Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BCA
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BCA

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BCA

Mietha Fanza
5 months ago Last Updated 5 months ago

BCA yang merupakan salah satu bank swasta di Indonesia memberikan penawaran berbagai macam pinjaman. Kita juga bisa mengajukan pinjaman tersebut dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberikan.

Syarat yang diberikan oleh BCA tergantung dari jenis pinjaman yang dipilihnya. Untuk itu kami juga akan memberikan jenis pinjaman BCA serta persyaratan pinjaman, simulasi serta tabel angsuran pinjaman BCA.

Jenis Pinjaman dan Persyaratannya Pinjaman di BCA

Jenis Pinjaman dan Persyaratannya Pinjaman di BCA
Jenis Pinjaman dan Persyaratannya Pinjaman di BCA

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA

Apabila kamu menginginkan memiliki sebuah hunian dengan cicilan yng murah, maka KPR BCA bisa dijadikan solusinya.

Melalui KPR BCA maka kita bisa menggunakannya untuk pembelian rumah atau ruko baik baru maupun second, bisa juga untuk renovasi rumah.

KPR ini memiliki suku bunga floating KPR yang ringan serta stabil bebas pinalti. Kecuali bagi suku bunga dalam masa fix 5 tahun, fix 3 tahun serta fix dan cap.

Syarat KPR BCA :

  • WNI berusia 21 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki status sebagai karyawan tetap, pengusaha atau profesional. Syarat bagi karyawan harus memiliki masa kerja minimal 1 tahun diperusahaan terakhir dan minimal 2 tahun bagi pengusaha atau profesional, dan untuk lama berprofesi minimal 2 tahun.
  • Untuk usia maksimal saat pelunasan bagi karyawan yaitu 55 tahun, sedangkan bagi pengusaha 60 tahun.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA

Kredit ini diberikan bagi nasabah yang ingin memiliki kendaraan bermotor dari berbagai jenis dan merk baik baru mauapun second.

Jangka waktu yang diberikan maksimal sampai 5 tahunan dan memiliki bunga stabil/ flat.

Syarat untuk pengajuan KKB BCA yaitu :

  • WNI baik perorangan maupun badan usaha
  • Memiliki pekerjaan sebagai karyawan tetap/ wiraswasta/ profesional/ pengusaha dengan waktu minimal 2 tahun
  • Berusia 21 tahun serta maksimal 64 tahun saat kredit berakhir
  • Bagi nasabah yang mengajukan kredit ini diwajibkan mengambil all risk khusus untuk tahun pertama dan minimal TLO untuk tahun berikutnya.

Kredit Pemilikan Apartemen

Salah satu pinjaman yang menarik dari BCA yaitu adanya pinjaman untuk nasabah yang memiliki apartemen melalui Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) BCA.

Melalui produk ini kita bisa mendapatkan uang tunai untuk membeli apartemen baru mauapun bekas. Bagi kamu yang berminat, dibawah ini akan kami berikan syarat-syaratnya :

  • WNI dengan usia minimum 21 tahun/sudah menikah
  • Calon nasabah merupakan karyawan tetap, pengusaha maupun profesional dengan masa bekerja minimal 1 tahun pada perusahaan terakhir. Memilik total pengalaman kerja 2 tahun minimal bagi professional dan pengusaha serta minimal 2 tahun waktu usahanya.
  • Berusia maksimum saat kredit berakhir bagi karyawan 55 tahun, sedangan untuk pegusaha/ profesional 60 tahun.

KPR Refinancing

BCA juga mengeluarkan produk KPR Refinancing yang berguna bagi yang sedang mengalami masalah kesulitan dana pribadi. Seperti misalnya keperluan pendidikan, pernikahan dan lain-lain.

Dengan adanya KPR Refinancing maka masalah tersebut diatas bisa teratasi dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah atau tanah.

Untuk proses pengajuan juga mudah sehingga bisa dijadikan solusi bagi yang sedang membutuhkan dana mendesak.

Untuk syarat dan ketentuannya sebagai berikut :

  • WNI berusia minimal 21 tahun/ sudah menikah
  • Calon nasabah merupakan karyawan tetap, pengusaha maupun profesional dengan masa bekerja minimal 1 tahun pada perusahaan teakhir. Memilik total pengalaman kerja 2 tahun minimal bagi professional dan pengusaha serta minimal 2 tahun waktu usahanya.
  • Berusia maksimum saat kredit berakhir bagi karyawan 55 tahun, sedangan untuk pegusaha/ profesional 60 tahun.

Kredit Sepeda Motor

Bagi yang ingin memiliki sepeda motor, BCA juga melayani kredit sepeda motor. Bagi yang berminat maka bisa mengajukannya melalui Bank BCA dengan berbagai jenis dan merk terbaru.

Untuk cara pinjamannya khusus bagi sepeda motor maka bisa melalui anak perusahaan Bank BCA yaitu PT. Central Santosa Finance ( CSF ).

Kredit Modal Kerja

Kredit ini diberikan untuk usaha bagi pedagang, petani, peternak selaku pelaku UMKM.Kita bisa mengajukan permodalan usaha ataupun investasi di Bank BCA untuk mengembangkan atau perluasan usaha.

Syarat untuk mengajukannya yaitu dengan menyertakan KTP, Kartu keluarga, Akte pendirian Peusahaan, serta legalitas usaha seperti NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU.

BCA Personal Loan

BCA juga memiliki Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diberinama dengan BCA Personal Loan. Pinjaman ini diberikan tanpa menggunakan agunan bagi karyawan yang menggunakan BCA Payroll.

Syarat Pengajuan BCA Personal Loan/ KTA BCA :

  • Minimum pendapatan setiap bulannya yaitu Rp 2.500.000
  • Berumur 21 tahun atau maksimum 55 tahun pada saat pelunasan.
  • Wajib memiliki kartu kredit BCA minmal 1 tahun

Adapun dokumen yang harus dilengkapi yaitu :

- Fotokopi identitas diri seperti KTP

- Fotokopi kartu kredit

- Fotokopi rekening 3 bulan terakhir

- Memiliki NPWP bagi wirausaha

Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman BCA

Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman BCA
Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman BCA

Dibawah ini akan kami berikan simulasi serta tabel angsuran BCA :

Berdasarkan tabel tabel angsuran KTA BCA diatas, maka misalnya kita mengajukan KTA sebesar Rp 5.000.000 maka simulasinya adalah :

  • Untuk tenor satu tahun maka cicilan per bulan Rp 466.667, untuk tenor 2 tahun sebesar Rp 259.833, dan untuk tenor 3 tahun yaitu Rp 192.389.
  • Untuk biaya provisinya sebesar 1% dari pinjaman atau Rp 100.000
  • Biaya materai Rp 6.000
  • Jumlah pinjaman yang dicairkan ke rekening yaitu Rp 4.894.000. Angka ini berasal dari Rp 5.000.000- Rp 100.000 (provisi)-6.000 (materai).

Untuk pengajuan diatas adalah pengajuan yang tanpa menggunakan asuransi, ini artinya jika peminjam menghadapi resiko/ musibah maka harus tetap melunasi pinjaman tersebut.

Namun apabila peminjam menginginkan asuransi untuk bisa melinndungi keluarga dari beban hutang kita maka akan ada tambahan biaya asuransi yang dipotongkan dengan nilai pencairan.

Jadi peminjam nantinya terima jumlah pencairan yang menjadi lebih rendah dari jumlah plafon yang disetujui.

Beberapa tips agar pinjaman KTA diterima oleh BCa antara lain :

  1. Kelengkapan dokumen
  1. Cicilan 30% gaji
  1. BI Cheking bagus
  1. Biaya provisi, premi asuransi dan biaya admin
  1. Siap dihubungi.

Kemudian ada juga beberapa keunggulan KTA BCA dibandingkan dengan kredit lain yaitu :

  • Bunga KTA yang paling murah

Jika dibandingkan dengan KTA lain, maka BCA lebih murah dengan persyaratan yang reasonable. Untuk mengajukan KTA, kita tidak harus menggunakan payroll BCA selama kita masih memiliki kartu kredit BCA. Untuk masa aktif kartu kredit tersebut memiliki masa keanggotaan minimum selama 1 tahun.

  • Biaya admin yang kecil

Saat pengajuan pinjaman, kita juga harus mengetahui biaya-biaya apa saja yang akan dipotongkan dengan pencairan. Biaya tersebut akan mengurangi jumlah pencairan yang kita terima. Nah di BCA sendiri biaya admin relatif murah yaitu sekitar 1%.

  • Tidak harus payroll

BCA juga memberikan pinjaman kepeda nasabah yang buka payroll BCA, asalkan memiliki kartu kredit BCA denagn minimal 1 tahun dengan pembayaran yang lancar

Itulah ulasan mengenai syarat pinjaman, simulasi dan tabel angsuran BCA. Semoga bermanfaat.