Perkembangan Media Sosial dari masa ke masa

Sosmed 2 months ago
Perkembangan Media Sosial dari masa ke masa

Ada banyak media sosial pada saat ini. Di tahun 2019 ini berbagai macam media sosial pun berkembang dengan signifikan, salah satunya facebook, instagram, dan twitter.

Sebelum adanya facebook, instagram, dan twitter. ada banyak media sosial lainnya yang mungkin pada tahun ini sudah redup keeksistensian nya. Media sosial tidak hanya sebagai media pergaulan, namun pada saat ini media sosial sendiri telah berkembang menjadi media komunikasi, informasi, interaksi, serta promosi.

Berikut media sosial yang pernah sempat eksis, kemudian redup, dan ada juga yang bertahan dan berkembang hingga sampai saat ini.

1. SixDegrees (1997)

SixDegrees merupakan media sosial pertama yang telah memiliki lebih dari 1 juta user. Media sosial ini hanya dapat memungkinkan penggunanya membuat profil dan menjalin pertemanan. Namun sayangnya SixDegrees hanya bertahan eksistensinya hingga tahun 2001. 

2. LiveJournal (1999)

Brad Fitzpatrick adalah pendiri LiveJournal. LiveJournal juga bisa dikatakan gabungan antara jejaring sosial dan blog, dan salah satu media sosial pertama yang memungkinkan user nya untuk mengupdate status seperti facebook, atau twitter pada saat ini. Padahal sebenarnya LiveJournal sendiri dibuat untuk jurnal pribadi.


3. Friendster (2002)

Beruntunglah jika kalian pernah, atau sempat menggunakan media sosial yang satu ini. 90% user Friendster berasal dari asia. Dan sangat populer di asia tenggara. Friendster bahkan dijuluki sebagai kakek nya media sosial. Bagaimana tidak, Pengguna dapat berinteraksi melalui komen, status, dan foto yang di unggah di media sosial tersebut. Friendster diluncurkan oleh Peter Chin, Jonathan Abrams, dan David Lee pada tahun 2002. Friendster sendiri pernah menolak tawaran dana dari google sebesar us$30 juta. Namun sayangnya ketika Friendster mengubah layanan pada tahun 2011 menjadi situs permainan sosial, pengguna media sosial ini pun sangat turun drastis.

4. Facebook (2004)

Media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman kampusnya ini lahir pada bulan februari. Situs ini awalnya hanya diperuntukan kepada mahasiswa harvard saja. Namun lama kelamaan jumlah user yang meningkat drastis memungkinkan situs ini menjadi media sosial untuk umum. Bahkan hingga saat ini pengguna Facebook telah mencapai 2,2 milyar user selama 14 tahun. Tak heran jika media sosial yang satu ini masih bertahan hingga sekarang.

5. Youtube (2005)

Setahun setelah Facebook diluncurkan, muncul lah youtube. Didirikan oleh 3 mantan karyawan PayPal. Situs ini memungkinkan user mengupload, mengunggah, dan berbagi video. Youtube sendiri menggunakan tekhnologi adobe flash video dan HTML5. Ditahun 2005 pula iklan pertama di youtube yang menembus angka 1 juta viewers, yaitu Nike yang menampilkan Ronaldinho. Youtube menjadi salah satu media sosial yang keeksistensian nya masih bertahan sampai saat ini, bahkan bisa dibilang berkembang secara signifikan seperti Facebook.

Loading...

6. MySpace (2006)

Kemudian pada tahun 2006 muncul lah MySpace. yang mempekerjakan 1000 karyawan pada tahun 2009. Media sosial yang satu ini cukup dibilang unik, dikarenakan dapat memiliki 2 profile. Profile musik dan profile normal. Profile musik memungkinkan penggunanya mengunggah semua diskografi mereka sendiri dari lagu-lagu dengan format MP3. Sedangkan untuk profile normal, memungkinkan penggunanya menggunggah foto, status, komen dan lain sebagainya. Sebenarnya memang media sosial yang satu ini diperuntukkan kepada orang-orang yang menyukai musik.

7. Twitter (2010)

Didirikan pada tahun 2006. Twitter merupakan media sosial yang memungkinkan usernya membaca dan mengirim pesan berbasis teks maksimal 140 karakter dalam satu postingan. Dan telah di update menjadi 280 karakter pada tahun 2017. Twitter bisa dikatakan mengalami perkembangan yang cukup pesat, terdapat 400 ribu tweet yang di posting per kuartal pada tahun 2007. Dan situs media sosial yang satu ini telah bekerja sama dengan Yandex, mesin pencari yang berbasis di rusia pada 21 februari 2012.

8. Snapchat (2011)

Adalah aplikasi pesan foto yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat masih kuliah di Stanford. Pada mei 2014 aplikasi ini telah mengirimkan 600-700 juta foto dan video dalam kurun waktu satu hari. Belum lagi konten Snapchat stories yang telah dilihat 500 juta kali dalam waktu satu hari. Tak heran jika perusahaan ini bernilai $10-$20 milyar hingga sampai saat ini, menurut berbagai macam sumber.


9. Instagram (2014) 

Instagram memungkinkan pengguna mengambil foto, dan video, kemudian dapat menerapkan filter digital dan dapat dibagikan ke media sosial lainnya, seperti Facebook, Youtube, dan Twitter. Aplikasi ini dapat diunggah melalui App store maupun Google play. Facebook telah mengambil alih instagram pada 9 april 2012 dengan nilai sekitar $1 milyar, dalam bentuk saham. Instagram sendiri beridir pada tahun 2010, dan masih sangat eksis hingga sekarang.


10. Virtual Reality (2018)

Biasa disingkat VR. Tekhnologi yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi satu sama lain dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer yang sebenarnya adalah tiruan, atau tidak nyata. Konsep tentang VR sendiri sebenarnya telah di populerkan oleh media massa melalui film seperti Brainstorm dan Lawnmower man. Bisa dipastikan inilah masa kejayaan VR itu sendiri. Namun kita lihat saja seperti apa perkembangan media sosial, aplikasi, dan tekhnologi yang akan datang.

Tags: Media Sosial, Sosial Media, Sosial Media Terbaru, Perubahan, Tekhno, Aplikasi, Instagram, Facebook, Youtube, Virtual Reality

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close
0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com