Ini dia 6 tips cepat jago bahasa inggris tanpa les mahal! - Vebma.com
Ini dia 6 tips cepat jago bahasa inggris tanpa les mahal!
Nggak ada kata telat untuk belajar. Salah satunya belajar bahasa inggris. Banyak yang memberi saran untuk les sana sini. Tapi jelas biaya les itu nggak murah kan? nggak semua orang yang mau belajar bahasa inggris mampu ngeluarin uang untuk biaya les.

Ada yang mulai belajar bahasa inggris dari masih kecil karena orang tuanya yang udah membiasakan komunikasi menggunakan bahasa inggris, ada yang dari remaja baru memulai belajar bahasa inggris dari sekolahnya bahkan banyak orang dewasa yang masih terus berusaha belajar bahasa inggris. 

1.    Menonton film barat tanpa subtitle bahasa indonesia

Buat kamu yang hobi nonton film, ini adalah cara belajar inggris paling seru. Kamu bisa nikmatin filmnya sambil belajar. Tapi ingat, nggak boleh menggunakan subtitle bahasa indonesia karena niatnya kan untuk belajar juga. Tapi kamu bisa menggunakan subtitle inggris kalau kamu merasa terlalu susah untuk nggak menggunakan subtitle. Setelah beberapa kali menonton menggunakan subtitle, pelan-pelan kamu coba untuk nggak menggunakan subtitle sama sekali. Sedikit demi sedikit kamu akan ngerti apa yang dibicarakan dalam film dan lama-lama akan terbiasa mendengar orang bicara dengan bahasa inggris. Jadi dalam tips ini, kamu lebih belajar listening tapi juga bisa melatih speaking kamu. Dapat dipastikan kalau kamu terbiasa, otomatis kamu bakal bisa bicara bahasa inggris juga dengan sendirinya.

2.    mendengarkan musik berbahasa inggris

Tips yang ini nggak kalah asik sama tips yang pertama. Karena dengerin musik itu pasti hobi dari sebagian besar orang. Bukan Cuma hobi tapi juga bisa untuk menghilangkan bosan tentunya. Kamu cuma perlu dengerin musik berbahasa inggris sambil baca liriknya. Jadi kamu bisa dengar kata-kata yang dinyanyikan dan mencermati liriknya. Disini kamu bisa belajar pronounciation atau cara pengucapan kata dalam bahasa inggris. Dan lebih bagus lagi kalau kamu berusaha mengartikan liriknya untuk menambah kosa kata. Maka kamu sudah mendapat dua ilmu sekaligus.

3.    Membaca novel/majalah dalam bahasa inggris

Nah bagi pecinta novel, sebaiknya mulai sekarang kamu beli novel yang berbahasa inggris. Kamu bisa belajar sekaligus menyalurkan hobi kamu. Dengan membaca, sedikit demi sedikit kamu akan ngerti kalimat-kalimat dalam novel itu. apalagi dalam novel banyak kata-kata yang diulang. dengan membaca novel, pasti banyak kosa kata baru yang kamu dapat. Kamu juga akan lebih gampang untuk membuat kalimat kalau kamu terbiasa membaca novel bahasa inggris. Bukan cuma novel lohh tapi bisa juga majalah, koran, artikel dll. Bagi yang nggak suka membaca, yuk mulai sekarang dibiasakan untuk membaca sesuatu. Dengan membaca kamu bisa belajar sekaligus mendapat banyak info-info penting.

4.    Gunakan media sosial sebagai perantara

Di jaman modern ini pasti banyak orang yang merasa udah males untuk nulis-nulis panjang di buku. Soo, ini adalah jalan alternatifnya. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menulis status, tweets, caption atau apapun dengan menggunakan bahasa inggris. Takut salah? nggak apaapa dan nggak perlu malu. Namanya belajar pasti ada salahnya, dari pada nggak pernah mencoba sama sekali. Kamu bakal stuck disitu terus dan nggak akan pernah maju. Selain menulis di medsos, kamu juga bisa stalk akun-akun artis luar negri idola kamu atau akun bermanfaat lainnya yang menggunakan bahasa inggris. 

5.    Perbanyak teman yang sudah mahir berbahasa inggris

Kamu punya banyak teman? Wah itu bagus banget. Tapi apa salahnya untuk mencoba cari teman lagi yang mahir dalam bebahasa inggris. Kamu bisa menemukan teman baru lewat apapun. Saat kamu sudah punya teman yang mahir, kamu bisa coba untuk bicara menggunakan bahasa inggris dengan dia. Kamu juga bisa chatting menggunakan bahasa inggris untuk mengasah terus kemampuanmu. Tips ini jitu banget. Karena ini adalah latihan yang paling  bagus dan cepat untuk mahir berbicara dalam bahasa inggris. Dari tips ini, kamu bisa mendapat ilmu sekaligus mendapat teman baru. Maka itu, mulai dari sekarang selalu banyak bersosialisasi ya.

6.    Belajar dan terus belajar!

Ini yang terahir dan paling penting dari semua tips. Kalo kamu mau expert dalam suatu bidang maka harus terus ditekuni. Belajar disini dalam artian kamu harus sering sering menghafal kosa kata. Kalau bisa, kamu harus memiliki target misalnya satu hari kamu menghafal 10 kosa kata baru dan mempelajari berbagai macam grammar. Kamu bisa belajar lewat buku-buku atau bisa juga lewat internet. Jaman sekarang belajar bisa lewat mana aja kok apalagi lewat internet yang tentunya banyak dari berbagai sumber. Jangan disia-siain untuk hal yang nggak penting ya.

Nah dengan tips diatas semoga bisa bermanfaat untuk kamu. Terus berusaha untuk mendapatkan hasil maksimal. Karena hasil nggak akan pernah menghianati proses.

Selamat belajar!


Artikel ini di tulis oleh Sheila Asyifa kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close