Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BTN
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BTN

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BTN

Mietha Fanza
6 months ago Last Updated 6 months ago

Bank BTN atau Bank Tabungan Negara siap melayani segala pembiayaan property atau perumahan untuk warga Negara Indonesia. Perumahan yang dibiayai oleh BTN bisa yang bukan subsidi dan perumahan subsidi.

Bank BTN
Bank BTN

Kali ini kita akan membahas mengenai Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BTN terbaru.

Syarat Pinjaman BTN

Apabila ingin mengajukan pinjaman di bank BTN maka harus memenuhi persyaratan berikut ini :

  • Sebagai Warga Negara Indonesia
  • Memiliki usia 21-55 tahun atau yang sudah menikah
  • Setidaknya 2x angsuran perbulan pendapatan orang yang ingin mengajukan KPR
  • Berstatus sebagai pegawai atau karyawan tetap
  • Limit pinjaman didasarkan dari jenis pinjaman yang akan dipilih. Apabila ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan maka maksimal Rp 100.000.000 namun jika menggunakan agunan bisa meminjam sampai dengan Rp 1 milyar.
  • Kelengkapan dokumen seperti E-KTP, surat nikah/ cerai, KK, SK Pegawai, slip gaji asli, fotokopi SPT PPh 21 dan Buku Rekening BTN.

Pinjaman yang diberikan BTN ini bisa langsung digunakan untuk nasabah reguler Bank BTN. Sedangkan bagi peminjam yang bukan termasuk nasabah reguler maka untuk perusahaan minimal sudah 3 tahun beroperasi, dan perorangan kolektif min 20 orang.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa BTN memiliki banyak plafon pinjaman. Namun setiap syarat dan limit pengajuannya juga berbeda, semuanya tergantung dari jenis pinjaman tersebut.

Jenis Pinjaman KPR BTN

Jenis Pinjaman KPR BTN
Jenis Pinjaman KPR BTN

Dengan berbagai pilihan yang ditawarkan BTN, membuat KPR BTN diminati masyarakat saat ini. Berikut ada beberapa KPR BTN yang bisa kamu pilih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

KPR BTN Platinum

Produk yang dikeluarkan oleh BTN ini diperuntukan bagi mereka yang menginginkan beli rumah dari developer perumahan maupun bukan.

Jadi kita bisa membeli rumah yang bukan perumahan, atau bisa juga membeli rumah yang siap huni, rumah second, serta bisa juga take over kredit dengan menggunakan produk ini.

KPR BTN Platinum ini memiliki tenor yang sangat panjang yaitu sampai 25 tahun serta suku bunga yang menarik dan kompetitif.

Selain itu KPR ini juga dilengkapi dengan asuransi jiwa dan kebakaran. Jadi membuat kita merasa aman.

Hal itu juga yang membuat produk ini begitu diminati oleh masyarakat terutama bagi mereka yang tidak ingin tinggal diperumahan akan tetapi ingin mengambil dengan sistem KPR.

KPR BTN BP2BT

Layanan ini merupakan kerjasama antara Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Bank Bank BTN agar dapat mewujudkan perumahan yang layak untuk dihuni.

Produk ini adalah produk rumah subsidi karena pemerintah memberikan subsidi sebanyak Rp 32,4 juta untuk pemiliki tabungan BTN yang ingin mengajukan KPR.

Akan tetapi ada syarat dan limit pengajuan pinjaman Bank BTN untuk kredit ini yaitu dengan membayar uang muka 5% dan waktu pelunasan 20 tahun.

Selain itu produk KPR ini juga gratis asuransi dan PPN. Dan yang membuat banyak diminati masyarakat yaitu karena terdapat iming-iming pemberian dana subsidi langsung serta uang muka yang rendah.

Akan tetapi sayangnya produk ini bunganya menyesuaikan atau tidak flat seperti halnya FLPP. Dan hal ini yang seharusnya menjadi pertimbangan kita, karena pada saat suku bunga naik maka cicilanpun akan ikut naik.

KPR BTN Subsidi

Produk ini juga memiliki peminat yang bayak dimasyarakat khususnya kalangan menengah kebawah. Tujuannya sama seperti KPR BTN BP2BT yang membantu masyarakat agar mendapatkan hunian yang layak.

Untuk mendapatkan layanan ini maka syarat yang diajukan BTN cukup ringan yaitu memberikan uang muka 1% sehingga hal ini akan meringankan masyarakat.

Karena kita tahu bahwa rumah merupakan kebutuhan yang pokok, oleh karena itu banyak yang mempertimbangkan daripada mengontrak maka lebih baik kredit rumah yang kelak rumah tersebut menjadi miliknya.

KPR BTN Mikro

KPR BTN ini melakukan pinjaman dengan agunan SK PNS. Namun bagi kita yang bukan pegawai negeri juga bisa mengajukannya dan kemudahannya yaitu pembayaran bisa harian, mingguan bahkan bulanan dan memiliki tenor sampai dengan 10 tahun.

Syarat dan limit pengajuannya yaitu memberikan uang muka 1% dan maksimal Rp 75 juta rupiah. Hal ini bisa dijadikan pilihan bagi yang menginginkan bunga rendah dan sedang membutuhkan dana.

Bank BTN menjadikan solusi bagi yang yang ingin memiliki hunian karena berbagai penawaran yang menarik sehingga membuat orang berbondong-bondong untuk pengajuan KPR ini.

Namun sayangnya banyak juga yang ditolak permohonannya. Lalu bagaimana dengan tips supaya lolos pengajuan pinjaman Bank BTN?Yuuk simak berikut ini.

  1. Mengajukan KPR BTN dengan cicilan min 30% dari gaji

Jadi jika kamu ingin memiliki sebuah hunian namun tabungan dan gaji belum mencukupi maka tak ada salahnya untuk mengajukan KPR ini.

Agar kita tetap bisa memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari maka kita juga harus mempertimbangkan besaran angsuran tidak boleh lebih 30% dari gaji per bulan.

  1. Cari rumah murah atau uang muka besar

Apabila Bank BTN hanya sanggup memberikan pinjaman yang tidak sesuai kita harapkan maka kita harus mencari rumah dengan harga yang lebih murah. Selain itu kita juga bisa memberikan uang muka yang lebih besar sehingga cicilannya menjadi sedikit setiap bulannya.

  1. Ikutkan pasangan dalam mengajukan KPR

Bias nya tolak ukur bank adalah gaji atau pengahsilan kita tiap bulan. Jadi jika pasangan kamu juga memiliki gaji setiap bulan, maka tak ada salahnya menggabungkannya dalam mengajukan KPR.

Sehingga peluang kita dalam mendapatkan pinjman kPR menjadi terbuka lebar.

  1. Pastikan tidak memiliki badrecord di perbankan

Jika kamu memiliki hutang di bank lain, maka pastikan hutang kita tersebut lancar dan tidak memiliki track record yang buruk. Karena hal ini akan menghambat kita dalam pengajuan berikutnya.

Dan sampai saat ini banyak orang yang mempercayakan kredit pemilikan rumahnya pada bank BTN dibandingkan dengan bank lain.

Hal itu dikarenakan BTN memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak terdapat pada bank lain. Suku bunga yang diberikan juga kompetitif sehingga manarik banyak nasabah.

Selain itu BTN juga memberikan asuransi jiwa dan PPN gratis. Serta jangka waktu yang diberikan juga panjang tergantung dari besarnya plafond pinjaman.

Simulasi dan Tabel Angsuran Bank BTN

Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman BTN
Simulasi dan Tabel Angsuran Pinjaman BTN

Simulasi ini hanyalah bersifat sementara hanya dihitung berdasrakan suku bunga dasar kredit bank BTN saja. Agar lebih jelasnya , kita bisa menanyakan langsung ke bank BTN.

Hal lain yang juga tidak kalah penting yaitu kita juga harus mengetahui besaran angsuran serta suku bunga dan biaya-biayanya.

Semuanya itu harus kita pahami sebelum mengajukan KPR. Karena jangka waktunya panjang sehingga harus dieprsiapkan dengan matang.

Demikian informasi mengenai Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Angsuran Pinjaman BTN ynag kami sajikan. Bagi yang ingin pengajuan KPR BTN semoga ulasan ini bisa membantu.