Pentingnya Search Engine Marketing (SEM) untuk Pebisnis Online Raih Keuntungan

Dari kalangan pebisnis online, Search Engine Marketing atau SEM sudah tidak asing lagi, bahkan mungkin sudah menjadi strategi utama dalam beberapa tahun terakhir. Walaupun sudah ada yang mengetahuinya, tapi masih banyak juga lho yang belum memahami tentang betapa pentingnya SEM ini terutama untuk konversi.

Kalau Anda yang baru saja terjun di dalam dunia bisnis online, pasti akan merasa bingung dengan istilah SEM. Apa ini? Tentang saja karena kali ini Vebma.com akan memberikan penjelasan secara lengkap terkait SEM ini.

SEM sendiri adalah sebuah aktivitas di bidang pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang kemudian akan muncul di mesin pencarian seperti Google. Kalau untuk pebisnis online, SEM adalah strategi penting yang memberikan keuntungan. Kenapa ya?

Jawabannya bisa Anda dapatkan dengan membaca pembahasan dalam artikel ini secara penuh, jadi baca sampai habis ya!

SEARCH ENGINE MARKETING (SEM)

Untuk Anda yang baru saja terjun di dunia bisnis online atau pemula, pasti tidak mempercayai bahwa SEM punya peran yang sangat penting terutama dari sisi promosi. Apalagi untuk Anda yang memang benar-benar bergerak di bidang pemasaran digital.

Oleh karena itu, Anda sepertinya harus mengetahui beberapa alasan penting berikut ini:

1. Konversi yang akan meningkat secara instan dan drastis

Alasan yang paling utama kenapa Search Engine Marketing atau SEM menjadi hal yang sangat penting adalah karena cara ini bisa meningkatkan konversi. Bukan hanya itu saja, tetapi peningkatan tersebut juga bisa didapatkan dengan instan dan mudah. Tidak membutuhkan banyak tenaga untuk meningkatkan konversi lewat SEM.

Walaupun kelemahan dari SEM ini adalah karena membutuhkan biaya yang mungkin tidak sedikit kalau kebutuhannya besar. Apalagi kalau memang produsk atau jasa yang ditawarkan mempunyai rate yang cukup tinggi.

Namun, tenang saja karena apa yang telah dibayarkan merupakan sesuai dengan hasilnya. Konversi yang didapatkan Anda ketika menggunakan SEM setimpal dengan biaya yang dikeluarkan.

Hal ini karena SEM biasanya akan langsung bisa menargetkan keyword yang mengandung unsur-unsur khusus terkait dengan produk atau jasa yang Anda miliki. Bahkan tidak sampai situ saja, target tersebut juga bisa sampai diklasifikasikan kepada netizen yang memang hendak membeli sesuatu.

Selanjutnya hanya tingggal bagaimana Anda melakukan optimasi pada target yang ditentukan pada SEM tersebut. Pastikan Anda belajar tentang bagaimana cara menggunakan SEM yang baik dan benar.

2. Brand Awareness yang meningkat

Setelah mendapatkan konversi untuk penjualan, SEM ternyata juga sangat efektif untuk memberi keuntungan tambahan lain, yaitu brand awareness.

Keuntungan yang luar biasa dan bisa didapatkan dengan menggunakan SEM untuk bisnis Anda. Bahkan, SEM juga telah terbukti bisa meningkatkan brand awareness hingga ke level 80 persen lebih baik daripada penggunaan SEO? Kok bisa?

Hal ini bukan hanya isapan jempol saja lho ya, tetapi sudah dibuktikan lewat riset yang dilakukan oleh pihak dari Google secara langsung. Alasannya adalah walaupun mungkin iklan yang Anda pasang tidak mendapatkan klik, tetapi orang yang berada di depan layar sudah melihat nama atau judul iklan yang Anda pasang.

Oleh karena itu untuk bisnis Anda telah dilihat oleh lebih banyak orang walaupun tidak mendapatkan klik. Bisa saja terjadi saat di kemudian hari, orang tersebut justru akan ingat dengan nama produk atau bisnis Anda lalu mencarinya.

3. Walaupun ada Budget Biaya yang relatif besar, tapi bisa disesuaikan

Search Engine Marketing atau SEM tidak bisa berjalan tanpa menggunakan uang. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena harus mengeluarkan banyak biaya.

Meskipun untuk hasilnya tidak begitu maksimal, tetapi dengan budget biaya yang minim juga masih bisa memanfaatkan penggunaan SEM hingga menjadi lebih optimal.

Keuntungan besar yang didapatkan bisa disesuaikan dengan targeting yang lebih dipikirkan secara matang. Dengan begini, penggunaan iklan yang ada akan terpublikasi dengan baik.

Anda juga bisa menekan biaya pemasaran dengan menggunakan SEM lewat berbagai macam pengaturan yang detail. Meski memang kalau lebih baik, Anda harus menggunakan anggaran yang cukup untuk bisa mengalahkan kompetitor.

Peluang untuk mengalahkan dan dikalahkan juga sangat penting, tetapi perlu juga agar diingat bahwa target yang utama bukan soal bagaimana mengalahkan kompetitor, tetapi mendapatkan konversi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan mendapatkan keuntungan.

Mengenai bagaimana kompetitor lain mendapatkan keuntungan lebih besar, bukan permasalahan besar untuk bisnis Anda.

4. Terbukti lebih Efektif

SEM sudah terbukti punya manfaat yang sangat penting untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis milik Anda, yaitu sebagai media promosi yang sangat efektif untuk menjangkau pembeli potensial. Hal ini tentu saja memberi keuntungan yang sangat besar bagi bisnis Anda.

Apalagi kalau untuk bisnis lokal biasanya juga bakal menargetkan pasar lokal juga. Jangkauan yang akan diraih oleh SEM adalah mereka yang berdekatan dengan bisnis Anda. Tetapi, Anda juga butuh menggunakan fitur Google, yaitu 'Google My Business' yang bisa memperlihatkan lokasi bisnis Anda di Google Maps.

Dengan kolaborasi antara keduanya, Anda akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dan bisa langsung datang ke lokasi Anda.

5. Efisiensi dari Klik

SEM bisa dibilang sangat praktis lantaran Anda tidak akan dibebani oleh biaya yang sangat besar dan merugikan. Hal ini karena untuk mekanisme pembayaran dari SEM sendiri sudah menggunakan skema yang sangat diharapkan, yaitu Cost Per-Click (CPS).

Dengan begini, Anda hanya butuh melakukan pembayaran yang terhitung dari jumlah klik iklan saja. Jadi, Anda tidak akan diminta untuk membayar iklan yang hanya dilihat, sehingga Anda tidak akan merugi dengan iklan ini.

Dari sini, Anda bisa memahami tentang bagaimana pentingnya Search Engine Marketing (SEM) terutama untuk pebisnis online. SEM bisa memberikan keuntungan ganda dengan pengeluaran yang tidak begitu besar.

Apakah Anda baru mengetahui tentang SEM? Ingin mempelajarinya? Atau butuh sesoeorang yang paham tentang SEM untuk membantu Anda?