Alasan Anak Kampung Memilih Kuliah di Kota
Artikel ini berisi beberapa alasan anak-anak kampung memilih untuk berkuliah di kota

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat ditekankan di Indonesia. Tidak hanya orang kaya yang menginginkan pendidikan yang tinggi, tapi orang-orang dengan ekonomi rendah juga. Zaman sekarang sudah banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah maupun swasta.Hal ini tentunya tidak boleh disia-siakan bagi mereka yang berkeinginan tinggi untuk menuntut ilmu.

Tidak jarang kita temui mahasiswa-mahasiswa di universitas yang notabene berasal dari desa-desa terpencil di Indonesia, baik itu di universitas swasta maupun PTN terkenal. Mereka adalah orang-orang yang tidak menyerah dengan keadaan. mereka adalah orang-orang yang berpikir out of the box. Dan mereka adalah orang-orang yang memanfaatkan kesempatan.

Tidak mudah tentunya bagi anak-anak kampung untuk dapat berhasil menjadi mahasiswi di universitas yang terletak di kota, baik itu di pulau yang sama maupun pulau yang berbeda. Tentunya mereka memiliki motivasi yang lebih besar dibanding yang lain. Namun mengapa mereka memilih untuk berkuliah di kota? Kita tentu tahu bahwasanya menjadi mahasiswa di Universitas ternama seperti: UI,UGM, UNY, ITB,IPB, dan sebagainya bukanlah ha lyang mudah.

Berikut ini beberapa alasan mengapa anak-anak kampung memilih untuk berkuliah di kota:

1. Sarana dan Prasarana yang Lebih Lengkap

Jelas kita ketahui,sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia belum lah merata. Hal ini disebabkan akses yang sulit untuk sampai ke pelosok negeri. Akses yang sulit seperti jalanan yang rusak parah dan belum tersentuh aspal tentunya menjadi hal yang membuat bantuan pemerintah sulit untuk disalurkan. Dengan demikinan, pembangunan jalan harus diutamakan dulu sebelum pemenuhan sarana dan prasarana.

Hal diatas membuat anak-anak di kampung memilih untuk berkuliah di kota yang memiliki kemudahan untuk mengakses sarana dan prasarana.

2. Universitas Ternama, Pekerjaan Lebih Mudah didapat

Kita mungkin sering mendengar kalimat diatas. Hal itu tidak bisa kita pungkiri meskipun salah satu penentu kemudahan dalam mencari pekerjaan adalah IPK dari mahasiswa itu sendiri. Namun dapat kita benarkan, bahwa universitas juga berpengaruh terhadap mudah sulitnya mencari kerja.

3. Relasi yang Lebih Luas

Relasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Terlebih manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Seseorang yang hanya tinggal dalam satu tempat hanya akan kenal dengan orang-orang disekitarnya. Sebaliknya, jika seseorang memilih untuk keluar dan mencari dunia yang lebih luas akan mengenal orang yang lebih banyak pula.

Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan. Dan dalam beberapa kegiatan tersebut kita secara tidak lansung menjalin hubungan dengan orang-orang yang kita jumpai. baik itu dari universitas yang sama maupun berbeda.

kembali kepembahasan mengenai mencari pekerjaan, relasi yang luas juga dapat mempermudah kita dalam mendapat kerja. Dengan relasi yang luas, mengenal banyak orang, berita seperti lowongan pekerjaan juga akan lebih mudah didapatkan, atau bahkan salah satu orang yang kita kenal memiliki lapangan pekerjaan untuk kita.

4. Motivasi Untuk Membahagiakan Kedua Orangtua

Seorang anak tidak mudah meninggalkan kampung halamannya. Kampung halaman dimana keluarga ditinggalkan, tempat mereka dibesarkan, tempat mereka bermain-main di sungai yang jernih, dan bermain bola di lapangan berlumpur. Tapi yang harus kita ketahui, semakin berharga yang kita tinggalkan, semakin keras kita berusaha. 

3 hal diatas hanyalah sebatas pelengkap, sedang yang ke 4 adalah alasan utama. kehidupan yang kita lihat di kota sangatlah jauh berbeda dengan yang ada di desa. Seorang anak memilih untuk kuliah di kota bukan semata-mata untuk merasakan kemewahan. Namun, kelengkapan fasilitas, sumber pekerjaan yang banyak di kota, dan sumber relasi yang banyak dapat mendukung mereka untukdapat membahagiakan orangtua.

Sekian beberapa alasan mengapa anak-anak kampung memilih untuk berkuliah di kota. Semoga bermanfaat dan semoga semangat kita untukmenuntut ilmu tetapdan terus berkobar. Terimakasih.....


Oleh: Nur Salmah Dalimunthe, Universitas Negeri Yogyakarta


Artikel ini di tulis oleh Nur Salmah Dalimunthe kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
loading...
Loading...

Artikel Terkait

close