10 Hal Penting Melebihi Pekerjaan Yang Banyak Orang Lupakan

01-10-2016 (2 months ago)

Banyak orang yang melupakan hal terpenting dalam hidupnya dan menghabiskan hidupnya hanya untuk pekerjaan dan mengejar uang, yang akhirnya lupa apa prioritas hidupnya,

Inilah yang harus kita hadapi ketika kita hidup di dunia ini. Kita mungkin banyak memprioritaskan pekerjaan kita dan bahkan sering kita melupakan apa yang sebenarnya menjadi prioritas di kehidupan nyata kita. Dan tak jarang kita tersesat dalam sebuah rutinitas pekerjaan dan ambisi kita untuk mengejar uang dan mencoba untuk mendapatkan lebih banyak uang. Dan ini menjadi sebuah lingkaran yang tiada henti.

Ketika kita banyak menghasilkan atau mendapatkan uang maka hal ini akan membuat kita semakin bernafsu dan akhirnya kita akan berpikiran kita sangat memerlukan lebih banyak uang lagi lebih daripada sebelumnya. Selain kita tersesat pada hal yang bersifat duniawi ini, semakin cepat waktu yang akan berlalu tanpa kita bahwa kita telah melupakan hal-hal penting dalam hidup ini.

Dan pada akhirnya hingga kita menjadi tua dan kehilangan apa yang seharusnya kita lakukan yang jauh lebih penting daripada pekerjaan dan hanya mengejar uang. Jadi di dalam hal ini yang seharusnya membutuhkan lebih banyak perhatian. Karena hal yang lebih penting dan seharusnya menjadi prioritas utama inilah yang akan membawa kita lebih merasa bahagia dan juga kepuasan pribadi yang jauh melebihi pekerjaan kita.

Keluarga

Seharusnya kita lebih merasa beruntung karena memiliki keluarga yang mana selalu ada cinta dan kasih yang selalu mendukung kita. Setiap kali kita memikirkan bisnis yang memungkinkan menghasilkan banyak uang, bisa disumsikan kita tidak memiliki waktu untuk keluarga atau anak-anak kita.

Sebenarnya yang harus kita lakukan adalah mengatur waktu yang kita miliki. Karena waktu akan menjadi penting ketika kita bisa membaginya dan kita selalu ada untuk keluarga kita. Keseimbangan antara mencari uang dan selalu hadir dalam acara-acara keluarga menjadi sangat sulit. Akan tetapi jika kita benar-benarbisa mengatur waktu antara pekerjaan dan juga keluarga maka akan tumbuh cinta yang semakin kuat di dalam keluarga kita.

Cinta

Menemukan cinta atau pasangan bisa jadi sulit. Dan jika kamu selalu bekerja mulai pagi hingga sore atau bahkan jauh lebih lama hingga lembur segala, maka bisa menimbulkan pemikiran “aku tidak membutuhkan siapapun”. Dan ketika kamu dalam kondisi seperti itu memang sangat penting bagi kamu dengan menikmati semua kesibukan dan pekerjaan yang kamu miliki.

Akan tetapi yang juga tidak kalah pentingnya membuka dri dan memberikan kesempatan untuk hadirnya cinta dalam kehidupan kamu. Dan mencoba untuk menemukan seseorang, agar hidup kamu lebih bisa terpuaskan dan merasakan kebahagiaan.

Menemukan seseorang yang benar-benar sempurna di dalam hidup kamu akan mengambil banyak waktu kamu, dan kamu membutuhkan lebih banyak kompromi pada kedua sisi, baik itu pekerjaan dan cinta kamu terhadap seseorang.

Tapi ketika kamu benar-benar menemukan seseorang dan menjalin sebuah hubungan cinta, kamu akan memiliki dukungan lainnya di dalam hidup kamu, seseorang yang akan selalu ada dan meberikan uluran tangannya kepada kamu, atau menciptakan sebuah kondisi yang benar-benar nyaman ketika kamu membutuhkan.

Waktu

Terampil dalam manajemen waktu itu benar-benar sangat pentng bagi setiap pekerja professional, dan manajemen waktu akan sangat penting jika kamu ingin memiliki gaya hidup yang seimbang, dimana kamu memiliki cukup waktu untuk semuanya.

Manajemen waktu harus menjadi prioritas kamu, akan tetapi kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan manajemen waktu mereka dan hanya mendedikasikan diri mereka hanya pada satu aspek kehidupannya.

Jika kamu berhasil menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan sosial kamu, maka kamu akan sangat mudah untuk memiliki lebih banyak ruang untuk hobi kamu atau kegiatan lainnya, yang mungkin saja bisa membuat kamu lebih bahagia dan lebih bisa merasakan kehidupan.

Manajemen waktu sebenarnya cukup sederhana, jadi tergantung pada niat kita mau mengaturnya atau tidak. Seperti halnya, harus bangun pagi, itu berarti malamnya harus bisa tidur nyenyak. Dan ketika pagi harus bekerja, tapi juga harus pulang ketika saatnya harus pulang ke rumah, karena kedua hal tersebut sama-sama pentingnya.

Filantropi

Filantropi adalah bahasa serapan dari Yunani, yang berasal dari kata philein yang artinya cinta, dan anthropos yang artinya manusia. Jadi filantropi dalam arti bahasa Indonesia artinya saling mencintai antar sesame manusia.

Tak dapat disangkal lagi bahwa yang namanya uang itu sangat penting bagi kehidupan kita. Dan kebanyakan dari kita mungkin pernah bertanya, ketika uang itu sangat penting bagi kita, lalu pertanyaannya, kenapa kita harus membantu orang lain?

Dan mungkin saja orang sukses seperti Bill Gates yang banyak memberikan harta kekayaannya untuk beramal juga pernah bertanya kepada dirinya sendiri, dari waktu ke waktu. Tapi jawabannya mungkin sangat sederhana, kita hanya mendefinisikan bagaimana kita memperlakukan mereka yang kurang beruntung jika dibandingkan dengan diri kita.

Hal ini tidak hanya kamu merasa baik dengan membantu orang lain, tetapi kamu bisa merubah keadaan sekitar kamu. Dan seharusnya kita melakukan hal ini atau beramal bukan untuk alasan egois atau untuk mendapatkan nama baik. Kita dapat membantu secara finansial denganc ara yang praktis kepada semua organisasi amal.

Sangat banyak sekali cara untuk beramal kepada sesame, kita bisa memberikan uang kita ke lembaga sosial, atau hal kecil seperti memberikan nasi bungkus di tempat penampungan atau untuk anak yatim piatu.

Dan mungkin kita bisa membayangkan, bagaimana jika setiap orang di dunia ini yang memiliki kemampuan finasial cukup itu menyumbangkan sebagian hartanya untuk lingkungan sekitarnya. Sudah bisa dipastikan akan banyak meningkatkan perekonomian mereka yang sebelumnya tidak mampu.

Pentingnya persahabatan

Percaya atau tidak, hidup kamu tanpa teman sudah bisa dipastikan hidup kamu tidak akan menyenangkan. Ketika kamu tidak memiliki siapapun di dalam kehidupan kamu, maka kamu tidak bisa tertawa lepas, bericara banyal hal, dan bahkan saling berbagi nasihat. Belum lagi kamu tidak akan memiliki seseorang yang bisa berbagi rahasia.

Akan tetapi teman di sini yang benar-benar memberikan kebaikan dalam hidup kamu, dan bisa saling berbagi dalam banyak hal, tidak teman yang membawa unsur negatif di dalam kehidupan kamu. Inilah sebabanya kenapa kamu harus memiliki teman dan mempertahankan persahabatan kalian, dan ini dapat kamu lakukan dengan sangat mudah.

Sebagai contoh, dengan mengundang teman ke rumah hanya untuk sekedar ngopi bareng, dimana kamu bisa berbagi pengalaman dan berbicara tentang kehidupan. Semua orang juga tahu bahwa kita semua orang yang sibuk dengan kesibukannya masing-masing. Akan tetapi memberikan atau menyisihkan sedikit waktu untuk teman-teman kamu adalah indikasi paling jelas yang bisa mereka lihat bahwa kamu benar-benar peduli sama mereka.

Kebutuhan untuk memperbaiki diri

Setiap hari dimana kamu hidup kamu belajar sesuatu yang baru, sesuatu yang menarik, dan sesuatu yang praktis. Dan kamu tidak boleh mengabaikan pertumbuhan pribadi kamu. Dengan memberikan waktu untuk update informasi atau mempelajari hal-hal baru atau bisa juga mengikuti kursus bidang tertentu yang kamu sukai. Karena hal ini benar-benar penting bagi kehidupan kamu.

Keuntungan ketika kamu mau memperbaiki diri dan mempelajari hal baru, yang pertama adalah kamu akan menjadi ornag yang lebih baik dengan belajar hal-hal baru yang akan memperluas wawasan dan membuka diri untuk pengalaman yang baru.

Kedua, cepat atau lambat kamu akan berada di dalam situasi dimana keterampilan kamu akan benar-benar bermanfaat atau bahkan diperlukan, terutama di lingkungan kerja. Jadi sangat penting bagi kita untuk menambah ilmu atau keterampilan tambahan, yang mungkin saja ke depannya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Olahraga

Dengan cara yang sama kamu kadang-kadang perlu latihan mental untuk pikiran kamu, dan kamu perlu latihan fisik untuk tubuh kamu. Dan ini semua dapat kamu capai dengan mudah, karena tidak ada orang yang meminta kamu untuk benar-benar membentuk tubuh kamu biar lebih kekar, tapi hanya untuk mengunjungi gym beberapa kali saja dalam seminggu.

Dengan adanya bantuan dari orang-orang professional ini dapat dengan cepat menjadi tugas yang sangat mudah dan juga menyenangkan. Jika kamu tidak terlalu suka ke gym bisa saja kamu melakukan olahraga lain yang kamu suka seperti jogging, futsal, dan lain sebagainya.

Semakin rutin beberapa kali dalam seminggu kamu melakukan olahraga selain tubuh kamu juga semakin sehat dan terbukti menangkal depresi. Sehingga setiap kali kamu merasa down atau stres ketika harus berurusan degan pekerjaan kantor, maka olahraga sebagai solusi terbaik untuk menghilangkan stres karena pekerjaan kamu.

Diet sehat

Kita semua juga tahu bagaimana makanan yang enak penuh dengan daging atau ikan ini benar-benar menggugah selera makan kita. Akan tetapi ketika kita memiliki diet seimbang maka tidak hanya akan meningkatkan kesehatan kamu saja tetapi juga meningkatkan kinerja kerja kamu.

Dan di waktu berikutnya ketika kamu memiliki waktu luang, maka kamu bisa menyiapkan makanan sehat untuk diri kamu sendiri. Dan bisa juga kamu membawa makanan masakan kamu sendiri atau bisa juga beli makanan sehat kamu ke kantor di hari berikutnya.

Karena degan membawa masakan atau makanan sendiri dari rumah memungkinkan kita untuk membeli makanan yang tidak terlalu sehat yang ada di luar. Yang mungkin saja terlalu banyak mengandung lemak dan juga cara masak yang tidak terlalu higienis.

Hal yang sama juga berlaku untuk camilan, jika kamu mengkonsumsinya terlalu berlebihan atau banyak camilan yang terlalu banyak mengandung gula maka bisa menyebabkan obesitas. Akan lebih baik jika kamu lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga mengkonsumsi buah-buahan.

Berpetualang

Apa arti dari tujuan hidup jika tidak menyenangkan dan juga tidak menarik perhatian kita? Salah satu yang benar-benar menyenangkan adalah travelling atau bisa touring ke kota-kota tertentu dan melakukan interaksi degan orang-orang baru dan juga dengan situasi yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya.

Melakukan liburan atau mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan akan sangat begitu menyenangkan dan juga akan membuat hidup kamu lebih hidup. Dengan melakukan travelling salah satunya bisa menghilangkan stres tentang pekerjaan dan juga kejenuhan.

Kepuasan pribadi

Semua poin-poin di atas memiliki satu kesamaan yakni membuat kamu menyadari bahwa ada hal-hal yang lebih penting di dalam hidup kamu daripada pekerjaan. Dan sebenarnya poin-poin seperti di atas sangat penting untuk kepuasan pribadi kamu.

Kamu telah bekerja keras selama ini, dan kamu encoba yang teraik dan inilah kenapa kamu harus pastikan bahwa kamu benar-benar merasa bahagia dan juga puas. Dan itu semua sudah menjadi tugas kamu dan juga kewajiban kamu.

Menghabiskan watu dengan orang yang tepat akan memiliki banyak pemahaman, cinta, dan juga kesabaran untuk keluarga kamu, dan juga tetap menjaga kesehatan tubuh kamu. Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting untuk hidup kamu, meski hal itu terlihat kecil tapi akan memberikan efek yang sangat luar biasa buat kehidupan kamu.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang sebenarnya juga penting buat hidup kamu yang mana bisa membuat hidup kamu lebih merasa bahagia dan juga puas untuk menjalani hidup. Jadi akan sangat penting jika kita lebih memperhatikan hal-hal seperti di atas dan tidak mengabaikan hidup kita hanya untuk gaji.

Poin penting seperti keluarga, seharusnya dijadikan prioritas yang paling utama ketika kita sudah berkeluarga, dan mungkin akan sangat berbeda ketika kamu masih single dan belum memiliki keluarga sendiri. Karena kebahagian untuk sebuah keluarga kita tidak selalu bisa dibeli dengan uang saja. terkadang hanya kehadiran kita secara penuh untuk keluarga memiliki arti lebih dibandingkan uang.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel