Browser - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

Tekno 1 week ago
Browser - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

Salah satu aplikasi yang sering kita gunakan untuk mengakses dunia maya adalah browser. Dengan adanya browser, kita bisa dengan mudah membuka halaman website, blog, mengakses akun jejaring sosial ataupun melakukan pencarian lewat mesin pencari (search engine). Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, fungsi, manfaat, cara kerja dan contoh browser berikut ini.

Pengertian Browser

Secara umum, browser diartikan sebagai aplikasi untuk melakukan pencarian atau mengakses informasi dari blog, website, jejaring sosial, dan lain sebagainya dengan memanfaatkan koneksi internet. Sedangkan pengertian browser menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Gustaf Pahala Frans

Browser adalah aplikasi untuk menjalankan internet, khususnya untuk melakukan browsing di dunia maya.

2. Menurut Lia Kuswayatno

Browser adalah software untuk membuka website tertentu dengan cara mengetik alamat situsnya pada kotak address yang tersedia.

3. Menurut Rachmad Hakim

Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk berselancar di internet (dunia maya).

4. Menurut Smitdev Community

Browser merupakan lawan kata dari server yang tugasnya adalah menampilkan halaman website yang diminta oleh pengunjung.

5. Menurut Ali Zaki

Browser merupakan program yang sering digunakan untuk mengakses website. Biasanya browser dijalankan menggunakan komputer dan jaringan internet.

Sejarah Browser

Browser tidak muncul begitu saja. Layaknya sebuah negara, browser memiliki sejarah dan perkembangan tersendiri. Browser pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee. Ia adalah ilmuwan komputer dari kota London, Inggris. Awalnya, browser tersebut diberi nama WorldWideWeb, kemudian namanya berganti menjadi Nexus.

Tahun 1992, sejumlah mahasiswa asal Finlandia memutuskan untuk membuat browser dengan nama Erwise. Browser ini lebih bagus dari browser Nexus karena memiliki graphic user interface. Satu tahun kemudian, Marc Andreessen merilis browser bernama Mosaic. Mosaic pun menjadi populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di dunia.

Sejak saat itulah, banyak browser mulai bermunculan. Mulai dari Netscape Navigator, Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Safari, Google Chrome, dan masih banyak lagi.

Fungsi Browser

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari browser:

1. Membuka halaman website

Fungsi browser yang paling sering digunakan orang adalah untuk membuka halaman website tertentu. Sebab dengan adanya browser, kita bisa dengan cepat dan mudah mengakses suatu alamat website.

2. Memastikan keamanan suatu website

Browser juga berfungsi untuk memastikan keamanan suatu website. Karena browser melakukan proses verifikasi untuk memastikan suatu website tidak berbahaya saat diakses oleh pengunjung. Hal ini akan membuat pengunjung terhindar dari resiko virus yang bisa membuat kerusakan pada perangkat komputer atau gadget.

3. Mendukung permintaan data

Fungsi lain dari browser yaitu mendukung permintaan data atau yang biasa disebut dengan istilah requesting supporting data item. Kita bisa mengakses dan menyimpan (mendownload) data yang ada di internet, seperti foto, audio, video, dokumen, dan lain sebagainya.

4. Mendukung penggunaan search engine

Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa menggunakan mesin pencari dengan bantuan browser. Kita bisa mencari data di internet dengan cepat dan mudah. Caranya adalah dengan memasukkan sejumlah kata kunci.

Loading...

Manfaat Browser

Adapun manfaat dari browser adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengakses beragam informasi, mulai dari informasi pendidikan hingga informasi non-pendidikan.
  • Untuk mengakses website, blog, jejaring sosial, dan sejenisnya.
  • Untuk mengakses, mengupload dan mendownload file yang ada di internet.
  • Untuk mengakses mesin pencari (search engine).

Baca Juga: Diskusi - Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya.

Cara Kerja Browser

Cara kerja browser sebenarnya sangatlah gampang. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi browser tertentu, mengetik alamat website yang diinginkan, lalu menekan tombol enter. Nantinya aplikasi browser akan mengambil dan menampilkan data berupa halaman website yang kita minta.

Contoh Browser

Ada banyak sekali contoh browser dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah beberapa contoh browser yang perlu kamu ketahui:

1. Google Chrome

Browser ini merupakan browser terpopuler. Sebab, hampir 60% pengguna internet di dunia ini menggunakan browser Google Chrome.

2. Mozilla Firefox

Browser ini juga banyak digunakan oleh pengguna internet. Kurang lebih ada sekitar 1/6 pengguna internet di dunia yang menggunakan Mozilla Firefox.

3. Safari

Kabarnya total pengguna Safari hampir mencapai 16%, menjadikannya sebagai browser terpopuler nomor 3 di dunia. Awalnya, aplikasi ini hanya dibuat untuk perangkat komputer. Barulah pada tahun 2007, Apple Inc membuat browser untuk perangkat mobilenya.

4. Opera

Opera juga banyak diminati oleh pengguna internet. Banyak yang memilih menggunakan opera karena loadingnya lebih cepat dan terdapat fitur untuk menghemat data.

5. Internet Explorer

Browser ini dulunya sangat populer di era 2002-2003. Tapi sekarang, sudah jarang orang yang menggunakan Internet Explorer.

6. Netscape Navigator

Kamu mungkin merasa asing dengan nama Netscape Navigator. Kendati demikian, browser ini merupakan browser yang populer di era 90-an.

7. Maxthon Browser

Browser ini mirip dengan Internet Explorer, hanya saja di dalamnya terdapat fitur yang memudahkanmu untuk berselancar di dunia maya. Tampilannya juga lebih indah dan user friendly. Kecepatannya juga tak diragukan. Browser ini memiliki sejumlah fitur unik yang tak dimiliki browser lainnya, seperti fitur Maxthon Dock.

8. ICab

Browser yang berlogo mobil ngebut ini memiliki sejumlah fitur unik yang membedakannya dengan browser Mac lain. Karena itulah, bsa dikatakan kalau browser ini merupakan pilihan tepat bagi pengguna Mac OS.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, fungsi, manfaat, cara kerja dan contoh browser yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai browser.

Tags: Browser

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com