Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI

Mietha Fanza
1 month ago Last Updated 1 month ago

Kesempatan ini Vebma ingin berbagi informasi tentang Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI, jadi untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman di BRI jangan sampai lewatkan artikel ini ya!

Bank adalah salah satu tempat penyimpanan uang yang paling aman. Berbicara tentang bank, sudah sejak kecil pada umumnya setiap anak disugestikan untuk menabung. Namun, dewasa ini keperluan akan bank bukan hanya sekadar menabung saja.

Bisa jadi sebagai tempat peminjaman uang. Salah satu bank yang bisa dijadikan sebagai tempat peminjaman uang adalah bank BRI. Bank rakyat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini memang sangat mudah ditemukan.

Pinjam Uang di BRI

Hadirnya bank yang ada di Indonesia memang bukan hanya sekadar tempat untuk menabung saja. Melainkan bank juga bisa dijadikan sebagai tempat peminjaman uang. Namun, tentu saja dalam peminjaman uang tersebut tidak semudah meminjam uang ke perorangan. Lalu apa saja sih Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI? Yuk simak informasi lengkapnya berikut.

Syarat Melakukan Pinjaman Uang di BRI

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI

Ada beberapa syarat khusus yang harus kita perhatikan. Bahkan persyaratan tersebut sangat wajib untuk dipenuhi mengingat kalau bank adalah tempat menyimpan uang rakyat. Nah! Buat kamu yang mungkin saja memerlukan pinjaman, sebaiknya ikuti syarat di bawah ini!

  • Menyiapkan Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Slip gaji untuk karyawan dan surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan
  • Rekening Koran bagi wiraswasta.
  • Fotokopi Kartu Kredit
  • Formulir data diri

Selain mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, buat kamu yang emang beneran mau pinjam uang juga harus memperhatikan sejumlah aturan tak tertulis. Aturan tak tertulis itu bisa berupa pemenuhan standar penghasilan serta sesuaikan dengan kemampuan bayarnya.

Pada dasarnya ada beberapa metode peminjaman. Salah satunya adalah pinjam tunai. Metode pinjam tunai juga ada syarat tertentu yang harus kamu perhatikan. Dengan kata lain kamu bisa pinjam melalui BRI guna karya dari PT. BRI Persero TBK.

Nah! Peminjaman uang via BRI gunanakan jauh lebih mudah dan prosesnya juga jauh lebih cepat. Selain itu, hanya dengan melwngkapi sejumlah persyaratan dan datang ke kantor cabangnya saja keinginan kamu meminjam uang akan segera terpenuhi. So, berikut caranya!

Pertama, kamu harus mengisi data diri dengan benar. Pengisian data diri yang tidak benar dan tidak berguna akan cenderung membuat proses kamu terhambat. Dengan begiru bisa jadi prosesnya bertambah lama.

Kedua, membawa Kartu Tanda Penduduk. Apa sih gunanya KTP? Tentu saja sangat penting. Apa lagi Anda akan meminjam uang. KTP diperlukan sebagai bukti bahwa kamu asli Warga Negara Indonesia dan sudah mencapai batas usaha yang ditetapkan.

Ketiga, penuhi segala persyaratannya. Kamu memang meminjam uang. Maka tidak heran jika ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Jangan sampai ada persyaratan yang tidak dilengkapi karena itu akan menghambat proses persetujuan.

Simulasi BRI

Kalau kamu mau meminjam uang di bank BRI, ada yang namanya simulasi. Nah! Simulasi BRI ini yang akan menentukan berapa jumlah uang pinjaman, jangka waktu, hingga suku bunganya. Untuk memudahkan, mungkin kamu harus perhatikan contoh berikut!

Misalkan kamu mau pinjam uang sebesar RP 50.000.000 pada BRI guna. Jangka waktunya 12 bulan, sementara suku bunganya fiat 1,49%. Lantas berapa cicilan yang akan kamu bayarkan setiap bulannya? Jawabannya adalah Rp 4.911.667.

Masih belum yakin? Kami sajikan simulasi yang lain. Begini, misalkan kamu akan melakukan peminjaman KTA sejumlah RP 100.000.000. Jangka waktunya adalah 48 bulan atau 4 tahun. Maka dengan suku bunga 1,49% perbulannya kamu harus membayar Rp 3.573.333.

Nah! Di atas merupakan dua contoh simulasi pinjaman KTA. Meskipun kita membutuhkan banyak uang, pihak bank sebenarnya juga mematok besaran tersendiri terkait berapa jumlah nominal yang akan dipinjamkan.

Hal tersebut tentu saja berdasarkan penghasilan bersih yang kamu dapatkan dari gaji perbulannya. Nah! Kamu juga harus tahu ini! Semakin besar penghasilan bersihnya maka akan semakin besar pula penghasilan KTA yang didapatkan. Menarik sekali, bukan?

Ada beberapa tips nih buat kamu yang mau melakukan peminjaman KTA. Tips berikut ini terkait berapa cicilan yang bakal kamu bayarkan setiap bulannya. Selain supaya tidak keberatan, tentunya proses pinjam meminjam jadi lancar. Berikut tipsnya!

Kemampuan Bayar

Memutuskan meminjam dana ke bank BRI memang harus jeli. Salah satunya adalah kemampuan mengembalikan dana tersebut. Kami menyarankan kamu supaya tidak melewati batas kemampuan. Mengapa? Tentunya supaya tidak terbebani dong yaa.

Waktu Membayar

Telat membayar cicilan? Aduh! Sebaiknya jangan, deh! Semakin telat membayar cicilan justru kaku akan semakin besar hutangnya. Mengapa? Tentu saja karena setiap keterlambatan akan diberlakukan denda. Makanya tepat waktu, ya!

Riwayat Kredit Bank

Memutuskan untuk melakukan peminjaman dana juga kamu harus memastikan riwayat Kredit terjaga dengan baik. Hal ini guna membuat kemudahan cair dana. Kalau kamu punya riwayat Kredit baik, tidak perlu repot-repot menjcari pinjaman. Bahkan akan mendapatkan tawaran.

Tabel Angsuran Pinjaman

Sudah bulat untuk memutuskan meminjam dana? Menurut beberapa penelitian di masa pandemi ini, beberapa orang akan cenderung meminjam uang untuk buka usaha. Nah! Apakah kamu salah satunya? Maka cocok sekali!

Kalau kamu mau buka usaha kecil-kecilan, salah satu pinjaman bank BRI yang pas adalah KUR BRI. Mungkin kamu belum tahu, apa sih keuntungan meminjam KUR BRI? Tentu saja bunganya relatif kecil. Jadi sangat pas buat kamu yang mau membuka usaha mikro.

Tabel Angsuran Pinjaman BRI Terbaru 2021

Bukan cuma itu. KUR BRI juga menjadi salah satu bagian pemerintah. Maksudnya adalah pemerintah juga membantu dana untuk kamu yang mau buka usaha. Pantas saja, hal ini karena BRI lebih condong memberikan usaha mikro. Nah! Untuk lebih jelasnya lihat tabel angsuran ini!

Tabel Pinjaman BRI KUR Mikro

Tabel Pinjaman BRI KUR Mikro
Tabel Pinjaman BRI KUR Mikro

Ingin meminjam dana sampai RP 25.000.000? Maka KUR mikro bisa jadi jalan usaha! Pasalnya KUR yang satu ini telah dibekali oleh banyak fitur. Seperti halnya fitur maksimal peminajam RP 25.000.000, KMK dan KI per debitur 3-5 tahun, bunga 7%, serta tanpa biaya administrasi.

Tabel Pinjaman BRI KUR Ritel

Tabel Pinjaman BRI KUR Ritel
Tabel Pinjaman BRI KUR Ritel

KUR lainnya adalah ritel. Kalau KUR yang ini sangat pas buat kamu yang mau melakukan peminjaman dana sampai RP 100.000.000! Bukan hanya itu saja, KUar jenis ini masuknya ke dalam sebuah investasi. So, pastinya ada beberapa fitur yang menjadi ketentuan di bawah ini!

Plafon ritel BRI digunakan untuk peminjaman rentang 25 juta - 500 juta. Bagi kamu yang ingin meminjam 100 juta bisa masuk ke kelompok ini. Selain itu, dengan KMK maksumal 4 tahun dan KI maksimal 5 tahun, suku bunganya hanya 7% pertahun dan tidak berlaku biaya administrasi.

Tabel Pinjaman BRI KUR TKI

Tabel Pinjaman BRI KUR TKI
Tabel Pinjaman BRI KUR TKI

Ingin menjadi Tenaga Kerja Indonesia tapi tak ada biaya? Tenang saja! KUR TKI hadir menjawab kekhawatiran kamu. Khususnya buat kamu yang mau berangkat keluar negri untuk bekerja tapi tidak ada biaya, KUR TKI menyiapkan dana peminjaman maksimal 25 juta.

Dengan berbagai syarat seperti, suku bunga perbula 0,41% fiat saja, akses pinjaman maksimal 25 juta, waktu pelunasan maksimal 3 tahun, tidak terkena biaya administrasi dan negara tujuannya adalah Hongkong, Singapura, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

Itulah tadi informasi lengkap tentang Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BRI baik untuk pinjaman KUR Mikro, KUR Ritel ataupun KUR TKI.