10 Hal Sepele Yang Malah Membuat Laptop Anda Cepat Rusak

30-10-2016 (1 month ago)

Laptop adalah perangkat elektronik canggih yang perlu perawatan khusus dan tidak sembarangan. Jika anda sering memperlakukan anda secara tidak normal, maka bisa dipastikan usia dari laptop anda tidak akan panjang.

Laptop saat ini memang menjadi salah satu perangkat komputasi favorit banyak orang karena sangat ringkas dan bisa dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja. Namun masih banyak para pengguna laptop masih awam dalam merawat perangkat laptop mereka sehingga membuat usia laptop mereka tidak panjang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dianggap sepele para pengguna laptop namun justru menjadi sumber malapetaka kerusakan parah dari laptop anda.

  1. Charging dalam kondisi baterai kosong

Hal seperti ini sering terjadi oleh para pengguna laptop saat ini. Mereka terkadang lebih memilih mencharge laptop hingga kondisi baterai kosong atau 0%. Padahal hal seperti ini sangat berbahaya karena akan membuat usia baterai anda memendek dan efek buruknya adalah baterai menjadi cepat ngedrop alias cepat habis ketika digunakan. Usahakan mencharging ketika kondisi baterai masih diatas 10%-20%.

  1. Membongkar laptop sendiri

Membersihkan atau menservis laptop memang wajib dilakukan agar kondisi tetap prima. Namun jangan sekali-kali mencoba membongkar laptop anda sendiri jika anda merasa ragu karena tidak memiliki ilmu membongkar laptop. Karena yang ada malah laptop anda semakin rusak parah dan tidak bisa menyala lagi.

  1. Memegang layar laptop

Layar adalah komponen yang sangat sensitif terhadap getaran dan benturan. Saat ini bahkan banyak pengguna laptop malah mengangkat laptop mereka dari area layar, padahal kebiasaan atau hal seperti ini malah akan membuat rusak  LCD anda dan engsel dari laptop anda yang biaya perbaikan cukup mahal.

  1. Laptop ditutup dalam posisi hidup

Hal seperti ini juga sangat tidak disarankan dilakukan pada laptop milik anda. Kebiasaan seperti ini akan sangat berpengaruh pada area hardware anda. Hal ini karena saat itu kondisi laptop masih menyala namun harus dipaksa mati dengan cara tidak wajar.

  1. Menggunakan laptop tanpa baterai

Beberapa pengguna laptop saat ini malah memilih menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung menyambungkan ke listrik. Hal seperti ini sangat berbahaya untuk kesehatan hardware laptop anda karena daya listrik yang masuk tidak disaring melalui baterai.

(Baca Juga: JikoPower Spark, Alat Untuk Men-Charge Smartphone Dengan Api)

  1. Menggunakan laptop diatas benda empuk

Jangan terlalu sering melakukan hal ini, karena hanya akan membuat sirkulasi udara dari laptop anda terganggu hingga komponen di dalam laptop mengalami overheat atau panas berlebih yang bisa menyebabkan kerusakan parah pada hardware laptop anda.

  1. Memasang charger laptop

Ternyata cara memasang charger laptop yang benar adalah di stop kontak terlebih dahulu baru kemudian dipasang di laptop. Hal ini karena lonjakan daya saat pertama kali di pasang di stop kontak bisa membuat motherboard laptop anda bermasalah.

  1. Jarang membersihkan laptop

Hal-hal seperti ini memang sudah sangat sering disepelekan para pengguna laptop. Padahal kebiasaan seperti ini sangat membahayakan kondisi laptop anda . Segera bersihkan secara rutin pada bagian luar dan setiap 3 bulan sekali untuk bagian dalam laptop.

  1. Menyimpan benda berat diatas laptop

Kebiasaan seperti ini juga sering dilakukan oleh sejumlah orang, sebaiknya mulai saat ini hindari hal seperti ini karena akan bisa menghancurkan LCD dari laptop anda karena menahan beban berat dari benda tersebut.

  1. Menyimpan benda cair dekat dengan laptop

Beberapa orang terbiasa dengan hal seperti menaruh benda cair di dekat laptop. Hal seperti ini cukup beresiko besar karena jika saja cairan tersebut tumpah maka bisa dipastikan laptop anda akan mati total dan membutuhkan biaya perbaikan cukup besar.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel