Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Pengertian 5 days ago
Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Kalimat menjadi kebutuhan sehari-hari dalam melakukan proses komunikasi. Baik komunikasi secara langsung ataupun menggunakan media perantara. Komunikasi secara lisan dan menggunakan tulisan. Kebutuhan akan belajar kalimat menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki.

Maka tidak heran ketika pembelajaran tentang kalimat mulai diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Pelajaran tentang kalimat terus diajarkan sampai jenjang perguruan tinggi. Namun tahukah anda apa pengertian kalimat? Beberapa ahli bahasa Indonesia memberikan pengertian yang berbeda-beda seiring dengan perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri.

Pemahaman tentang kalimat sangat penting. Kalimat sangat dibutuhkan dalam berbagai macam bentuk komunikasi baik lisan dan tertulis. Salah satu contoh penggunaan kalimat yang sangat penting adalah untuk pembuatan surat lamaran kerja, penulisan karya ilmiah, dan untuk kegiatan komunikasi sehari-hari. 

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli Dari Tahun Ke Tahun

Seiring perkembangan bahasa Indonesia, para ahli memiliki pendapat atau pandangan tersendiri terhadap kalimat. Perbedaan pendapat tersebut dituangkan dalam sudut pandang dalam melihat arti dari kalimat. Berikut ini beberapa pengertian kalimat menurut para ahli dari tahun ke tahun.

Baca Juga: 15 Tips Beternak Burung Murai Untuk Pemula.

Pengertian Kalimat Menurut Slamet Muljana

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
Slamet Muljana

Nama lengkap: Prof. Dr. Raden Benedictus Slamet Muljana

Tanggal Lahir: 21 Maret 1929

Bidang Keahlian: Filolog dan Sejarawan.

Karya: Bahasa dan Sastra Indonesia (1955) ; Kaidah Bahasa Indonesia I (1956); Kaidah Bahasa Indonesia II (1957); Nasionalisme sebagai modal perjuangan bangsa I (1968); Nasionalisme sebagai modal perjuangan bangsa II (1969) dan puluhan karya lainnya.

Menurut Slametmuljana (1969) kalimat adalah keseluruhan pemakaian kata yang berlagu, disusun menurut sistem bahasa yang bersangkutan; mungkin yang dipakai hanya satu kata, mungkin lebih.

Pengertian Kalimat Menurut Sutan Takdir Alisyahbana

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
Sutan Takdir Alisyahbana

Nama Lengkap: Sutan Takdir Alisyahbana (STA)

Tanggal Lahir: 11 Pebruari 1908

Bidang Keahlian: Budayawaan, Sastrawan, dan Ahli Tatabahasa Indonesia.

Karya: Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia (1936); Dari Perjuangan dan Pertumbuhan Bahasa Indonesia (1957); Amir Hamzah penyair besar antara dua zaman dan uraian nyanyian sunyi (1978); dan puluhan karya lainnya.

Menurut Menurut Sutan Takdir Alisyahbana (1978) kalimat adalah satuan terkecil dari resepsi lengkap.

Pengertian Kalimat Menurut Keraf

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
Gorys Keraf

Nama Lengkap: Dr. Gorys Keraf

Tanggal Lahir: 17 November 1976

Bidang Keahlian: Ahli Bahasa Indonesia

Karya: Tata Bahasa Indonesia; Tanya jawab ejaan bahasa Indonesia untuk umum; Diksi dan gaya bahasa; Argumentasi dan Narasi; Ekspoisi dan Deksripsi; dan karya lainnya.

Menurut keraf (1978) kalimat adalah satuan gramatik yang ditandai kesenyapan awal dan kesenyapan akhir yang menunjukkan bahwa kalimat itu sudah selesai (lengkap).

Pengertian kalimat menurut J.S Badudu

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
J.S Badudu

Nama Lengkap: Jusuf Sjarif Badudu

Tanggal Lahir: 19 Maret 1926

Loading...

Bidang Keahlian: Pakar Bahasa Indonesia

Karya: Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia (1975); Pelik-pelik Bahasa Indonesia; Membina Bahasa Indonesia Baku; Mari Membina Bahasa Indoensia Seragam; dan puluhan karya lainnya.

Menurut Bedudu (1994) kalimat harus berbentuk utuh sebagai sebuah kesatuan yaitu dimensi bentuk dan dimensi isi.

Pengertian Kalimat Menurut M. Ramlan

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
M. Ramlan

Nama Lengkap: Prof. Drs. M. Ramlan

Tanggal Lahir: 10 Maret 1928

Bidang Keahlian: Pakar Tata Bahasa Indonesia

Karya: Tipe-tipe konstruksi frasa dalam bahasa Indonesia (1964); Kata depan atau preposisi dalam bahasa Indonesia (1980); Bahasa Indonesia yang benar dan salah (1990); dan karya lainnya.

Menurut Ramlan (1996) kalimat adalah suatu gramatikal yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik.

Pengertian kalimat menurut Dardjowidojo

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
Dardjowidjojo

Nama Lengkap: Prof. Soejono Dardjowidjojo

Tanggal lahir: 24 Juli 1938

Bidang Keahlian: Pakar Linguistik Indonesia

Karya: Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia; Kisah pemerolehan bahasa anak Indonesia; Beberapa aspek linguistik Indonesia; dan beberapa karya lainnya.

Menurut Dardjowidojo (1988) Kalimat adalah bagian terkecil dari suatu ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara ketatabahasaan.

Pengertian kalimat Menurut Kridalaksana

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
Kridalaksana

Nama Lengkap: K.P.H Hubert Emmanuel Harimurti Kridalaksana Martanegara

Tanggal Lahir: 23 Desember 1939

Bidang Keahlian: Pakar Sastra - Kritikus Sastra

Karya: Struktur, Kategori dan Fungsi dalam Sintaksis; Kamus Sinonim Bahasa Indonesia (1974); Beberapa masalah linguistik Indonesia (1978); Kamus Linguistik (1982); dan puluhan karya lainnya.

Menurut Kridalaksana (2001) kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual maupun potensial terdiri dari klausa; klausa bebas yang menjadi bagian kognitif percakapan; satuan proposisi yang merupakan gabungan klausa atau merupakan satu klausa, yang membentuk satuan bebas; Jawaban minimal, seruan, salam, dan sebaigainya.

Pengertian Kalimat Menurut Arifin dan Tasai

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli
Arifin dan Tasai

Nama Lengkap: (1) E. Zaenal Arifin; (2) Amran Tasai

Bidang Keahlian:

Karya: Cermat berbahasa Indonesia Untuk perguruan tinggi; Dasar-dasar penulisan karangan ilmiah: Lengkap dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk perguruan tinggi; analisis kesalahan berbahasa Indonesia dan sejumlah karya lainnya.

Kalimat menuru Arifin dan Tasai (2002)Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam resmi baik lisan dan tulisan harus memiliki subjek dan predikat.

Pengertian Kalimat Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kalimat /Ka-li-mat/ nonima (1) kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan; (2) perkataan; linguistik (3) Satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual maupun potensial terdiri atas klausa. 

Dari pengertian kalimat dari beberapa ahli dan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia di atas dapat disimpulkan bahwa kalimat adalah susunan kata yang memiliki kesatuan bentuk untuk dalam struktur terkecil yang memiliki makna lengkap baik dari penuturan secara lisan maupun tertulis. Jadi dengan adanya sebuah kalimat yang minimal berisi subjek dan predikat kita dapat memahami sebuah makna, sehingga bisa berkomunikasi.

Tags: Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli, Kalimat, Arti Kalimat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com