Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Dengan mengajukan pinjaman bank merupakan salah satu solusi agar bisa memenuhi kebutuhan. Kita juga bisa memilih bank Mandiri yang sudah besar dan memiliki banyak cabang di seluruh kota yang ada di Indonesia.

Bank Mandiri
Bank Mandiri

Bank Mandiri juga mengeluarkan 4 jenis pinjaman. Dibawah ini akan kami uraikan agar kita mengetahui syarat pinjaman Bank Mandiri.

Syarat Pinjaman dan jenis pinjaman

Syarat Pinjaman dan jenis pinjaman
Syarat Pinjaman dan jenis pinjaman

Cara yang tepat agar pengajuan pinjaman kita disetujui yaitu dengan memenuhi persyaratan sekaligus melengkapi dokumen.

Adapun syarat umum pengajuan pinjaman Bank Mandiri yaitu sebagai berikut :

  • WNI yang berusia 21 tahun sampai 55 tahun bagi pegawai dan 60 tahun bagi yang wiraswasta atau profesional.
  • Mempunyai penghasilan tetap dan masa kerja minimal 1 tahun bagi pegawai serta 2 tahun untuk wiraswasta dan profesional

Kemudian kita juga harus melengkapi dokumen yang diperlukan diantaranya :

- Mengisi form pengajuan lengkap dan valid

- Buku rekening bank mandiri

- Identitas diri seperti E-KTP, NPWP dan Kartu keluarga,

- STNK dan BPKB asli dan fotokopi

- Surat keterangan pendapatan usaha atau Slip gaji

- Rekening koran tabungan terakhir

Kemudian ada syarat tambahan lain yang disesuaikan dengan jenis pengajauan yang akan kita lakukan. Untuk mengetahui jenis-jenis pengajuan yang ada di Bank mandiri, maka kami berikan ulasannya :

Kredit Serbaguna Mandiri ( KSM )

Produk Kredit KSM dari Bank Mandiri bisa digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan kita. Misalnya untuk kebutuhan kesehatan, pendidikan, renovasi rumah, pernikahan, dan kebutuhan yang lainnya.

Mandiri KSM memiliki kelebihan diantaranya adalah Proses pencairannya yang cepat dan hanya memakan waktu satu hari langsung cair.

Untuk suku bunga yang ditawarkan juga kompetitif dan memiliki jangka waktu yang panjang bahkan sampai dengan 15 tahun.

Selain itu juga memiliki biaya kredit yang ringan dan besarnya limit mencapai 1 miliar rupiah.

Untuk syarat dan ketentuan Mandiri KSM diantaranya adalah WNI yang memiliki penghasilan tetap, maupun pensiunan. Dan bagi pegawai tetap maka memiliki masa kerja minimal 1 tahun.

Kredit Kendaraan Bermotor ( KKB )

Bagi yang ingin memiliki kendaraan secara kredit maka bisa mengajukan kredit kendaraan bermotor atau Mandiri KKB. Kredit ini selain untuk perorangan juga bisa untuk badan usaha.

Mandiri KKB memberikan layanan pinjaman dana untuk membeli mobil dan motor, termasuk juga pembelian motor dan kredit bagi badan usaha.

Apabila mengajukan Mandiri KKB maka akan mendapatkan keuntungan diantaranya yaitu suku bunga yang kompetitif, proses cepat, serta memiliki metode pembayaran yang flleksibel.

Bukan hanya itu, persyaratan pengajuan dari bank Mandiri juga sangat mudah.

Apabila kamu ingin mengajukan Mandiri KKB ini maka kamu bisa langsung mendatangai Bank Mandiri yang terdekat dengan wilayhmu.

Setelah itu kita mengisi form pengajuan Mandiri KKB dengan benar dan lengkap. Kemudian proses selanjutnya akan diserahkan ke anak perusahaan Bank Mandiri yaitu Mandiri Utama Finance ( MUF ) atau Mandiri Tunas Finance (MTF).

Kredit Pemilikan Rumah ( KPR )

Jika saat ini kamu ingin memiliki sebuah hunian maka Kredit Pemilikan Rumah atau Mandiri KPR ini bisa dijadikan pilihan.

Kredit ini diberikan oleh bank Mandiri untuk perseorangan, kemudian dana tersebut bisa kita gunakan untuk membeli rumah, apartemen, ruko, rukan baik yang melalui developer maupun tidak.

Dengan mengajukan Mandiri KPR maka kita bisa mendapatkan keuntungan antara lain suku bunga yang kompetitif dan uang muka ringan.

Selain itu kredit ini juga memiliki jangka waktu sampai dengan 20 tahun dan proses pencairan cepat sehingga kita tidak perlu menunggu waktu yang lama.

Perlu kita ketahui bahwa Bank Mandiri juga sudah bekerjasama dengan 900 proyek developer lebih yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudian untuk syarat pengajuan Mandiri KPR ini adalah WNI yang sudah berusia 21 tahun serta memiliki usia maksimal kredit 55 tahun bagi pegawai dan 65 tahun bagi pengusaha.

Kemudian ada syarat pinjaman lainnya yaitu memiliki pekerjaan atau penghasilan yang tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun bagi pegawai. Dan masa kerja 2 tahun bagi profesional dan wiraswasta.

Produk Mandiri KPR

Produk Mandiri KPR
Produk Mandiri KPR

Fitur Mandiri KPR ada dua macam yaitu :

Mandiri KPR Take Over

Fitur ini menyediakan layanan pembiayaan untuk pengambil alihan kredit dari bank lain. Untuk maksimum kreditnya yaitu sebesar sisa pinjaman terakhir dari bank asal atau dengan limit kredit yang baru disesuaikan dengan perhitungan bank.

Mandiri KPR Top Up

Layanan ini memberikan tambahan limit kredit yang sudah berjalan. Fasilitas ini diberikan jika angsurannya lancar dan sudah berjalan minimal selama satu tahun.

Mandiri KPR Fleksible

Dengan menggunakan layanan dari bank Mandiri ini, maka kita bisa menentukan sendiri jangka waktu kreditnya. Selain itu tersedia juga rekening revolving.

Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

Produk KPR ini memberikan pelayanan untuk nasabah agar bisa mendapat keringanan atau penundaan pembayaran sabagian angsuran pokok hingga 3 tahun angsuran.

Kredit Multiguna

Bank Mandiri juga memberikan layanan kredit multiguna bagi perorangan dengan jaminan properti yang dimilikinya. Selanjutnya untuk dana yang diterima bisa digunakan untuk keperluan apa saja.

Kredit ini juga memiliki berbagai keunggulan diantaranya yaitu jangka waktu yang lama sampai dengan 10 tahun. Suku bunga yang ditawarkan juga kompetitif serta proses pencairannya yang cepat.

Sebelum pengajuan, kita harus siapkan persyaratan dokumennya terlebih dahulu agar berjalaan dengan lancar.

Untuk fitur KPR Multiguna sendiri terdiri dari dua macam yaiatu :

  1. Mandiri KPR Multiguna Take Over
  1. Mandiri KPR Multiguna Top Up

Didalam kredit multiguna ini juga terdapat biaya-biaya yang harus ditanggung nasabah antara lain biaya provisi, administrasi, notaris, premi asuransi, pengikatan aguanan, atksasi agunan serta balik nama.

Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Untuk suku bunga yang diberikan biasanya berdasarka masa pinjaman. Simulasi yang kami berikan bisa berubah-ubah tergantung dari kategori perusahaan tempat kita bekerja.

Bank Mandiri juga menetapkan kategori perusahaan dalam menentukan pinjaman KSM KTA. Jadi tak heran jika kita menjumpai dengan jumlah pinjaman dan tenor yang sama namun cicilan perbulannya berbeda.

Namun bagi yang ingin menghitung simulasi sendiri misal untuk KTA Mandiri maka bisa melalui https://www.bankmandiri.co.id/kalkulator-kta. Isi dengan jenis nasabah, gaji bersih setiap bulan serta nominal angsuran lain apabila ada.

Kita contohkan saat mencoba memasukkan contoh jenis nasabah payroll, memiliki penghasilan perbulan Rp 8.500.000 serta angsuran sebesar Rp 750.000. Pada sistem tersebut akan memunculkan tabel angsuran dengan tenor antara 12 bulan sampai dengan 60 bulan.

Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri
Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman Bank Mandiri

Dari tabel tersebut bisa kita lihat bahwa bank Mndiri bisa memberikan pinjaman sebesar tiga kali lipat dari gaji perbulan dengan tenor singkat satu tahun.

Dan untuk tenor yang panjang yaitu 5 tahun, limit kredit yang diberikan oleh bank Mandiri bisa mencapai 10 kali gaji.