TIPS SUPAYA BELAJAR JADI ASIK PLUS JADI HOBI

12-10-2016 (1 month ago)

Kegiatan belajar merupakan hal yang sangat tidak sangat asing lagi bagi seorang pelajar. Karena,  belajar adalah hal yang paling penting bagi anak kecil,pelajar,mahasiswa,dosen,guru bahkan orang tua sekalipun.

Prosses belajar sangat erat kaitannya dengan kehidupan seseorang, karena tanpa belajar seseorang takkan pernah bisa menempuh apa yang ingin dia capai.

Belajar mungkin akan terasa berat dilakukan oleh seseorang yang tidak terbiasa atau malas dan penyakit lainnya yang mengganggu kegiatan belajar. Kegiatan belajar biasanya hanya mampu dilaksanakan oleh orang orang yang mampu membagi waktunya anatara bermain dan belajar.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips agar para pembaca artikel yang merasa masih sangat malas untuk belajar dan belum menemukan titik cerah untuk merubah kebiasaan buruk tidak pernah belajar dan melakukan system kebut semalam saat akan melaksanakan ujian atau mengerjakan tugas rumah di sekolah supaya tidak melakukan kebiasaan buruk itu lagi.

Oke, dan berikut adalah tips atau langkah langkah yang harus kalian lakukan untuk bisa membuat kegiatan belajar asik sekaligus menjadi hobi.

Kondisi ruangan

Kenapa saya memasukkan kondisi ruangan kedalam tips belajar ini? Karena, seseorang akan merasa nyaman ketika ruangan yang mereka tempati adalah ruangan yang bersih,rapi dan tidak bau. Coba kalian pikirkan, jika kalian belajar dalam kondisi ruangan atau kamar kalian yang sangat acak acakkan, buku dimana mana, baju kotor bertumpuk, bahkan kamar atau ruangan belajar kalian berbau. Sudah pasti kalian tidak akan pernah bisa konsen untuk belajar di ruangan tersebut. Nah, tipsnya adalah kalian harus membuat kamar atau ruangan belajar kalian sangat rapi,bersih dan wangi yang membuat kalian nyaman dan betah untuk berada di ruangan tersebut. Dan untuk sebagai unsur atau magnet kuat supaya kalian semangat untuk belajar adalah kalian harus membuat tempat belajar kalian semenarik mungkin. Entah itu penambahan aksesoris ruangan atau hiasan alat alat belajar kalian. Dan usahakan ruang belajar kalian mempunyai warna yang adem atau yang cerah supaya kalian merasa hidup dalam ruangan itu.

a) Sebelum membuat artikel                                                                b) sesudah membuat artikel

                       

Jadwal kegiatan sehari hari

Supaya kegiatan belajar kalian tidak monoton sampai harus berjam jam berada di ruangan belajar untuk belajar. Yang pastinya itu juga sangat tidak efektif dilakukan, kalian harus membuat jadwal kegiatan sehari hari yang dilakukan setiap harinya, supaya waktu kalian lebih teratur serta tak membuat bosan untuk kedepannya. Kalian dapat membuat jadwal kegiatan sehari hari seperti berikut.

Kegiatan

waktu

keterangan

Bangun

04.30-05.00

Shalat

Membantu ortu

05.00-06.00

Mencuci piring,cuci baju,mandi

Makan

06.00-0630

 

Sekolah

06.00-14.00

Sampai pulang

Makan

14.15-14.30

 

Belajar ringan

14.30-15.00

Selingan belajar (mengulas materi pelajaran hari ini)

Sholat

15.00-15.30

 

Nonton tv (bebas)

15.30-17.00

 

Belajar serius

17.00-18.00

 

Sholat

17.00-18.30

 

Kembali baca baca

18.30-19.00

Materi ringan

Sholat

19.00-19.15

 

Menonton tv

19.15-20.00

 

Belajar

20.00-2100

Untuk materi besok

Tidur

21.00

 

Nah, untuk kegiatan belajar sehari hari dapat dibuat menurut keperluan kalian dan usahakan bahwa kegiatan belajar tidak hanya dilakukan satu kali dalam waktu berjam jam. Lebih baik belajar sebentar tapi sering.

Tidak fokus pada satu sumber


Kegiatan belajar tidak hanya di dapat dari buku saja,atau dari kegiatan sekolah. Kalian dapat mencari informasi lainnya melalui, acara tv pendidikan, berita, media elektronik, bahkan untuk era modern seperti ini kalian dapat mencari berbagai macam materi atau informasi di internet,belajar dari pengalaman serta lebih dapat berpikir dewasa dalam menyikapi kegiatan belajar.

Gunakan media modern / manfaatkan teknologi


Pada zaman sekarang ini, sangat minim sekali orang yang tidak memiliki hp. Setiap orang,apalagi pelajar pastinya sudah memiliki alat elektronik seperti handphone dan laptop. Sangat disayangkan jika kita hanya menggunakan fasilitas tersebut hanya sebagai alat komunikasi biasa dan sebagai alat ketenaran kita di medsos. Setelah membaca artikel ini,kalian sudah harus lebih cerdas lagi dalam memanfaatkan hp. Cari sebanyak banyak informasi atau materi pembelajaran di internet.

Mendengarkan musik


Supaya kegiatan belajar tidak jenuh dan itu itu saja, maka kita bisa menghibur atau menenangkan suasana belajar sambil mendengarkan musik yang klasik atau genre lainnya yang membuat kita semangat.

Mind mapping


Untuk yang terakhir gunakan metode mind mapping untuk metode pembelajaran. Metode ini digunakan untuk mempermudah penhafalan materi. Dan biasa digunakan untuk meringkas atau merangkum ,memudahkan serta memperindah dan membuat menarik untuk dibaca.

Contoh mind mapping yang bisa dibuat.

Dan,  itulah tips supaya kegiatan belajar menjadi asik dan menjadi hobi untuk kita. Dari beberapa cara diatas bahwa yang paling penting pastinya adalah niat dan tekad dari dalam diri kita supaya bisa merubah kebiasaan jelek kita dan jangan lupa selalu berdoa kepada Alloh untuk kemudahan serta kelancaran untuk kedepannya,dan pastinya beristiqomah dalam pelakasanaannya. Semoga bermanfaat J J dan bisa membuat pikiran kita terhadap belajar tidak malas lagi dan menjadi anak si rajin dan berprestasi di kelas dan sekolah.

And remember, do the best and never give up. We can do it. IMPOSSIBLE IS NOTHING. DOA,USAHA,IKHTIAR DAN TAWAKAL.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel