23 Jenis Mahasiswa Berdasarkan Aktivitasnya di Kampus

Pendidikan 1 month ago
23 Jenis Mahasiswa Berdasarkan Aktivitasnya di Kampus

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di kampus mungkin sepintas tidak akan melihat karakter mahasiswa. Namun seiring berjalannya waktu dan mulai mengenal dunia kampus maka akan tampak perbedaan jenis mahasiswa. Secara perlahan pula anda akan terbentuk dan masuk dalam salah satu golongan.

Tentunya anda harus hati-hati dalam menentukan jati diri anda. Pilih dan ikuti jenis mahasiswa yang akan membawa anda pada kesuksesan. Karena aktivitas anda di kampus sangat besar pengaruhnya dalam menentukan kesuksesan anda nantinya.

Jenis Mahasiswa Di Kampus

Mengenali jenis mahasiswa yang ada di kampus dari awal akan membantu anda untuk memilih pergaulan. Tentunya anda harus bisa memilih dari awal. Membangun karakter dan menentukan siapa diri anda. Berikut ini beberapa jenis mahasiswa di kampus berdasarkan aktivitas kesehariannya.

Mahasiswa Akademis

Mahasiswa jenis ini biasanya menjadi kesayangan dosen. Selalu punya nilai bagus, dekat dengan dosen dan menjadi rebutan saat pembagian kelompok. Baginya mendapatkan nilai yang bagus itu adalah tujuan utamanya.

1. Mahasiswa Kutu Buku

Mahasiswa ini tidak bisa dipisahkan dengan buku. Tempatnya sangat mudah di tebak, yaitu di perpustakaan dan taman kampus. Kerjaannya jelas, membaca buku-buku. Buku apa saja yang bisa menambah pengetahuannya. Terkadang mahasiswa jenis ini sangat susah bersosialisasi dengan mahasiswa lain.

2. Mahasiswa Anak Emas Dosen

Mahasiswa jenis ini sangat dekat dengan setiap dosen mata kuliah. Selalu mendapatkan kepercayaan dari dosen untuk mengumpulkan tugas. Memberikan informasi tentang perubahan jadwal kuliah. Intinya bahwa dia selalu menjadi tangan kanan dosen di dalam kelas. Sudah pasti nilainya selalu bagus.

Mahasiswa Aktivis

Mahasiswa yang super sibuk dengan beragam aktivitasnya. Mulai dari kegiatan organisasi intra kampus, ekstra kampus sampai organisasi daerah. Waktunya sangat sedikit bahkan susah sekali untuk ditemui.

3. Mahasiswa Teoritis

Mahasisa jenis selalu tampil dalam setiap rapat. Berbagi pandangan, pemikiran, saran terhadap setiap topik dan permasalahan yang dibahas. Kerjanya mengkaji setiap persoalan keilmuan, kemahasiswaan, bahkan sampai pada persoalan-persoalan sosial. Pengetahuannya sangat luas, tapi terkadang jarang ditemui dalam ruang kuliah.

4. Mahasiswa Event Organizer

Mahasiswa jenis ini selalu tampil menjadi panitia dalam berbagai kegiatan. Entah kegiatan yang dilakukan di dalam kampus maupun diluar kampus. Hampir semua waktunya dihabiskan untuk membahas rencana kegiatan dan menjalankan kegiatan itu. Tempatnya tidak hanya satu tetapi banyak organisasi. Kemunculannya di dalam ruang kuliah pun sangat jarang.

5. Mahasiswa Demonstrasi

Mahasiswa jenis ini sering ditemukan muncul di media. Melakukan aksi pemblokiran jalan. Menuntut hak, menyuarakan aspirasi melalui kegiatan aksi dijalanan. Mahasiswa jenis ini pun sangat jarang di temukan dalam ruang kuliah.

6. Mahasiswa Leader

Mahasiswa jenis ini punya obsesi untuk menjadi ketua di organisasi. Impiannya meniti karir di organisasi entah itu satu organisasi atau beberapa organisasi. Namanya selalu muncul di bursa pemilihan ketua organisasi. Pencapaian tertingginya tentulah menjadi seorang ketua ditingkatan organisasi paling tinggi.

7. Mahasiswa Lomba

Mahasiswa ini paling sering mengikuti lomba. Skillnya dalam bidang tertentu mencatatkan namanya dalam berbagai prestasi. Entah itu lomba antar jurusan, fakultas, universitas, bahkan sampai lomba bertaraf international. Mahasiswa ini fokus pada pengembangan bakatnya.

8. Mahasiswa Bisnis

Mahasiswa ini juga sangat aktif, tetapi tujuannya bukan aksi demonstrasi, pengembangan pengetahuan lewat kajian rutin, atau obsesi menjadi pemimpin. Mahasiswa ini aktif untuk membangun channel dimana saja. Mencari target pasar untuk produknya.

Mahasiswa Hedonis

Mahasiswa hedonis adalah mahasiswa yang tujuannya adalah mendapatkan kesenangan. Baik itu di dalam kampus maupun diluar kampus. Mahasiswa jenis terkadang lupa bahwa biaya kuliah sangat mahal dan uang yang digunakan belumlah hasil dari keringat sendiri tapi pemberian orang tua. Jenis mahasiswa ini dapat dikenali dari cara menciptakan kesenangannya.

9. Mahasiswa Gamers

Mahasiswa jenis ini selalu update akan dunia gaming. Entah game yang dimainkan di smartphone atau pun di game station. Mahasiswa jenis ini terkadang lebih mementingkan perkembangan game nya daripada perkembangan kuliah. Rela tidak masuk kuliah demi bermain game semalaman.

10. Mahasiswa Gadget

Mahasiswa yang satu ini sangat tertarik dengan perkembangan teknologi, gadget. Mahasiswa yang satu tidak pernah ketinggalan gadget, bahkan gadget akan jauh lebih berharga daripada buku pelajaran. Memainkan gadget adalah cara menciptakan kesenangannya. Bahkan selalu memainkan gadget setiap saat, di dalam ruang kuliah sekalipun.

11. Mahasiswa Fashionable

Mahasiswa yang satu ini selalu terinspirasi dan termotivasi berpenampilan menarik. Layaknya artis, dandanannya setiap kampus selalu terlihat mewah. Mulai dari tas, sepatu, dan pakaian yang digunakan. Kesenagannya mempertontonkan koleksi fashion terbaru, baik secara langsung maupun tidak.

12. Mahasiswa Gangster

Loading...

Mahasiswa yang satu ini sangat suka berkumpul dengan teman kelompoknya sendiri. Kesenangannya ngumpul bersama temannya bercerita panjang lebar dan ketawa-ketawa tanpa topik pembahasan yang punya alur jelas. Mereka tidak terikat dalam organisasi resmi tapi sangat solid. Bahkan ketika sedang suntuk di ruang kuliah dia lebih memilih pergi dan bergabung dengan teman-temannya.

Mahasiswa Apatis

Mahasiswa yang satu ini sangat sulit untuk diajak kompromi. Selalu acuh tak acuh terhadap persoalan. Dia punya dunianya sendiri yang sangat sulit untuk dimengerti. Tidak pernah terlibat dalam kegiatan-kegiatan organisasi di kampus. Bahkan dalam ruang kelas pun kerjanya tidak pernah jelas.

13. Mahasiswa Tukang Tidur

Meski rajin ke kampus dan mengikuti perkuliahan. Namun aktivitas dalam kelas tidaklah terlalu berarti. Bahkan bisa tertidur beberapa kali sampai materi kuliah berakhir. Mahasiswa yang satu ini juga biasanya jarang bersosialisasi dengan teman-temannya. Tidak peduli dengan apa yang terjadi.

14. Mahasiswa Tukang Makan

Mahasiswa yang satu ini sangat rajin. Rajin masuk kuliah, rajin berkumpul dengan teman-teman, rajin mengikuti berbagai kegiata, dan pastinya rajin makan. Dia tidak peduli dengan topik yang dibahas dalam rapat, tidak peduli dengan materi yang dijelaskan oleh dosen. Yang penting bisa dapat kesempatan untuk makan itu sudah cukup.

15. Mahasiswa Kampus Kost

Mahasiswa ini hidupnya sangat statis. Tidak ada perubahan berarti yang terjadi dalam perjalanannya di kampus. Tidak cerita berarti yang terjadi dalam menjalani kehidupan di kampus. Aktivitasnya sangat menoton datang ke kampus, masuk ruang kuliah mengikuti materi sampai selesai lalu kembali ke kost. Tidak peduli dengan kegiatan organisasi, aksi, dan lain sebagainya.

Mahasiswa Romantis

Mahasiswa romantis menganggap bahwa kampus adalah tempat terbaik untuk menemukan pasangan. Mahasiswa jenis ini pun terbagi dalam beberapa karakter.

16. Mahasiswa Playboy

Mahasiswa jenis ini sangat berbahaya. Kerjanya di kampus adalah berburu mangsa, dan biasanya target sebagai sasaran empuk adalah mahasiswa baru. Pacarnya bisa ada dimana-mana di setiap jurusan bahkan disetiap angkatan. Selalu mengaku jomblo di hadapan wanita. Mahasiswa ini sangat rajin dan bisa ditemukan diberbagai tempat mulai dari ruang kuliah sampai ruang rapat organisasi.

17. Mahasiswa Traumatis

Mahasiswa jenis ini adalah mahasiswa yang pernah jadi korban playboy. Tidak percaya lagi dengan kata cinta. Kehidupannya di kampus mulai menoton dan sedikit tertutup. Meski masih aktif di organisasi terkadang hanya sebagai pelarian saja.

18. Mahasiswa Setia

Mahasiswa yang satu ini menemukan belahan jiwanya di kampus. Kemana-mana selalu bersama, mulai dari berangkat kuliah, ikut rapat di organisasi, sampai jaan-jalan refreshing selalu bersama. Mahaiswa ini pun bahkan mengenakan baju wisuda dan pakaian pengantin bersama.

Mahasiswa Misterius

Mahasiswa ini sangat ahli dalam hal menghilangkan sesuatu. Bahkan mahasiswa ini pun sering menghilang tidak tahu entah kemana. Kadang muncul sehari hilang seminggu. Tidak banyak yang tahu kehidupannya.

19. Mahasiswa Tukang Titip Absen

Kemunculannya di kampus adalah sebuah keajaiban, tetapi absennya jarang kosong. Entah dimana dia berada tetapi selalu saja minta dibuatkan absen. Kadang dia muncul hanya pada saat ujian saja. Setelah itu menghilang entah kemana dan bikin apa.

20. Mahasiswa Tukang Ijin Ke Toilet

Jenis mahasiswa ini masih mendingan. Menampakkan diri sebentar (Setor muka) sama dosen. Setelah itu ijin ke toilet dan tidak balik lagi sampai materi kuliah selesai. Biasanya lebih memilih duduk di kantin, tidur perpustakaan, atau mesjid kampus.

21. Mahasiswa Tukang Pinjam Pulpen

Mahasiswa jenis ini memang tidak jago menghilang. Tapi dia sangat ahli menghilangkan sesuatu. Kerjanya di dalam kelas adalah meminjam pulpen, kadang kembali tapi lebih sering tidak kembali. Anehnya selalu ada mahasiswa lain yang membawa pulpen cadangan yang siap untuk dihilangkan.

22. Mahasiswa Tukang Contek

Mahasiswa yang satu ini sangat hebat dalam urusan mencontek. Keahliannya adalah mendapatkan jawaban saat ujian. Entah itu jawaban yang dia dapat dari teman, atau bekal yang dia bawa dari rumah. Pokoknya dia selalu punya persiapan bahan contekan entah darimana itu berasal.

23. Mahasiswa Idealis

Mahasiswa jenis inilah yang paling jarang ditemukan di kampus. Mahasiswa yang mampu menyeimbangkan antara kebutuhan organisasi dan akademik. Mahasiswa ini biasanya sukses dalam pencapaian karir di organisasi dan juga selalu mendapatkan nilai baik di akademik. Jenis mahasiswa ini juga membangun hubungan dengan lawan jenis, aktif dalam berbagai kegiatan, punya kesenangan tertentu seperti main game dan lainnya.

Namun sayang mahasiswa jenis ini sangat misterius karena hanya ada 1 dari 1000 mahasiswa yang ada. Mungkin anda adalah salah satunya. 

Tags: Tipe Mahasiswa, Mahasiswa

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com