Loading...

Apakah Apple Akan Menghilangkan Home Button Pada iPhone?

Tekno · 2 years ago
Apakah Apple Akan Menghilangkan Home Button Pada iPhone?

Apakah Apple Akan Menghilangkan Home Button Pada iPhone? – Home Button, adalah satu-satunya tombol fisik yang terletak di bagian bawah layar iPhone sejak iPhone generasi pertama hingga generasi saat ini. Sesuai namanya, fungsi Home Button adalah untuk mengakses Home Screen. Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi lainnya seperti mengakses tab multi-tasking, SIRI, dan perintah-perintah lainnya.

Secara fungsi memang tidak ada perubahan yang signifikan, tetapi jika kita amati Apple perlahan-lahan ingin mengurangi intensitas penggunaan Home Button pada iPhone. Bahkan mungkin di masa depan iPhone tidak akan menggunakan Home Button lagi.

Mengenal Penggunaan Home Button Pertama Kali


Dikutip dari laman Makemac.com, Home Button adalah sebuah revolusi yang dilakukan Apple pada perangkat iPhone ketika pada saat itu, tepatnya tahun 2007 belum ada ponsel lain atau PDA yang memiliki tombol Home layaknya Home Button pada iPhone.

Awalnya Home Button hanya berfungsi untuk kembali ke Home Screen saat sedang membuka aplikasi. Seiring berjalannya waktu, Home Button memiliki fungsi tambahan yakni Multi-tasking. Hingga pada 2014, Home Button sudah memiliki beragam fungsi seperti:

  • Home: sekali tekan
  • Multitasking: dua kali tekan
  • SIRI: sekali tekan dan tahan
  • Touch ID: tempelkan jari yang sudah didaftarkan
  • Reachability: dua kali tap (iPhone6, iPhone 6 Plus dan seterusnya)

Mulai Dikurangi Intensitasnya Sejak 2015


Kini, Perlahan-lahan Apple mulai mengurangi intensitas pemakaian Home Button pada iPhone. Contohnya saja memanggil SIRI kini bisa dilakukan dengan mengucapkan “Hey SIRI”, multi-tasking pada perangkat yang support 3D Touch hanya dengan menekan dan menahan bagian layar sebelah kiri, serta pada iOS 10 kini membangunkan layar tidak lagi menggunakan Home Button, melainkan melalui fitur Raise to Wake.

Makemac juga menambahkan bahwa contoh lain mengenai pengurangan intensitas penggunaan Home Button pada iPhone generasi terbaru adalah tidak lagi menggunakannya untuk Force Restart dan DFU Mode.

Alasannya karena saat ini Home Button tidak lagi dapat ditekan dan ditahan, melainkan sudah menggunakan Taptic Engine sebagaimana kita merasakan layar 3D Touch.

Loading...

Akankah Benar-Benar Dihilangkan?


Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Namun, Makemac memprediksi Apple bakal menghilangkan Home Button pada iPhone generasi terbaru di masa depan. Kemungkinan hanya menyisakan lingkaran Touch ID saja dan Home menyatu dengan layar smartphone.

Memang jika kita amati, Apple mulai melakukan evolusi terhadap perangkatnya. Contohnya saja Apple telah menghilangkan port audio jack 3.5 mm dan menggantinya ke lobang port USB. Banyak pro dan kontra sebenarnya mengenai evolusi yang dilakukan Apple tersebut.

Kalau memang nantinya Apple bakal benar-benar menghilangkan Home Button pada iPhone apakah kamu setuju? Bagaimana pendapat kamu? Bagikan di kolom komentar ya.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Zakiy Fauzi
Zakiy Fauzi
0
Followers