangun relasi dengan banyak orang, mulai dari mahasiswa satu angkatan, satu jurusan senior, bahkan mahasiswa dari fakultas dan universitas lain.

Tujuannya sangat jelas "banyak teman banyak reseki". Jadi, dengan membangun banyak relasi sejak dari mahasiswa bisa menjadi tabungan untuk mendapatkan informasi pekerjaan nantinya. Atau bahkan bisa menjadi sasaran empuk untuk dijadikan target pemasaran produk bisnis.

5. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Alasan Masuk Organisasi
Menambah Pengetahuan

Mahasiswa yang memiliki alasan seperti ini mulai melihat organisasi dari sisi keilmuan. Dimana mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang berusaha mencari dan membuka keran-keran ilmu sendiri. Bukan menunggu terus menerus dan disuapi dari dosen yang pertemuannya hanya satu kali dalam satu minggu.

Biasanya mahasiswa ini sangat rajin ikut rapat, kajian-kajian keilmuan tentang berbagai topik. Hanya saja biasanya jenis mahasiswa ini sangat jarang ikut kegiatan sosial apalagi aksi demonstrasi. Fokusnya adalah untuk mendapatkan tambahan ilmu dengan sharing bersama teman organisasi atau senior.

6. Mengembangkan Bakat atau Mendalami Hobi

Alasan Masuk Organisasi
Mengembangkan Bakat

Mahasiswa dengan alasan tersebut punya tujuan yang sangt jelas. Dia melihat organisasi sebagai tempat yang sangat tepat untuk menggali potensi dalam diri, mengembangkan bakat atau menyalurkan hobi. Tentunya pilihan organisasi yang dimasuki juga harus sesuai dengan hobi atau bakat yang dimilikinya.

Misalnya untuk bakat main gitas, menyanyi, atau akting. Maka tentunya mereka akan bergabung pada organisasi seni di kampus (Jika ada). Melalui aktivitas organisasi dia akan memaksimalkan dalam mengeksplor kemampuannya. Selain itu akan berupaya semaksimal mungkin 'menguras' ilmu dari senior atau pembimbing pada organisasi tersebut.

7. Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan

Alasan Masuk Organisasi
Jiwa Kepemimpinan

Organisasi kampus memang sangat cocok untuk memulai membangun jiwa kepemimpinan. Sesuatu yang tentunya tidak bisa didapatkan pada bangku kuliah. Pada organisasi pengembangan jiwa kepemimpinan bukan sekedar teori tetapi dilengkapi dengan praktek secara nyata.

Beberapa organisasi biasanya memiliki tingkatan karir tersendiri. Misalnya untuk organisasi intra kampus mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F) sampai Badan eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U). Biasanya mahasiswa ini akan berproses mulai dari awal sebagai anggota biasa dalam organisasi, masuk pengurus inti, mencalonkan diri jadi ketua, lanjut terus sampai pada tingkatan terakhir ketua BEM-U.

8. Melatih Manajemen Waktu

Alasan Masuk Organisasi
Manajemen Waktu

Dunia organisasi ketika dipaketkan dengan aktivitas kuliah akan menjadikan mahasiswa super sibuk. Butuh pengaturan waktu yang sangat tepat agar antara kegiatan organisasi dan kegiatan kuliah tidak saling menciderai. Bahkan jika salah akan berdampak pada kesehatan.

Loading...

Nah mahasiswa dengan alasan ini tentunya sangat paham bahwa salah satu kunci kesuksesan seseorang adalah kemampuan mengatur waktu dengan baik. Maka sejak kuliah belajar untuk menyeimbangkan antara waktu kuliah dan waktu untuk berorganisasi.

9. Belajar Profesionalisme

Alasan Masuk Organisasi
Profesionalisme

Setelah keluar dari kampus nantinya maka mau tidak mau akan terjun dalam dunia profesionalisme. Entah berkarir dalam perusahaan tertentu atau membangun usaha sendiri, tentunya butuh tindakan profesional. Dimana kemampuan menghadapi masalah tanpa mencampuradukkan antara hal-hal yang bersifat pribadi dengan pekerjaan.

Profesionalisme dalam dunia organisasi bisa dilatih dari cara pengambilan keputusan. Berkomunikasi sesama anggota organisasi. Tahu batasan formalitas dan lain sebagainya.

10. Membangun Jiwa Sosial

Alasan Masuk Organisasi
Jiwa Sosial

Organisasi dan aktivitas sosial adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Organisasi menjadi jembatan penghubung antara mahasiswa dan masyarakat. Melalui label organisasi maka mahasiswa akan mudah melakukan berbagai kegiatan sosial di lingkungan masyarakat.

Kegiatan seperti bakti sosial, penggalangan dana, sosialisasi pendidikan dan lain sebagainya secara perlahan membentuk kepedulian mahasiswa akan masyarakat sekitar. Mahasiswa bisa terjun langsung ke lapangan melihat dan merasakan apa yang dirasakan masyarakat.

11. Memupuk Rasa Persaudaran

Alasan Masuk Organisasi
Rasa Persaudaraan

Organisasi Mengajarkan bagaimana berbagi dengan sesama itu sangat penting. Merasakan kesedihan dan kebahagiaan bersama. Tentunya hal ini terbangun secara alami dan tidak diskenariokan.

Meskipun pada organisasi tertentu ada doktrin loyalias. Tetapi tentunya itu bukan hal yang memberikan efek besar, tetapi kebiasaan melakukan berbagai kegiatan secara bersama-sama. Makan bersama, tertawa bersama, perbedaan pendapat dan lain sebagainya.

12. Mengendalikan Ego

Alasan Masuk Organisasi
Mengendalikan Ego

Organisasi adalah sebuah sketsa dari kehidupan masyarakat secara umum. Berbagai macam karakter, suku, bahasa, dan cara berpikir tergabung dalam satu tempat. Maka tidak heran ketika perbedaan pendapat sering terjadi.

Emosi, ketersinggungan, merasa dikhianati, dilecehkan dan lain sebagainya adalah hal lumrah terjadi dalam organisasi. Namun pada akhirnya mengendalikan ego masing-masing adalah solusinya. Ketika sampai pada titik itu maka kesadaran bahwa organisasi itu penting mulai tumbuh. Tanpa ego, tanpa dendam, dan tanpa kemarahan yang ada hanya saling memahami.

13. Memahami Makna Kompetisi

Alasan Masuk Organisasi
Kompetisi

Satu hal yang juga bisa dipelajari dalam organisasi adalah belajar menerima kekalahan. Ini bisa menjadi alasan kuat buat anda yang ingin masuk organisasi. Bahwa disana anda bisa belajar tentang lapang dada. Bagaimana anda bersaing dengan 'saudara' anda sendiri memperebutkan posisi ketua.

Ketika anda kalah maka anda tentunya harus siap menerima kekahalan. Ketika anda menang pastinya anda bisa memberikan rasa hormat kepada yang kalah. Intinya bahwa organisasi adalah media anda belajar bukan untuk menebar gensi dan ego.

14. Melatih Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Organisasi memang bukan ruang praktis untuk mengubah mahasiswa sesuai keinginan. Namun dengan terus belajar dan berproses maka apa yang diinginkan bisa tercapai. Jika anda selama ini merasa malu, canggung, atau susah ketika berbicara di depan umum. Maka anda bisa belajar lewat organisasi.

Melalui rapat-rapat, kajan-kajian rutin anda bisa belajar sedikit demi sedikit mengajukan pertanyaan. Memberikan masukan, saran, kritik dan pendapat tentang topik yang dibahas. Sampai pada akhirya anda akan terbiasa dan bisa membawakan materi dengan sangat luwes di depan mahasiswa lain.

15. Penunjang Akademik

Alasan Masuk Organisasi
Penunjang Akademik

Organisasi merupakan salah satu bagian dari gudang ilmu di kampus. Maka untuk mendapatkan tamabahan pengetahuan selain dari perpustakaan maka organisasi adalah tempatnya. Semua aktivitas yang ada dalam organisasi pada dasarnya bertujuan untuk menunjang prestasi akademik.

Bagaimana seorang mahasiswa dari organisasi tertentu mampu berdiskusi dengan pola komunikasi yang sangat baik. Menyampaikan ide dan gagasan dengan wawasan luas karena sering ikut kajian rutin. Memberikan gambaran fakta-fakta tentang kejadian di lapangan karena punya pengalaman kegiatan sosial.

Baca Juga: 12 Cara Mengerjakan Tugas Kuliah Dengan Tepat.

Maka tentunya anda bisa memilih untuk menggunakan alasan yang mana paling tepat untuk bergabung dalam organisasi. Hanya saja, ingat bahwa organisasi hanya media pendukung bukan tujuan utama anda kuliah. Jadi, porsinya harus tepat agar tidak menjadi candu buat anda.

Tags: Organisasi Intra Atau Ekstra Kampus, Kuliah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com