Jika Kamu Ingin sukses, Lakukan 10 Rahasia Sukses Berikut Ini

06-10-2016 (2 months ago)

Jika kamu Menginginkan kesuksesan di masa depan, kamu harus membuat beberapa daftar dan juga membuat komitmen terhadap semua daftar yang harus kamu lakukan.

Pikiran setiap manusia benar-benar luar biasa, dan kita semua selalu berusaha degan keras untuk menciptakan sebuah memori yang membuat kita tetap tergantung padanya. Banyak profesi atau bahkan hobi yang menguntungkan seperti seorang aktor, musisi, seniman, dan entertainer pada umumnya membutuhkan banyak latihan, hanya agar informasi yang diperlukan dapat tertanam dalam memori.

Jelas banyak sekali pintu yang mengarah pada keberhasilan di masa depan, dan akan sangat terbuka jika seseorang memiliki memori yang cukup besar. Meskipun memori itu sangat dibutuhkan sebagai formula untuk menuju kesuksesan, tapi apa yang telah kamu miliki di dalam memori akan bisa digantikan dengan ketekunan.

Menjaga daftar yang harus kamu lakukan atau tujuan yang akan kamu capai bisa menjadi salah satu unsur penting dalam hidup kamu. Karena dengan adanya daftar bisa sebagai sebuah cara yang tak tertandingi untuk menyeimbangkan memori atau daya ingat kamu yang lemah.

Dengan memanfaatkan daftar yang telah kita buat, maka sangat memungkinkan kita untuk melakukan apa yang ada di dalam daftar tersebut, dan kita tidak akan lupa dengan semua ingatan yang telah kita buat menjadi daftar tulisan. Dan kita juga akan memiliki pemahaman yang jelas pada tugas atau sesuatu yang harus kita kerjakan di dalam daftar tersebut.

Berikut ini ada 10 daftar yang sebaiknya kamu tulis karena daftar ini akan menjamin implementasi, untuk melacak prestasi yang telah kamu raih dan juga memilihara tujuan dan ambisi kamu.

Daftar tujuan

Tujuan dan ambisi adalah hal yang mendorong kita dan memotivasi kita, akan tetapi kita perlu bertanya pada diri sendiri. Apakah yang kita inginkan itu benar-benar bisa kita capai? Daftar tujuan kamu harus terdiri dari hal-hal yang kamu anggap perlu dan kamu butuhkan agar kamu bisa lebih menghargai diri kamu sendiri.

Hal itu bisa saja berarti stabilitas keuangan, tempat yang ingin kamu kunjungi, atau kamu ingin membina sebuah keluarga baru, atau kamu ingin hidup lebih mandiri, dan tujuan lainnya. Orang memiliki criteria yang berbeda atau daftar tujuan yang berbeda-beda. Dan tujuan inilah yang mebuat kamu bisa menjadi lebih besar ketika kamu mampu melewatinya atau berhasil melakukannya.

Tanpa sebuah daftar, maka kamu akan kehilangan arah dalam hidup kamu, dan tidak memiliki tujuan hidup. Dan kita semua membutuhkan bimbingan bathin agar lebih fokus pada tujuan yang telah kita tetapkan. Untuk memulainya sangatlah sederhana, sebagai contoh kecil, cobalah untuk bangun pagi dan tetapkan tujuan kamu di hari itu, dan kalau bisa selesaikan di hari yang sama.

Daftar tugas atau pekerjaan

Tugas atau pekerjaan adalah sebagai tonggak untuk menyelesaikan tujuan. Tugas atau pekerjaan muncul setiap harinya dan tidak peduli apakah kamu seorang karyawan, mahasiswa, ataupun freelancer. Terlepas tugas atau pekerjaan itu sangat sulit untuk diselesaikan, akan tetapi kita memiliki hasrat untuk tetap menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang ada.

Dan ketika semua tugas atau pekerjaan yang cukup sulit itu terselesaikan maka ada perasaan puas yang akan kita rasakan, karena kita mampu dan bisa menyelesaikannya. Dan ketika kamu menghindari tugas atau pekerjaan kamu sehari-hari tersebut maka kamu hanya akan menumpuk tugas atau pekerjaan dan akhirnya menjadi penghalang kamu untuk lebih maju.

Apabila kamu memiliki tugas atau pekerjaan yang sangat besar dan membutuhkan waktu yang sangat lama mungkin baru selesai dalam waktu seminggu atau bahkan sebulan baru bisa diselesaikan. Maka akan lebih baik jika kamu beristirahat dari tugas besar dan bisa kamu bagi waktunya dengan menyelesaikan tugas-tugas kecil sehari-hari.

Selama kamu masih mengerjakan tugas-tugas kamu yang besar bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang kecil-kecil. Dengan demikian kamu akan memiliki pegangan dan semakin berkembang secara terus-menerus, karena tugas-tgas kecil yang tetap bisa kamu selesaikan di dalam tugas besar kamu itu bisa sebagai motivasi yang sangat luar biasa bagi kamu.

Dengan cara menulis semua daftar tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan dengan cara menempel catatan kamu bisa di dekat koputer atau di dinding. Dengan cara seperti ini tanpa kamu sadari akan meningkatkan produktifitas kamu, dan juga motivasi untuk menyelesaikan semua daftar tugas atau pekerjaan yang ada.

Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya, kamu juga harus memiliki daftar tugas atau pekerjaan pribadi untuk pemenuhan diri kamu sendiri atau untuk kepuasan diri kamu sendiri. Ini tetap ada hubungan dengan tujuan pribadi kamu, seperti menulis buku, melukis, bermain musik, membuat kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Tugas-tugas pribadi kamu itu akan memberikan rasa kepuasa pada diri kamu sendiri, paling tidak kamu telah menciptakan sesuatu buat diri kamu sendiri. Sehingga sangat memungkinkan untuk memberikan kebanggaan kepada diri kamu sendiri atau bahkan kepada orang lain.

Daftar kontak

Ini bisa jadi sebagai sebuah delusi, ketika kamu bisa membuat atau mendapatkan segala sesuatunya dengan diri kamu sendiri tanpa ada campur tangan orang lain. Namun pada saat yang sama, kemitraan atau partnership bisa berujung bencana.

Hal ini memang sangat sulit untuk menemukan seseorang yang benar-benar bisa serasi, selaras, dan seimbang degan kita, baik itu teman atau dari keluarga kita sendiri. Dengan kata lain orang-orang yang sangat dekat dengan kita bukan sebagai pilihan terbaik  untuk dijadikan mitra bisnis.

Jika kamu ingin membuat kemitraan atau menjalin kemitraan dengan seseorang, kamu harus pastikan bahwa orang tersebut harus memiliki visi yang sama. Dan kamu bisa mencoba dia untuk memastikan bahwa dia juga memiliki keahlian yang seimbang dengan kamu.

Sepanjang hidup kita mungkin banyak menemukan orang-orang yang memang sangat handal, mampu dan berbakat yang memiliki kompetensi yang sangat diperlukan di masa depan. Dan ketika kamu menemukan orang-orang dengan bakat dan kemampuan yang sesuai dengan kriteria bidang pekerjaan kamu, maka jangan ragu menawarkan bantuan ketika mereka sedang membutuhkan. Karena dengan cara seperti itu kamu akan memperoleh kontak yang sangat berharga.

Buatlah daftar khusus untuk kontak-kontak penting yang mungkin saja kamu sangat membutuhkan mereka di masa depan. Dan yang paling penting adalah kamu harus mempertahankan hubungan yang sehat dengan mereka, dan siapa tahu suatu saat nanti mereka sangat memerlukan bantuan kamu.

Sejujurnya sangat sulit untuk membuat sebuah ikatan pershabatan yang sangat kuat, akan tetapi kenal terlebih dahulu atau mengenal mereka secara baik itu jauh lebih penting. Dan masih sangat memungkinkan untuk tetap menjaga hubungan baik.

Tanpa sebuah daftar kontak bisa jadi sangat rawan buat masa depan kamu. Dan selain itu kamu harus pastikan agar hubungan yang kamu jalin dengan orang baru itu tetap terawat dengan baik. Karena hal ini juga penting untuk tetap menjaga nama baik kamu sendiri.

Daftar biaya

“Orang bijaksana harus memiliki uang di kepala mereka, akan tetapi tidak di dalam hati mereka”. – Jonathan Swift

Mungkin ini hanya sepotong nasihat yang biasa saja, namun ini sangat sering diabaikan oleh banyak orang. Seperti yang kita tahu, ada dua jenis biaya ; yang mana itu sangat penting seperti tagihan, pajak, biaya buat makan sehari-hari dan biaya-biaya lainnya yang bersifat sekunder. Dan semua biaya yang penting itu adalah untuk pemenuhan kebutuhan pribadi.

Ada tingkat pengendalian yang kadangkala kita tidak berhati-hati dalam pengeluaran. Mungkin kita selalu menganggap keinginan kita seperti kebutuhan kita dan yang namanya kebutuhan adalah kewajiban yang harus kita penuhi.

Tentu saja hal ini menjadi berlebihan, yang seharusnya keinginan bukanlah seperti kebutuhan tapi keingin sudah seperti kebutuhan yang sangat wajib kita penuhi. Hal ini tak lain karena adanya budaya konsumtif yang akhirnya menjadi berlebihan, dan pada akhirnya nanti akan memasukkan kita ke dalam lubang hutang yang seharusnya tidak penting kita lakukan.

Perilaku semacam ini atau budaya konsumtif ini bisa kita tekan bahkan bisa kita hindari dengan memanfaatkan daftar biaya yang telah kita tulis sebelumnya. Dan yang pasti kita harus mengingatnya dan juga lebih disiplin untuk tetap mengikuti daftar biaya yang ada.

Dengan membuat semua daftar biaya bulanan yang wajib kita bayarkan, kita akan memiliki kejelasan atau kepastian berapa banyak biaya yang kita butuhkan untuk dibayarkan dan juga berapa banyak pendapat yang bisa kita terima, jadi untuk menghindari adanya selisih minus pada keuangan kita.

Karena tapa adanya daftar biaya dan adanya perhitungan yang teliti maka kita akan lebih cenderung memiliki lebih banyak kebebasan untuk memenuhi keinginan kita tadi. Sebagai contoh kita akan lebih sering berbelanja hal yang tidak kita butuhkan dan pada akhirnya akan menumpuk banyak tagihan. Dengan demikian , kita akhirnya selangkah lebih dekat bunuh diri dalam hal keuangan.

Menangani keuangan dengan baik adalah dengan memprioritaskan biaya hidup karena ini sebagai tanggung jawab kita dan juga sebagai tanda kedewasaan kita terhadap keuangan. Keberhasilan biasanya diukur dengan jumlah kekayaan yang ada dan tanpa adanya taktik atau strategi dalam pengeluaran.

Daftar alat yang berguna

“Jika kamu tipe orang yang harus memenuhi impian kamu, kamu harus mencari akal untuk memastikan bahwa kamu bisa melakukannya”. – Vin Diesel

Di era digital seperti saat ini, banyak masyarakt yang tergantung pada penggunaan teknologi seperti tukar informasi, melakukan perhitungan, mengukur waktu, dan lain sebagainya. Dan secara tidak langsung semuanya membuat kita ketergantungan pada teknologi, dan ketika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan bisa membuat kita mundur san sangat berahaya bagi pekerjaan kita.

Sebagai contoh, ketika kamu kehilangan kontak orang-orang penting di handphone kamu, maka akan sangat menyulitkan untuk mencari kontaknya lagi. Dan hal ini bisa diartikan kita telah kehilangan sebuah kesempatan jika ada informasi yang cukup penting dari orang-orang penting tersebut.

Di era digital sangat memungkinkan untuk kita memiliki alat-alat yangbisa memback up semua informasi yang ada di handphone atau bahkan yang ada di komputer kita. Jadi sangat memungkinkan data-data penting yang hilang bisa kembali kita pulihkan.

Tidak hanya alat untuk pemulihat, tapi alat yang berguna untuk meningkatkan pekerjaan kita, seperti internet sebagai salah satu bagian penting di era digital saat ini. Dengan adanya efisiensi dan tingkat kompetensi yang besar, maka akan membuat kamu selangkah lebih maju dan menuju kesuksesan.

Menggunakan aplikasi yang tepat akan membuat apa yang tidak mungkin kita lakukan menjadi mungkin, dan bahkan dapat membantu pekerjaan kita selesai lebih cepat. Akan lebih baik jika kamu membuat daftar perangkat keras maupun lunak yang sekira kamu butuhkan demi memperlancar semua pekerjaan kamu dan menghemat waktu kamu.

Seperti halnya internet adalah lautan luas yang sangat berguna bagi kamu, yang memungkinkan kamu untuk mencari segala hal yang kamu butuhkan untuk melengkapi pekerjaan kamu. Bahkan jika kamu cukup kesulitan dengan pekerjaan kamu, kamu hanya tinggal googling tentang permasalahan kamu, dan sangat mungkin akan ada jawabannya.

Daftar perbaikan diri

Kita diwajibkan sadar akan adanya kekurangan di dalam diri kita, maka akan lebih baik lagi jika kita menutupi kekurangan kita dengan cara belajar lebih tekun. Buatlah daftar semua hal yang ingin kamu perbaiki atau kamu ingin merubahnya , dan kemudian kamu pertimbangkan bagaimana cara menerapkan perubahan tersebut.

Terlepas dari kenyataan bahwa orang-orang yang dekat dengan kamu tidak memberikan tekanan apapun pada kamu untuk berubah lebih baik, tapi kamu harus berusaha sendiri untuk merubah atau memperbaiki apa yang kurang dalam diri kamu karena ini untuk kepentingan diri kamu sendiri.

Daftar perbaikan harus terdiri dari perubahan fisik, perubahan rohani, dan meninggalkan kebiasan buruk. Tidak ada seorang pun yang mengharapkan kamu untuk merubah sepenuhnya dalam jangka waktu yang singkat. Akan tetapi membuat keputusan untuk mengubah satu hal adalah resolusi yang cukup layak, dan cukup mudah untuk dilakukan, dan semuanya tergantung pada niat kamu.

Daftar ini tidak hanya mengingatkan pada kamu tapi lebih memperioritaskan dan membangun rasa percaya diri kamu setelah menyelesaikan setiap perbaikan dalam diri kamu. Dan ketika kamu menolah untuk berubah menjadi lebih baik dapat mengakibatkan kurangnya percaya diri dan depresi atau bahkan menjadi terlalu percaya diri.

Perilaku yang terlalu percaya diri ini akan membuat orang lain tidak memiliki toleransi saa kamu. Dan pada akhirnya sifat tidak mau berubah lebih baik dan terlalu percaya diri ini sangat bertentangan dengan pencarian kamu untuk keberhasilan masa depan.

Daftar ide-ide kreatif

Sepanjang sejarah banyak sekali orang yang memberikan pengaruh yang sangat penting di dunia. Dengan cara revolusioner mereka berani menantang tatanan yang sudah mapan dan mengubah status quo. Dan banyak gagasan dari mereka digolongkan sebagai ide kreatif, inovatif, masuk akal, dan menciptakan sesuatu yang bisa digunakan.

Misalnya, membuat sesuatu yang bisa membantu orang cacar bisa berkomunikasi secara online, atau hanya cukup dengan mengetik bisa membuat orang menjadi penulis kreatif, dan menunjukkan kepada dunia tentang pemikirannya mereka.

Dengan demikian sangat memungkinkan keyboard dalam bentuk kawat gigi yang memungkinkan mereka mengetik hanya degan menggunakan lidah. Namun apakah sesuatu yang seperti ini itu sangatmungkin untuk diciptakan.

Setiap kali ide itu selalu datang di setiap pikiran orang, sebagai contoh jika kamu memliki ide kreatif kamu bisa saja menuliskannya lalu menelusuri secara online, apakah sudah ada orang yang membuatnya atau belum ada yang pernah membuat. Nah di sisini kamu akan mencobanya untuk membuatnya dan mulai merenungkan semua ide yang ada di pikiran kamu.

Alangkah lebih baik jika semua ide itu kamu tuangkan atau paling tidak mencoba untuk mengaplikasi ide kamu. Apakah ide itu hanya bermanfaat buat diri kamu sendiri atau untuk orang banyak. Yang paling penting adalah kamu melakukan atau menerapkan ide kamu. Karena jika ide hanya di pikiran saja itu tidak akan berjalan dan juga tidak menjadi apa-apa.

Dalam sebagian besar kasus banyak orang sukses terlahir di dunia ini awalnya hanya sebuah ide, lalu mereka melakukan pengembangan dan juga beberapa riset untuk menuangkan sebuah ide mereka menjadi sesuatu yang berguna.

Yang paling utama adalah yakinlah bahwa sangat mungkin orang tidak akan begitu terkesan dengan ide kamu atau kreatifitas kamu, tapi jangan biarkan diri kamu berkecil hati lalu mematahkan ide kamu sendiri. Tetaplah tekun dengan ide dan kreatifitas kamu, karena kesuksesan membutuhkan ketekunan.

Daftar rencana masa depan

“Masa depan itu tidak pasti, tapi akhir selalu dekat” – Jim Morisson

Mungkin kita sering mendengar kata-kata seperti ini, “besok adalah sebuah misteri”, “hiduplah hari”, dan “kamu tidak bisa merubah masa depan”. Mungkin secara pribadi saya juga setuju degan pernyataan seperti itu. Akan tetapi saya lebih suka dengan membuat rencana adalah sama saja melakukan pekerjaan, dan tidak berencana sama sekali sepertinya benar-benar memalukan.

Saya juga percaya bahwa setiap manusia selalu memiliki rencana untuk masa depannya. Yang menjadi masalah adalah ketakutan akan ketidakpastian lah yang akan menghalangi kita untuk melakukan sesuatu atau bertindak.

Untuk membuat tekad kamu lebih keras, mengkompilasi sebuah daftar rencana masa depan kamu, dan coba kamu melihat apa yang benar-benar kamu butuhkan untuk membuat rencana masa depan kamu menjadi kenyataan.

Adanya sebuah rencana di masa depan akan membuat kamu semakin tertantang dalam menghadapi hidup. Dan seharusnya akan memotivasi kamu untuk meraih semua apa yang sudah kamu jadikan target di masa depan. Kamu hanya butuh ketekunan dan juga kegigihan dalam melakukan semua hal agar semua tujuan dan impian kamu tercapai.

Daftar rencana kontingensi

Kontingensi bisa berarti sebagai suatu keadaan atau situasi ketidakpastian. Setiap tindakan memiliki kesetaraan dan berlawanan degan reaksi, artinya tidak ada yang dapat kamu lakukan tanpa adanya konsekuensi. Setiap usaha agar menjadi lebih sukses biasanya memiliki banyak hambatan dan juga resiko di dalamnya.

Meskipun resiko itu sendiri tidak dapat kita hindari, akan tetapi menyiapkan segalanya ketika ersiko itu ada adalah sebagai tindakan yang sangat baik dan juga diperlukan. Ketika kamu merencanakan mau membangun sebuah bisnis atau kamu ingin berinvestasi, pastikan kamu harus menghitung adanya tingkat resiko di dalamnya.

Akan lebih baik jika kamu membuat daftar resiko baik rendah maupun yang lebih tinggi resikonya. Karena yang namanya resiko negated itu mungkin saja terjadi. Dan ketika resiko positif itu jauh lebih besar jika dibandingkan resiko negatif maka kamu harus meneruskan usaha kamu atau investasi kamu.

Kurangnya membuat daftar kontingensi bisa diartikan sebagai tindakan yang sangat nekat. Hal ini berarti kamu tidak lagi memperhitungkan adanya tingkat resiko. Dan untuk memperhitungkan tingkat resiko ini sangat penting, karena tanpa perhitungan bisa jadi usaha atau investasi kamu tidak akan menghasilkan apa-apa, dan justru akan membuat kamu lebih merugi.

Bucket list (daftar keinginan / cita-cita)

Ketika kamu sudah melalui beberapa poin di atas itu menandakan kamu sudah sampai pada tujuan atau rencana kamu saat ini. Salah satu alasan kenapa kita ingin menjadi sukses adalah benar-benar memenuhi impian kita atau menyelesaikan apa yang menjadi keinginan atau cita-cita kita.

Maka janganlah ragu untuk menempatkan semua keinginan atau cita-cita kamu dalam daftar berikutnya. Yang kamu butuhkan hanya ide kreatif kamu untuk memenuhi segala keingin kamu. Dan kamu bisa mencoba melihat kembali apa yang paling masuk akal yang ada di daftar keinginan kamu, apakah rumah, mobil mewah, keluarga bahagia, dan lain sebagainya. Dan yang pasti semuanya itu bisa kamu raih selama kamu terus belajar tekun dan tidak pantang menyerah.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel