Mitos Bluetooth Yang Wajib Kamu Abaikan

23-09-2016 (3 months ago)

Bluetooth bukanlah seseuatu yang asing lagi bukan bagi telinga anda? Namun apakah anda mendapatkan banyak mitos? berikut mitos yang perlu anda abaikan!

Bluetooth adalah hal yang sudah aja sejak jaman dulu kala, dari jaman hape masih berlayar kuning pun bluetooth sudah ada loh.. Dan ternyata hingga kini teknologi bluetooth tersebut masih di sematkan ke model smartphone terbaru.

Namun sayangnya kini bluetooth sudahlah tidak setenar dulu, bisa di bilang teknologi tersebut meredup, dan kalah saing dengan teknologi yang lain yang pastinya jauh lebih canggih. Hal mendasar yang mempengaruhi kekalahan bluetooth di banding aplikasi sharing lainnya adalah speed berbagi bluetooth yang bisa di bilang sangatlah lamban, hal ini pasti membuat user smartphone yang menuntut serba cepat akan merasa terganggu.

Walaupun Bluetooth telah ada sejak dulu, namun banyak juga yang percaya akan mitos bluetooth loh, hal ini terjadi karena anda sendiri yang kurang mau mendalami teknologi tersebut dan hanya cenderung memakai tanpa mengetahui dampak dampaknya. Artikel di bawah ini akan menjawab rasa penasaran anda tentang mitos bluetooth

1. Nyatanya Bluetooth Tidak Hanya Terjangkau Dalam 10 Meter!


Apakah anda sebagai pengguna ponsel sering mengamati lebih dalam? Ataukah hanya sekedar mengamati jarak terjauh sebuah koneksi bluetooth? Nyatanya, koneksi bluetooth ada levelnya loh, dan hal ini bergantung juga pada hardware pendukungnya.

  • Class 1: Jangkauan kurang lebih 100 meter
  • Class 2: Jangkauan kurang lebih 10 meter
  • Class 3: Jangkauan kurang dari 10 meter

Hei apakah anda baru menyadarinya? Jika anda sudah menyadarinya dari dahulu, maka selamat anda adalah pengamat teknologi yang bagus! Dan perlu di ketahui jarak diatas adalah jarak yang tidak termasuk halangan seperti dinding dan barang barang lain. Namun untuk perangkat ponsel hanya di berikan Class 2 dan 3 saja, dan class 1 hanya untuk perangkat yang bisa mempunyai sumber listrik tersendiri

2. Mode Sembunyi Aman Dari Hacker


Sepandai pandainya anda menyembunyikan bangkai, maka akan tercium juga baunya. Mungkin itu adalah pepatan yang tepat untuk pernyataan di atas. Segala teknologi tidak ada yang sempurna, mereka semua memiliki celah, dan walaupun anda menggunakan fitur bluetooth dalam mode menjadi 'tidak terdeteksi' maka hal tersebut tidaklah secara langsung bisa dikatakan bebas dari ancaman Hacker! BDA (Bluetooth Device Address) masih bisa mereka temukan dengan menggunakan tool tools tertentu loh!

3. Bluetooth Membuat Boros Baterai

Dengan teknologi bluetooth versi terbaru yaitu versi 4.0 keatas telah menerapkan Module Low Energy, hal ini tentu sudah berbeda dari versi bluetooth lama yang jika di aktifkan selalu mencari perangkat lain yang ada di dekatnya, namun dengan versi terbaru ini dan dilengkapi module tersebut nyatanya bluetooth hanya menghabiskan sekitar 0,01 watt saat tidak di gunakan.

4. Jaringan Wifi Mengganggu Bluetooth


Jaringan bluetooth telah di tetapkan berada pada frekuensi 2,4GHz, namun tahukan anda jika jaringan frekuensi yang di gunakan wifi sama dengan frekuensi yang digunakan oleh bluetooth? Yup hal ini benar adanya jika jaringan wifi mengganggu bluetooth, namun pada versi bluetooth 4.0 telah memperbarui jaringan frekuensinya. Sekarang mereka menggunakan 2 frekuensi yaitu pada 2,4GHz dan juga frekuensi Hopping, frekuensi hopping adalah frekuensi yang bebas akan Jaringan wifi. Jadi pernyataan gangguan tersebut sudah tidak di benarkan kembali

5. Bluetooth Mengganggu kesehatan


Faktanya jaringan bluetooth hanya mengeluarkan energi yang sangat kecil yaitu 100mW. Energi itu sangatlah kecil dan tidak akan mengganggu kesehatan anda. Yang perlu anda takuti adalah ponsel yang sudah ada jaringan 4G, mereka mengeluarkan daya energi yang sangat besar yaitu sekitar 1000 mW hingga 2000mW yang jelas hal ini dapat mengganggu kesehatan anda!

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel

Artikel Terkait

Loading...