Metode Eksperimen - Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Langkah, Kelebihan dan Kelemahan

Pengertian 3 weeks ago
Metode Eksperimen - Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Langkah, Kelebihan dan Kelemahan

Metode pembelajaran yang satu ini kerap ditunggu dan memiliki kesan tersendiri bagi peserta didik. Meskipun guru harus menggunakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk mempersiapkan fasilitas, alat dan bahan yang akan digunakan, namun metode pembelajaran ini kerap dipilih untuk menumbuhkan sikap ilmiah peserta didik yang dipupuk melalui peragaan langsung.

Metode Eksperimen Menurut Ahli

Metode eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran, melalui percobaan-percobaan untuk membuktikan sendiri sesuatu pertanyaan atau hipotesis tertentu ( Tamir, 1991: 14)

Metode eksperimen merupakan suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menghasilkan suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat secara aman dan dalam pembelajaran melibatkan siswa dengan mengalami dan membuktikan sendiri proses dan hasil percobaan itu (Sumantri, 1999:157).

Pengertian Metode Eksperimen

Dengan mengacu pada dua pendapat ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen adalah metode pembelajaran dimana guru menyajikan materi ajar melalui peragaan proses ilmiah untuk membuktikan suatu pertanyaan atau hipotesis yang dilakukan oleh peserta didik secara langsung.

Tujuan Penggunaan Metode Eksperimen

Penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran memiliki tujuan untuk memupuk sikap ilmiah peserta didik melalui peragaan materi ajar, selain itu penggunaan metode ini juga memiliki tujuan untuk mengkonkritkan materi ajar yang bersifat abstrak yang sebelumnya hanya di pahami sebagai teori tanpa pembuktian.

Karakteristik Metode Eksperimen

Karakteristik yang dapat terlihat dari metode eksperimen diantaranya adalah pada pelaku peragaan, dimana pada metode eksperimen peserta didiklah yang melakukan peragaan dengan mengikuti panduan atau tahap yang sudah dirumuskan oleh guru, hal ini berbeda pada metode demonstrasi dimana dalam metode demonstrasi pelaku peragaan adalah guru.

Selain itu ada karakteritik lain yang dapat terlihat dari metode pembelajaran ini dibandingkan metode pembelajaran lainnya yakni adanya alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran, adanya panduan untuk peserta didik dimana panduan ini merupakan pedoman dalam melakukan eksperimen. Dan adanya hasil temuan yang didapatkan setelah dilakukannya eksperimen.

Karakteristik lain metode eksperimen adalah keaktifan peserta didik yang begitu tinggi dalam proses pembelajaran, hal ini terkait dengan pelaku peragaan pada metode ini adalah peserta didik sendiri sehingga penyerapan materi ajar dilakukan melalui peragaan.

Langkah Penggunaan Metode Eksperimen

Guru mempersiapkan fasilitas, alat dan bahan yang akan digunakan dalam peragaan. Guru menyajikan sedikit materi ajar dimana dalam penyajian ini guru juga menjelaskan secara rinci tujuan akhir apa yang akan dicapai atau diharapkan. Setelah itu guru menjelaskan tahapan prosedural yang harus dilakukan peserta didik sebelum melakukan eksperimen. Peserta didik kemudian melakukan eksperimen di bawah pengawasan guru. Guru mengoptimalkan pengawasan dengan berkeliling dari satu peserta didik ke peserta didik lainnya. Pada akhir proses pembelajaran peserta didik diminta untuk melaporkan hasil dari peragaan yang sudah dilakukan. Dan guru menyimpulkan hasil dari peragaan yang sudah dilakukan.

Loading...

Kelebihan Penggunaan Metode Eksperimen

Kelebihan metode eksperimen dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain adalah informasi dan materi ajar akan jauh lebih lama tersimpan di dalam memori peserta didik, karena penyerapan materi ajar dilakuan dengan menggunakan keseluruhan indera dimana dalam metode eksperimen peserta didik melakukan peragaan secara langsung.

Penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran dapat melatih peserta didik untuk disiplin, teliti dan tekun. Kedisiplin, ketekunan dan ketelitian pada diri peserta didik akan terbentuk jika peserta didik mengikuti tahapan dan prosedur eksperimen dengan benar.

Tingkat keaktifan peserta didik jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan metode pembelajaran lain, namun dengan tingat keaktifan yang tinggi ini, guru juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melakukan pengawasan agar kegiatan yang dilakukan peserta didik tetap terarah.

Variasi penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran akan meningkatkan rasa ketertarikan peserta didik dan tetap menjaga tingkat kejenuhan pada titik terendah, dengan demikian penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran dapat memberi pengaruh baik pada peserta didik secara keseluruhan jika dilakukan dengan benar.

Kelemahan Metode Eksperimen

Penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran ini dapat memunculkan potensi bahaya bagi peserta didik. Bahaya ini muncul ketika peragaan dilakukan dengan menggunakan bahan atau zat kimia yang berbahaya, meski peragaan dilakukan di bawah pengawasan guru namun potensi yang muncul tidaklah berkurang. Guru disarankan untuk menghindari melakukan eksperimen menggunakan bahan atau zat yang berbahaya.

Penggunaan metode eksperimen membutuhkan persiapan yang matang, untuk mecapai persiapan matang tersebut, guru harus melakukan penyesuaian dan persiapan seperti melakukan percobaan terlebih dahulu untuk menghindari kegagalan peragaan. Dan seluruh persiapan tersebut menuntut guru untuk menyiapkan tenaga dan waktu ekstra.

Metode ini tidak dapat diterapkan pada semua materi ajar,metode ini lebih sesuai dengan materi ajar yang membutuhkan proses ilmiah seperti sains.

Kegiatan yang dilakukan dalam metode eksperimen cenderung lama, sehingga dapat menyerap waktu pembelajaran yang terbatas, jika tidak diantisipasi dengan baik oleh guru, maka hasil akhir yang didapat adalah terputusnya proses peragaan karena waktu pembelajaran yang sudah habis.

Penggunaan metode pembelajaran ini sepenuhnya tergantung pada fasilitas yang tersedia, peragaan yang dilakukan tanpa fasilitas yang memadai hanya akan membuat peragaan tersebut gagal, kegagalan dalam proses peragaan akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda, sehingga akan melenceng dari hasil akhir yang diharapkan.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian metode eksperimen, tujuan penggunaan metode eksperimen, karakteristik metode ekesperimen, langkah penggunaan metode eksperimen, kelebihan dan kelemahan metode eksperimen. Semoga bermanfaat.

Tags: Metode Experimen, Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Langkah, Kelebihan Dan Kelemahan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com