Awal 2019, Jaringan 5G Siap Meluncur

Smartphone 1 month ago
Awal 2019, Jaringan 5G Siap Meluncur

Awal Desember, laman-laman teknologi dipadati berbagai berita mengenai teknologi 5G, yang digadang-gadang bakal hadir di awal tahun 2019. Boss besar Xiaomi, Lin Bin misalnya, telah membagikan gambar perangkat andalan perusahaan Mi Mix 3 yang menggunakan teknologi  5G. Sementara itu, menurut pengakuan Donovan Sung, Direktur Manajemen Produk Xiaomi, Mi Mix 3 bakal menjadi salah satu perintis smartphone 5G.

Pembuat chip Qualcomm yang berbasis di AS juga perpartisipasi dalam penggunaan teknologi 5G. Pada KTT Teknologi Snapdragon beberapa waktu lalu, perusahaan ini menampilkan beberapa rilis yang mengarah pada komersialisasi 5G di 2019.

5G sangat unggul dalam kecepatan unduh, hingga 20 Gb/s. Sedangkan yang dapat dijangkau 4G saat ini tak lebih dari 1 Gb/s. Faktanya, hal-hal yang bisa dilakukan dengan teknologi 5G, tidak dapat diaplikasikan menggunakan 4G. Karena kualitas kinerja 5G yang jauh di atas 4G, maka hal ini dapat diprediksi sebagai pembuka jalan menuju teknologi yang lebih cepat dan mudah bagi perangkat seluler maupun komunikasi.  

Dengan jaringan generasi ke 5 ini, situs web akan memuat tampilan jauh lebih cepat, juga gambar video yang jernih dan halus ketika sedang melakukan video call. User pun bisa menghubungkan banyak perangkat ke internet pada waktu yang sama tanpa terkendala bandwidth.

Loading...

Kinerja 5G mendapatkan dukungan berupa data rate tinggi, sehingga dapat mengurangi latensi, lebih hemat energi, hemat biaya, kapasitas sistem yang lebih besar, serta konektivitas perangkat besar. Firma riset Analysys Mason telah melakukan survey mengenai kesiapan beberapa negara terhadap penggunaan 5G. Hasilnya memperlihatkan bahwa China, Korea Selatan, AS, Jepang, Jerman, Inggris, Prancis, Kanada, Rusia dan Singapura, merupakan sepuluh negara teratas yang telah siap dalam daftar 5G.

Menurut prediksi produsen perangkat telekomunikasi Swedia, Ericsson, 5G akan meraih pengguna hingga lebih dari 40 persen populasi global dan sebanyak 1,5 miliar pelanggan akan meningkatkan mobile broadband pada akhir tahun 2024. Maka, memilih waktu di awal 2019 sebagai momentum peluncuran 5G sangatlah tepat.

Hingga kini, produsen telepon pintar masih berlomba menyelesaikan PR-nya, agar bisa melempar smarphone 5G ke pasaran pada waktu yang telah mereka targetkan.”Kami semakin mantap untuk melakukan komersialisasi 5G,” kata Cristiano Amon, Presiden Qualcomm Incorporated, yang merupakan salah satu pemimpin revolusi 5G di dunia.

Tags: Smartphone, Komunikasi, 5G, Jaringan, Telekomunikasi, Teknologi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com