Trik Jitu Memperpanjang Masa Pakai Flashdisk

20-11-2016 (2 weeks ago)

Kendati demikian fakta menunjukkan bahwa media penyimpan flashdisk sebetulnya lebih ringkih ketimbang media lain seperti harddisk umpamanya. Berikut ini langkah-langkah berupa tip jitu memperpanjang masa pakai flashdisk.

Media penyimpanan berbasis cloud dimana seseorang bisa menyimpan data secara online memang tak kekurangan peminat. Kendati pada awalnya diperkirakan bahwa penyimpanan data dengan cara ini akan mematikan penyimpanan data konvensional, perjalanan waktu nyatanya menunjukkan hasil berbeda.

Buktinya hingga hari ini ternyata penggunaan flashdisk masih belum bisa tergantikan karena berbagai kelebihannya. Ukurannya yang ringkas namun praktis dan bisa berkapasitas sangat besar hingga berukuran 1 TB (terabyte) menjadikan media penyimpanan yang satu ini sebagai media favorit bagi para penggunanya. Kendati demikian fakta menunjukkan bahwa media penyimpan flashdisk sebetulnya lebih ringkih ketimbang media lain seperti harddisk umpamanya. Berikut ini langkah-langkah berupa tip jitu memperpanjang masa pakai flashdisk. 

Langkah pertama: sehabis pemakaian copotlah flashdisk dengan cara yang benar.

copot flashdisk dengan benar

Karena alasan terburu-buru sering pengguna flashdisk mencopot begitu saja dari slot USB komputer. Padahal sebetulnya sistim aplikasi Windows – sebagai sistim operasi yangpaling populer – sudah memberikan sarana untuk mencopot dengan benar. Sarana itu adalah notifikasi ‘Safely Remove Hardware’ yang akan muncul jika kita menggerakkan kursor ke arah sebuah icon di sudut kanan bawah. Saat notifikasi itu muncul dan kita mengikuti saran tersebut dengan mengklik secara benar maka barulah kita bisa mencabut flashdisk dengan aman. Jangan sekali-kali kita mencabut ketika flashdisk yang digunakan tengah dalam posisi read (membaca) atau write (menulis).

Lalu bagaimana jika kita mendapat notifikasi error oleh komputer? Jika itu yang terjadi, berarti ada sebuah page atau halaman yang tengah terbuka. Mungkin itu sebuah page dari internet, atau juga bisa datang dari page yang terbuka lain seperti Ms. Word, Ms. Excel, Powerpoint, dan sebagainya. Jika itu terjadi, kita harus mematikan atau menutup aplikasi yang terbuka itu yang bisa jadi ternyata berkaitan dengan berkas di dalam flashdisk yang hendak kita copot.

Langkah kedua: hindari medan magnet.

hindari magnet terhadap flashdisk

Benda elektronik yang ada di sekitar kita sebetulnya cukup banyak. Mulai dari kipas angin, televisi, pengeras suara, audio speaker, home theatre, mesin cuci, oven, pendingin udara, ponsel, dan lain sebagainya.  Kendati tidak begitu besar, medan magnet yang terjadi tetaplah dapat berdampak kurang baik bagi sebuah flashdisk. Terpapar medan magnetik terus-menerus secara non stop akan menimbulkan efek pada komponen media penyimpan data ini. Flashdisk akan lebih rentan mengalami kerusakan dan akhirnya berumur lebih singkat daripada seharusnya. Memang sih ada yang anti magnet, tapi tak ada salahnya untuk Anda waspada.

Langkah ketiga: Jangan mengedit sebuah berkas file secara langsung dari flashdisk.

mengedit file ke flashdisk

Nah lho, apa ini? Langkah terakhir ini memang tidak populer. Tak banyak orang yang mengetahui padahal ini juga tip jitu memperpanjang masa pakai flashdisk Anda. Mengapa? Flashdisk sebetulnya dirancang untuk memiliki umur panjang yaitu antara sepuluh ribu sampai seratus ribu proses baca dan tulis. Dengan demikian, jika Anda ingin memperpanjang masa pakai, hindari mengedit sebuah berkas file secara langsung dari flashdisk. Sebaliknya, Anda harus mempertimbangkan untuk menyalin berkas ke komputer terlebih dahulu. Dan jika sudah selesai melakukannya, saat itulah Anda bisa menyalin ulang ke flashdisk.

Langkah terakhir: Biarkan fisik flashdisk tetap dalam keadaan tertutup.

Baca Juga: Inilah Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

tutup flashdisk untuk perlindungan

Ada beberapa buah flashdisk yang dirancang untuk memiliki penutup di ujungnya. Mengingat bahwa benturan, gesekan, atau kotoran dapat berpengaruh pada kondisi flashdisk seperti data tak terbaca, hilang, atau corrupt, Anda perlu berhati-hati untuk hal yang satu ini. Jelas ini sebuah saran sederhana dan seperti tak berarti. Namun jangan ceroboh. Simpanlah flashdisk di tempat yang aman untuk menghindari kasus-kasus seperti di atas. Bentuknya yang ringkas dan mungil seharusnya sudah cukup memudahkan Anda untuk menyimpan benda itu di tempat yang bisa dianggap aman.

Harga flashdisk memang tak seberapa. Tapi siapa yang bisa menilai makna berkas/file yang tersimpan di dalamnya? Hanya Anda. Dan Anda pula yang tahu betapa tak terhingganya nilai sebuah berkas yang tersimpan di dalamnya. Itu merupakan harta tak ternilai, bukan?

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel