Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS

Mietha Fanza
7 months ago Last Updated 7 months ago

Ingin mengetahui apa saja Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS terbaru, maka kamu harus baca artikel ini sampai selesai.

Berprofesi sebagai Pegawa Negri Sipil maupun karyawan tetap rupanya tidak menjamin kehidupan sudah mapan. Berbeda-beda kebutuhan menjadikan seseorang harus bekerja keras untuk memenuhinya.

Nah! Mungkin kamua salah satunya. Maka tidak heran jika kamu berkeinginan membeli sesuatu namun finansial minim. So, pinjam dana saja! Dewasa ini banyak sekali bank yang membuka lebar kesempatan kepada para debitur. Salah satunya bank mandiri.

Pinjam Uang di Bank Mandiri

Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS
Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS

Bank mandiri merupakan salah satu jenis bank yang menyimpan uang maupun meminjamkan uang. Bank mandiri juga relatif mudah ditemukan di Indonesia. Layaknya bank rakyat, bank mandiri membuka peluang pada siapa saja untuk meminjam uang.

Termasuk kepada para karyawan tetap.dan juga PNS. Perlu kamu ketahui ada banyak sekali jenis pinjaman di bank mandiri. Semuanya dapat kaku pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, tentu saja ada sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi.

Salah satunya adalah Salah satu kredit yang banyak diburu oleh PNS maupun karyawan tetap adalah Kredit Serbaguna Mikro (KSM).

Nah! Di Kredit Serba Guna Mikro ini biasanya memanfaatkan SK PNS maupun karyawan sebagai pendongkrak cairnya dana. Bukan hanya itu, KSM sebenarnya salah satu pinjaman yang ditujukan khusus pada para pegawai. Lalu apa saja Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS? Simak penjelasan lengkan jawaban pertanyaan tersebut di bawah ini.

Persyaratan Pinjaman PNS di Bank Mandiri

Entah itu pegawai negeri sipil, Polri, TNI, hingga karyawan guna memenuhi kebutuhan. Ada pun peminjaman uang ini bisa mencapai 1 M plafon dengan mengajukan SK dalam jangka waktu pelunasan maksimal 15 tahun. Di bawah ini adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi.

WNI

Salah satu syarat untuk bisa meminjam uang di bank mandiri dengan Kredit Serbaguna Mikro adalah dengan membuktikan bahwa kamu asli Warga negara Indonesia. Hal ini bisa.dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.

Batasan Usia

Syarat yang lainnya untuk seorang peminjam dana di bank mandiri harus memperhatikan usia. Usia minimal boleh meminjam uang adalah 21 tahun, sementara usia maksimal saat sudah pensiun. Biasnya 65 tahun.

Pegawai Tetap

Jika kamu mau mengambil peminjaman uang metode ini, maka pastikan pula bahwa kamu adalah pegawai tetap di suatu perusahaan atau instansi. Paling tidak telah memiliki pengalaman minimal 1 tahun.

Penghasilan Tetap

Bukan hanya ketiga syarat di atas saja. Kamu sebagai pegawai juga harus dipastikan telah memiliki penghasilan tetap. Penghasilan tetap bisa join dengan suami atau istri dengan total minimal 3 juta perbulan.

Nah! Terlepas dari sejumlah syarat yang harus kamu perhatikan, ada pula beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Pada umumnya menyiapkan dokumen ini harus benar-benar jeli supaya tidak ada yang kurang. Dengan begitu, dana pun bisa cair. Di antara dokumennya adalah:

  • Formulir yang diisi secara lengkap pada saat pengajuan
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih aktif
  • Fotokopi NPWP (khusus buat yang mau pinjam di atas 50 juta)
  • Fotokopi kartu identitas sebagai pegawai atau karyawan
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Foto kopi pasangan (jika join income dengan suami atau istri)
  • Bukti terima gaji (bagi yang non Payroll)
  • Surat pengangkatan jabatan

Simulasi Bank Mandiri KSM

Simulasi Bank Mandiri KSM
Simulasi Bank Mandiri KSM

Dalam meminjam uang pastinya ada simulasi Bank. Simulasi ini sudah bukan lagi hal yang asing terutama bagi kamu warga bank. Benar, sekali. Supaya lebih memahami seputar pinjam-meminjam yang akan dilakukan harus diadakan simulasi terlebih dahulu.

Terlebih mengingat kamu pinjam uang di bank mandiri. Maka tenang saja. Suku bunga bank yang berlaku juga terbilang kompetitif. Jika kamu mau tahu lebih jelasnya seputar bunga bank ini bisa digali lebih dalam pada saat pengajuan pencairan dana.

Nah! Kalau di sini kami akan lebih menjabarkan bagian-bagian yang akan terlibat pasca kami memutuskan untuk meminjamnya. Yakni pada saat kamu meminjam kan dikenai biaya provisi limit. Biaya yang satu ini dikenakan apabila kamu meminjam di bawah 50 juta.

Sementara itu, ada suku bunganya yang hanya sebesar 0,5%. Beda lagi jika kamu meminjam uang lebih dari 50 juta. Bunga yang dikenakan juga akan lebih besar,yakni sekitar 1,0% dari limit kreditnya.

Kemudian berapa biaya administrasinya? Mungkin sekilas kamu akan terkejut karena di siji telah diberlakukan biaya administrasi. Nah! Biaya administrasi yang berlaku jika kamu meminjam dana di bawah 50 juta akan dikenakan senilai RP 50.000.

Berbeda lagi ceritanya jika kamu meminjam dana lebih dari 50 juta maka akan dikenakan biaya administrasi 2x lipatnya. Di samping biaya administrasi kamu tidak akan ditarik biaya tambahan lagi. So, bagaimana? Simple sekali, bukan?

Tabel Pinjaman Bank Mandiri

Tabel Pinjaman Bank Mandiri
Tabel Pinjaman Bank Mandiri

Setelah membaca artikel di atas hingga sejauh ini, mungkin kamu tertarik untuk meminjamnya? Maka pastikan duku sudah memenuhi persyaratan yang sudah kami sebutkan di atas, ya! Selain itu, pastikan pula telah menyiapkan sejumlah dokumen.

Jadi, buat kamu yang mau meminjam dana akan lebih baik jika kamu membaca dulu tabel pinjaman. Dengan membaca tabel pinjaman seperti di atas, kamu jadi lebih tahu banyak oerrimbanga. Baik dari segi uang yang akan diterima hingga angsurannya.

Segala keputusan ada di tanganmu! Dan perlu diketahui pula, untuk meminjam dana ini dengan memperhatikan suku bunganya. Beberapa kebijakan mungkin akan mengalami perubahan, dan sebagai seorang debitur kamu harus mengetahuinya.

Ada pun untuk meminjam uang seberapa besarnya juga akan sangat berpengaruh pada penghasilan yang kamu dapatkan. Umumnya, semakin besar penghasilan perbulan maka akan semakin besar pula pinjaman yang didapatkan.

Sedikit bocoran, pada umumnya besaran pinjaman yang didapatkan juga akan berlipat ganda dari hasil gaji. Biasanya mencapai 5x lipat. Untuk lebih jelasnya, mungkin kamu harus memahami ilustrasi berikut!

Kamu memiliki penghasilan pokok dari bekerja RP 2.000.000. Nah! Di sini kamu memutuskan untuk meminjam dana. Maka dana tersebut akan menghasilkan kelipatan dari gaji kamu. Kalau kamu berpenghasilan 2 juta, maka dana yang dipinjam bisa sampai 10 juta.

Angka 10 juta itu hasil kali 2 dengan 5. Karena kan 5x lipat, bukan? Sementara itu, untuk jangka waktu pengembaliannya akan disesuaikan dengan masing-masing kemampuan para debitur. Namun, semakin lama pelunasan akan semakin besar pula bunganya.

Mau tahu dalam jangka waktu berapa lama? Kamu bisa memahami tabel pinjaman di atas! Oya, kamu juga harus tahu, nih! Pinjaman yang akan didapatkan juga nantinya boleh digunakan untuk apa saja sebagai bahan keperluan atau kebutuhan.

Namun, dengan catatan asalkan tidak melanggar aturan negara maka peminjaman bebas digunakan pub tidak jadi masalah. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lengkap bisa hubungi 14000 atau kunjungi saja bank terdekat.

Jadi, bagaimana? Sejauh ini sudah memutuskan untuk melakukan peminjaman? Ingat, selalu pahami dulu tabel tabungannya ya supaya kamu tidak salah paham dengan apa yang akan dan berapa angsurannya.

Itulah tadi Syarat Pinjaman, Simulasi, Tabel Pinjaman Bank Mandiri untuk PNS yang bisa kami sampaikan semoga membantu untuk bisa dijadikan referensi sebelum mengambil pijaman di Bank BRI khususnya untuk PNS.