22 Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Pengertian 2 months ago
22 Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Politik biasanya dicari oleh mereka para mahasiswa jurusan Ilmu Politik. Untuk melengkapi referensi paper mengenai teori-teori politik dasar. Memang biasanya dibutuhkan rujukan mengenai pengertian political science sendiri.

Secara garis besar, Ilmu Politik adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan, kekuatan dan pengaruh, yang sifatnya normatif maupun tidak.

Ilmu Politik kuno berpijak pada masalah normatif mengenai negara, partai politik, kebijakan publik dan konstitusi.

Sedangkan Ilmu Politik Modern, bahasannya telah sangat luas. Dan hampir tidak terbatas. Segala hal yang memuat unsur konflik kekuasaan bermuatan politis, artinya layak dijadikan studi dalam political science ini.

Dinamika pengertian Ilmu Politik menjadi lebih modern membuat skripsi, tesis, disertasi dan berbagai laporan penelitian ilmiah memiliki keanekaragaman topik. Misalnya, tentang simbolisme, kajian pascakolonial, semiotika, hermeneutika, kajian perkotaan, konflik identitas, hingga kajian agraria.


Namun, Ilmu Politik ini bergerak melalui konsepsi-konsepsi mendasar mengenai power (kekuasaan). Seperti yang dikemukakan oleh para ahli di bawah ini. Pengertian Ilmu Politik menurut para ahli, yaitu:

1. Bluntschli

Pengertian Ilmu Politik menurut Bluntschli dalam karyanya yang berjudul Theory of State adalah “Ilmu Politik merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang memiliki fokus kajian pada negara. Di mana ilmu ini berusaha memahami secara komprehensif negara dalam berbagai situasi. Termasuk pula mempelajari tentang manifestasi dari pembangunan.”

2. Barents

Pengertian Ilmu Politik menurut Barents dalam karyanya yang berjudul Ilmu Politika adalah “Ilmu Politik merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan negara. Beserta bagaimana negara menjalankan tugas-tugasnya.”

3. Jacobsen & Lipman

Pengertian Ilmu Politik menurut Jacobsen & Lipman dalam karyanya yang berjudul Political Science adalah “Ilmu Politik adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang negara. Tercakup di dalamnya yakni kajian mengenai relasi individual dengan individual. Mempelajari pula tentang relasi individual dengan kelompok. Serta relasi negara dengan negara.”

4. Rijpperda Wierrsma & Hintzen

Pengertian Ilmu Politik menurut Rinjpperda Wierrsma & Hintzen dalam karyanya yang berjudul Political Science in Nedherlands adalah “ilmu politik merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang negara dan bagaimana perjuangan mendapatkan kekuasaan dalam negara itu.”

5. Franz van Kalken & Jules Lepes

Pengertian Ilmu Politik menurut Franz Kalken and Jules Lepes dalam karyanya yang berjudul Political Science in Belgium adalah “ilmu politik adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang organisasi internal di dalam negara dan bagaimana relasi di antara mereka.”

6. Wilbur White

Pengertian Ilmu Politik menurut Wilbur White dalam karyanya yang berjudul White Political Dictionary adalah “ilmu politik yakni studi tentang formasi, bentuk dan proses dari negara dan pemerintahan.”

7. Gettel

Pengertian Ilmu Politik menurut Gettel dalam karyanya yang berjudul Political Science adalah “ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari tentang negara. Di dalamnya dipelajari mengenai aktivitas pemerintahan. Serta bagaimana kehidupan manusia yang dipengaruhi oleh regulasi dan berbagai aturan negara.”

8. Raymond Aron

Pengertian Ilmu Politik menurut Raymond Aron dalam karyanya yang berjudul Politicial Science in French adalah “ilmu politik yakni sebuah studi tentang masyarakat secara khusus dan fungsi dari institusi pemerintahan.”

9. Maclver

Pengertian Ilmu Politik menurut Maclver dalam karyanya yang berjudul The Web of Government adalah “ilmu politik yaitu pengetahuan sistematik tentang negara, tentang keadaan yang menimbulkan berbagai tipe negara yang berbeda. Serta ciri-ciri dari sistem pemerintahannya.”

Loading...

10. Ossip K. Flinchteim

Pengertian Ilmu Politik menurut Ossip K. Flinchteim dalam karyanya yang berjudul Delimitation of the Field adalah “ilmu politik adalah studi tentang kekuasaan politik yang berada dalam organisasi secara normatif maupun yang sifatnya alami, sehingga mempengaruhi jalannya negara.”

11. Lasswell A. Kaplan

Pengertian Ilmu Politik menurut Lasswell A. Kaplan dalam karyanya yang berjudul Power and Society: A Frame Work for Political Inquiry adalah “ilmu politik adalah studi tentang kekuasaan dan pengaruh yang terintegrasi secara khusus dalam berbagai bentuk.”

12. George Simpson

Pengertian Ilmu Politik menurut George Simpson dalam karyanya yang berjudul Man is Society: Prepare to Sociology and Social Science adalah “ilmu politik yaitu studi tentang berbagai bentuk kekuasaan. Mempelajari kekuasaan dalam institusi dan perbandingan dari perbedaan masing-masing sistem kekuasaan.”

13. Robson

Pengertian Ilmu Politik menurut Robson dalam karyanya yang berjudul The University Teaching of Social Science: Political Science” adalah “ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang ide-ide politis dan institusi politik.”

14. Soelaeman Soemardi

Pengertian Ilmu Politik menurut Soelaeman Soemardi dalam karyanya yang berjudul Ilmu Politik di Indonesia adalah “ilmu politik suatu ilmu tentang kemasyarakatan. Mempelajari masalah kekuasaan dalam masyarakat.”

15. Deliar Noor

Pengertian Ilmu Politik menurut Deliar Noor dalam karyanya yang berjudul Pengantar ke Pemikiran Politik adalah “ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dan susunan kemasyarakatan.”

16. Iwa Kusuma Soemantri

Pengertian Ilmu Politik menurut Iwa Kusuma Soemantri dalam karyanya yang berjudul Pengantar Ilmu Politik adalah “ilmu politik adalah suatu ilmu yang memberikan pengetahuan tentang alat-alat penguasaan negara.”

17. Hogekar

Pengertian Ilmu Politik menurut Hogekar dalam karyanya yang berjudul Foundation of Political Science adalah “ilmu politik menurut studi tentang organisasi masyarakat.”

18. Charles Eisenmann

Pengertian Ilmu Politik menurut Charles Eisenmann dalam karyanya yang berjudul Contemporary Political Science adalah “ilmu politik merupakan studi tentang fakta dan fenomena politik di dalam struktur general masyarakat.”

19. Delisie Burn

Pengertian Ilmu Politik menurut Delisie Burn dalam karyanya yang berjudul Political Ideals adalah “ilmu politik yakni studi tentang organisasi masyarakat sipil.”

20. Sidewick

Pengertian Ilmu Politik menurut Sidewick dalam karyanya yang berjudul Elements of Political adalah “ilmu politik studi tentang kemajuan peradaban dan relasi kekuasaan di dalam masyarakat.”

21. Dillom, Leiden, Stewart

Pengertian Ilmu Politik menurut Dillom, Leiden dan Stewart dalam karyanya yang berjudul Introduction to Political Science adalah “studi tentang organisasi di dalam masyarakat dan aktivitas politik dari warga negaranya.”

22. Rode, Anderson & Christel

Pengertian Ilmu Politik menurut Rode, Anderson & Christel dalam karyanya yang berjudul Introduction to Political Society adalah “studi tentang lingkungan politik di dalam grup dan organisasi.”

Tags: Pengertian Ilmu Politik, Ilmu Politik, Politik, Filsafat Politik, Definisi Ilmu Politik, Arti Ilmu Politik

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com