Fakta! Orang kidar ternyata rentan terkena gangguan psikologis

Pendidikan 1 year ago
Fakta! Orang kidar ternyata rentan terkena gangguan psikologis

Apa itu kidal?

Kidal adalah suatu kebiasaan kita yang selalu (lebih sering) menggunakan tangan kiri & kaki kiri (untuk melakukan pekerjaan, kayak nulis, makan, menyisir, nendang bola, atau pegang sesuatu). Kenapa biasa terjadi kidal dan apa kidal itu cacat? Perilaku yang akrab dikenal dengan kidal ini, sebenarnya bukanlah suatu kecacatan melainkan pengaruh dari dominasi fungsi salah satu otak. kidal, kecenderungan untuk menggunakan anggota tubuh sebelah kiri ketimbang yang kanan, bukanlah suatu kecacatan. Ia tidak lebih dari dominasi fungsi belahan otak yang berbeda dari kebanyakan orang. Dalam hal ini perlu dibedakan antara kidal sebagai bawaan dengan yang disebabkan oleh penyakit pada otak (misalnya ensefalitas).

Di dalam kepala kita, otak mempunyai dua bagian, yaitu otak bagian kiri dan otak bagian kanan. Otak bagian kiri bertugas mengatur pergerakan dominan bagian dari kanan tubuh, sedangkan otak bagian kanan bertugas mengatur pergerakan dominan bagian dari kiri tubuh. Jadi jika si kecil lebih sering menggunakan tangan kirinya, itu berarti ia lebih didominasi oleh otak bagian kanan. Sebenarnya tidak ada masalah antara dominasi otak kiri atau otak kanan, karena keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Orang yang didominasi oleh otak bagian kiri (memakai tangan kanan), memiliki kemampuan berhitung, nalar sistematik yang lebih bagus dan bersifat lebih rapi. Sedangkan orang yang didominasi oleh otak bagian kanan (memakai tangan kiri), memiliki kemampuan abstrak yang lebih bagus, memiliki jiwa seni dan ekspresi perasaan yang lebih bebas. Namun ada juga orang yang berhasil tidak hanya dalam satu bidang, artinya ia telah mampu untuk mengasah kedua bagian otaknya secara seimbang. Kebanyakan manusia memproses bahasa di otak kiri mereka, bagian yang mengontrol gerakan anggota badan di sisi kanan.

Loading...

Apa penyebab kidal lebih rentan terkena gangguan psikologis.

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Yale University menemukan bahwa 40 persen dari penderita schizophrenia atau schizoaffective yang mereka teliti mengaku menulis menggunakan tangan kiri.
Scizophrenia adalah gangguan di mana penderitanya berkeyakinan akan suatu hal yang sebenarnya tidak pernah terjadi dan berhalusinasi melihat atau mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada atau tidak nyata.
Penelitian ini juga menemukan hubungan antara orang kidal dengan beberapa gangguan psikologi lain seperti dyslexia, hiperaktif, dan masalah mood.

Tags: #kehidupan, #kepribadian, #hubungan, #fakta

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com