Review Aplikasi MEKAR -  Cara Pengajuan, Persyaratan, Bunga dan Biaya
Review Aplikasi MEKAR - Cara Pengajuan, Persyaratan, Bunga dan Biaya

Review Aplikasi MEKAR - Cara Pengajuan, Persyaratan, Bunga dan Biaya

Mietha Fanza
3 bulan yang lalu Last Updated 3 bulan yang lalu

Review Aplikasi MEKAR - Apakah kamu sedang mencari sebuah aplikasi pendanaan pinjaman online atau fintech terbaik terutama untuk pinjaman UMKM di Indonesia? Mungkin kamu bisa membaca review aplikasi Mekar yang akan kami jelaskan disini.

Review aplikasi Mekar disini akan membahas tentang kelebihan aplikasi Mekar, produk dan layanan yang ditawarkan, persyaratan pendanaan, cara mendanai dan proses pencairan dana serta biaya dan bunga dari pinjaman aplikasi Mekar.

Apa itu Aplikasi Mekar?

Aplikasi Mekar adalah sebuah perusahaan bernama PT Mekar Investama Sampoerna yang hadir untuk membantu meningkatkan finansial untuk pelaku UMKM di Indonesia yang diharapkahn bisa memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif kedepannya.

Aplikasi Mekar ini akan menghubungkan antara lender atau pemberi dana dengan para pengusaha kecil yang sedang membutuhkan modal usaha. Sehingga dengan adanya aplikasi Mekar ini kita semua bisa bermitra untuk memajukan ekonomi bangsa Indonesia.

Aplikasi Mekar telah menggunakan teknologi berbasis aplikasi yang mempermudah masyarakat Indonesia terutama pelaku bisnis dan usaha kecil yang kekurangan modal untuk mendapatkan dana pinjaman. Aplikasi Mekar ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia karena bekerjasama dengan BPR, Koperasi Simpan Pinjam dan lembaga keuangan lainnya yang lebih dari 300 kantor di seluruh Indonesia.

Kelebihan Aplikasi Mekar

Kelebihan Aplikasi Mekar
Kelebihan Aplikasi Mekar

Jika kamu ingin memberikan dana pinjaman kepada UMKM di Indonesia dan mendapatkan keuntungan yang berlebih dibandingkan aplikasi lainnya, kamu simak beberapa kelebihan aplikasi Mekar berikut ini :

Pemberi Dana Tidak Perlu Khawatir

Ketika kamu bergabung dengan aplikasi Mekar dan menjadi pendana di aplikasi ini, kamu tidak perlu khwatir karena tingkat kerugian di aplikasi ini sudah sangat diminimalisir.

Tidak Ada Tambahan Premi Atau Biaya

Kamu tidak akan mendapatkan tambahan premi atau biaya karena aplikasi ini memberikan asuransi kredit untuk pinjaman tertentu dan jaminan dari mitra yang secara otomatis kamu dapatkan tampa perlu membayar biaya asuransi tambahan.

Proteksi Ganda

Ketika kamu menjadi pendana modal dari pelaku UMKM di aplikasi ini kamu akan mendapatkan proteksi ganda dari pokok pendanaan

Perberdayaan Perempuan

Di Aplikasi Mekar disini yang diutamakan adalah pelaku usaha UMKM perempuan, sehingga dengan memberikan banutan pendanaan kamu sudah melakukan dampak sosial dan ekonomi yang positif untuk perempuan di Indonesia.

Suku Bunga Proporsional

Untuk berinvestasi menanam modal di aplikasi Mekar ini sudah sangat tepat karena suku bunga aplikasi ini sudah sangat proporsional dibandingkan dengan aplikasi investasi pendanaan modal UMKM lainnya.

Jenis Layanan di Aplikasi Mekar

Jenis Layanan di Aplikasi Mekar
Jenis Layanan di Aplikasi Mekar

Bagi kamu yang ingin memberikan pinjaman kepada para perempuan pelaku usaha UMKM di Indonesia, kamu dapat mendapatkan bunga sampai 12,5 % per tahunnya di Apliaksi mekar, dengan jaminan pokok pendanaan yang terlindungi dan terproteksi dengan baik. Untuk jenis layanan Aplikasi Mekar yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut :

Starter Plant

  • Memiliki batas minimal pendanaan Rp 100 ribu,
  • Menghasilkan pendapatan 7,18% plat p.a sebelum dikenakan pajak
  • Pengembalian jangka waktunya bulanan
  • Rate berlaku untuk pemiliki rekening di Bank Indonesia

Basic Compound Plan

  • Memiliki batas minimal pendanaan Rp 30 juta
  • Menghasilkan pendapatan 11,5% plat p.a sebelum dikenakan pajak
  • Pengembalian penuh pada bulan ke 12 atau 1 tahun
  • Rate berlaku untuk pemiliki rekening di Bank Indonesia

Standar Compound Plan

  • Memiliki batas minimal pendanaan Rp 30 juta,
  • Menghasilkan pendapatan 12% plat p.a sebelum dikenakan pajak
  • Pengembalian penuh jangka waktunya 18 bulan
  • Rate berlaku untuk pemiliki rekening di Bank Indonesia

Advance Compound Plan

  • Memiliki batas minimal pendanaan Rp 30 juta
  • Menghasilkan pendapatan 12,5% plat p.a sebelum dikenakan pajak
  • Pengembalian penuh jangka waktunya 24 bulan
  • Rate berlaku untuk pemiliki rekening di Bank Indonesia

Siapa saja Mitra Penyalur Pinjaman dari Aplikasi Mekar?

Mitra Penyalur Pinjaman dari Aplikasi Mekar
Mitra Penyalur Pinjaman dari Aplikasi Mekar

Jika kamu ingin mulai berinvestasi di apliaksi mekar, maka uang yang kamu berikan di aplikasi ini akan disalurkan ke penerima pinjaman melalui mitra penyalur pinjaman atau Lending Partner dari beberapa koperasi simpan pinjan dan beberapa BPR yang ada di Indonesia. Dan lembaga tersebut yang akan menyalurkan pinjaman serta melakukan penagihan pinjaman yang kita berikan. Berikut ini ada beberapa Lending Partner dari Aplikasi Mekar yang perlu kamu ketahui :

  • Koperasi Mitra Dhuafa
  • Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah
  • Koperasi Abdi Kerta Raharja
  • Koperasi Syariah BMT ItQan
  • Koperasi Simpan Pinjam KUD Mintorogo
  • Koperasi Simpan Pinjam Tanaoba Lais Manekat
  • Koperasi Simpan Pinjam Graha Mandiri
  • Koperasi Simpan Pinjam Dwi Tunggal
  • Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya
  • Koperasi Simpan Pinjam Mekarsari
  • Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Artha Bahana
  • Koperasi Simpan Pinjam Melania Credit Union
  • Koperasi Simpan Pinjam Pangestu

Informasi Kontak Layanan Aplikasi Mekar

Jika kamu membutuhkan informasi pertanyaan lebih lanjut kamu bisa mengunjungi kantor pusat dari PT Mekar Investama Sampoerna atau menghubunginya melalui kontak yang kami sebutkan di bawah ini :

Alamat Kantor PT Mekar Investama Sampoerna

Jalan Madrasah Raya Kavling 11 Blok G-H Unit 11 di Naya Kemang Selatan,

Kelurahan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

  • Nomor Telepon : +6221 300 22735
  • Nomor Whasapp : +62813 85106712
  • Kontak Email : support@mekar.id

Syarat dan Ketentuan Aplikasi Mekar

Syarat dan Ketentuan Aplikasi Mekar
Syarat dan Ketentuan Aplikasi Mekar

Jika kamu ingin bergabung sebagai pendana di aplikasi mekar ada beberapa syarat dan ketentuan aplikasi mekar yang perlu kamu ikuti sebagai berikut :

  1. PT Mekar Investama Sampoerna sebagai perusahaan dari Aplikasi Mekar merupakan sebuah entitas legal di Indonesia yang merupakan penyedia layanan pinjam meminjam secara online atau dikenal dengan peer to peer lending.
  2. Perusahaan ini memberikan layanan yang menghubungkan antara pemberi pinjaman yang disebut lender ke pada peminjam kepada badan usaha atau perseorangan yang membutuhkan modal pinjaman.
  3. Aplikasi mekar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan sudah mendapatkan izin dari OJK sejak tanggal 13 Desember tahun 2019.
  4. Semua konten yang ada di aplikasi dan situs website mekar digunakan sebagai informasi umum tidak digunakan sebagai undangan, saran, permintaan atau sebuah rekomendasi untuk memberikan dana pinjaman kepada siapapun.
  5. Aplikasi Mekar mengandung tautan pihak ketiga dan perusahaan tidak bertanggung jawab atas konten situs yang dimiliki oleh pihak ketiga.
  6. Pemberi dana pinjaman difasilitasi aplikasi mekar atau pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan perusahaan tidak dianggap memiliki tabungan atau simpanan di perusahaan tersebut.

Untuk syarat dan ketentuan lainnya bisa kamu akses di website resmi mekar.id atau mengunduh aplikasinya melalui smartphone android ataupun iPhone.

Cara Pendaftaran Aplikasi Mekar

Jika kamu berminat untuk bergabung menjadi pemberi dana di aplikasi mekar, kamu dapat mendaftarkan diri di website resminya, berikut ini adalah langkah-langkah atau cara pendaftaran aplikasi mekar.

  1. Pertama kunjungi situs Mekar.id
  2. Klik Tombol Danai Sekarang
  3. Setelah itu isikan form informasi dengan lengkap, jika sudah klik buat akun
  4. Setelah membuat akun silahkan ikuti instruksi untuk pemberian dana sesuai dengan yang kamu inginkan dan berdasarkan penawaran yang diberikan oleh aplikasi Mekar.id.