Kamera Pertama Membutuhkan Waktu Setidaknya Delapan Jam Untuk Menjepret.

Sejarah 1 year ago
Kamera Pertama Membutuhkan Waktu Setidaknya Delapan Jam Untuk Menjepret.

Kamera Pertama Membutuhkan Waktu Setidaknya Delapan Jam Untuk Menjepret.

Kamera- merupakan seperangkat perlengkapan yang memiliki fungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa. Untuk yang pertama kalinya kamera disebut juga dengan kamera obscura. Kata ini berasal dari bahasa latin yang artinya " ruang gelap". 

Seorang ilmuwan muslim yang bernama Alhazen untuk pertama kalinya menemukan kamera obscura. Alhazen menerbitkan sebuah buku yang berjudul Books of Optics (1015-1021) yang menjelaskan tentang kamera obscur. Lain lagi dengan ilmuwan yang berasal dari Inggris pada tahun 1660-an yang bernama Robert Boyle dan asistennya Robert Hooke yang menemukan portable camera obscura. Namun Johann Zahn merupakan orang yang pertama kalinya menemukan kamera cukup praktis dan kecil untuk dapat digunakan dalam bidang fotografi pada tahun 1685. Kamera fotografi banyak menerapkan prinsip model Zahn, dimana sistemnya selalu menggunakan slide tambahan yang digunakan untuk memfokuskan objek. Sistem tersebut adalah dengan cara memberikan tambahan pada sebuah plat yang sensitif terdapat didepan lensa kamera tersebut setiap sebelum melakukan pengambilan sebuah gambar.

Kamera Pertama Membutuhkan Waktu Setidaknya Delapan Jam Untuk Menjepret.

Foto pertama “Pemandangan dari Jendela di Le Gras” diambil oleh oleh Joseph Nicéphore Niépce pada tahun 1827. Gambar itu memperlihatkan pemandangan dari jendela lantai atas di tanah milik Niépce, Le Gras di wilayah Burgundy di Prancis.

Joseph Nicéphore Niépce menjepret gambar tersebut dengan obscura kamera yang dipusatkan pada pelat timah 16,2 cm × 20,2 cm, yang dilapisi dengan aspal tipis alami yang disebut Bitumen Yudea.

Niepce meletakkan sebuah ukiran ke pelat logam yang dilapisi aspal, kemudian memaparkannya ke cahaya. Bitumen tersebut mengeras di daerah yang terang, namun larut bahkan hanyut di daerah yang redup atau remang-remang, dengan campuran minyak lavender dan minyak putih.

Loading...

Dibutuhkan exposure yang sangat lama pada kamera. Foto Niepce membutuhkan setidaknya delapan jam pemaparan cahaya untuk dijepret dan akan segera memudar.

Rekannya di Prancis, Louis Daguerre juga bereksperimen untuk menjepret gambar. Namun ia membutuhkan waktu belasan tahun lagi sebelum dirinya mampu mengurangi waktu pemaparan kurang dari 30 menit dan membiarkan gambar menghilang setelah proses tersebut.

Daguerre merupakan penemu proses praktis pertama fotografi. Pada 1829 ia bekerjasama dengan Niepce untuk memperbaiki proses yang telah dikembangkan Niepce. Pada 1839, setelah beberapa tahun bereksperimen Daguerre mengembangkan metode fotografi yang lebih mudah dan efektif yang dijuluki dengan namanya sendiri. Proses daguerreotype Daguerre dimulai dengan memperbaiki gambar ke selembar tembaga berlapis perak.

Dia kemudian memoles perak itu dan melapisinya dengan yodium, menciptakan permukaan yang sensitif terhadap cahaya. Lalu, dia meletakkan lapisan itu di kamera dan memaparkannya selama beberapa menit. Setelah gambar itu dilukis oleh cahaya, Daguerre memandikan piring itu dengan larutan klorida perak. Proses ini menciptakan citra abadi yang tidak akan berubah jika terkena cahaya.

Oleh karena itu. Kita patut bersyukur. Karena kamera sekarang sudah canggih dan tak perlu menunggu waktu yang lama untuk sekedar menyimpan moment.

Tags: #kepribadian, #kehidupan, #manfaat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com