Inilah Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Andorid

31-08-2016 (3 months ago)

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Andorid

Merasa rugi jika kuota internet tiba-tiba sudah limit dan harus ditambah? Mungkin Anda kurang menghemat kuota internet, padahal hal itu sangat penting untuk dilakukan jika ternyata Anda termasuk pengguna aktif internet melalui Android tapi kuota masih terus kebobolan.


Pertumbuhan aplikasi Android kian hari kian pesat, berbagai aplikasi dengan berbagai fungsi bermunculan untuk mempermudah kita sebagai penguna android, namun terkadang kita kurang bahkan tidak memperhatikan kebutuhan kuota internet yang diperlukan untuk mengakses berbagai aplikasi tersebut.

Dalam kenyataannya, aplikasi android ada yang menyedot kuota ada juga yang tidak, untuk itulah kita perlu menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Inilah cara mudah menghemat kuota internet di android

  1. Seting batas penggunaan kuota internet

Membatasi pengunaan kuota bukan berarti pelit namun mencoba untuk mengendalikan diri untuk tidak foya-foya kuota terhadap hal-hal yang tidak penting.

Cara seting batas penggunaan kuota

  • Masuk ke menu setting atau setelan
  • Piih layanan
  • Tap penggunaan data usage
  • Pilih pengaturan
  1. Instal aplikasi yang dapat runing secara offline

Yakinlah dalam memilih aplikasi yang akan diinstal dalam android harus memperhatikan konsumsi kuota internet, pilihlah aplikasi lain yang serupa tapi tidak boros kuota bahkan sebisa mungkin cari aplikasi yang tidak membutuhkan kuota.

  1. Cari wifi yang free tanpa harus memasukkan password wifi

“Malu dunk guest jika make wifi gratisan”... hadeuh zaman sekarang justru yang gratis itu yang banyak diburu, bukankah begitu.  Jika begitu kenapa harus malj, jika kebetulan Anda berada dan menginap di hotel ketika perjalanan pastikan hotel yang Anda pesan memberikan free wifi dalam room. Atau bisa juga ditempat umum biasanya juga sudah menyediakan fasilitas free wifi.

  1. Jangan sering-sering streaming di youtube atau aplikasi video lainnya

Youtube memang bagaikan magnet, jika mau nonton video pasti selalu youtube yang dijadikan referensi, tenang Anda gak dilarang untuk menonton video dari chanel yang Anda sukai, namun hendaknya untuk penghematan kuota internet sebaiknya interval menggunakan youtube dikurangi

  1. Kurangi waktu bermain game online

Game online yang dimaksud tentu saja game yang bisa berjalan di platform Andorid, biasanya jika game online kebutuhan kuota internet terbilang cukup besar sehingga sama halnya dengan menonton video hal ini sebaiknya di batasi atau dikurangi

  1. Kurangi penggunaan teathering

Suka sekali mengaktifkan teathering untuk menyambungkan wifi ke Notebook? Jika tidak penting sebaiknya tutup dan kurangi pengunaannya niscaya kuota internet Anda akan hemat.

  1. Gunakan browser internet yang sudah integrasi dengan adblock

Saat ini, hampir setiap aplikasi yang gratis digunakan sellau muncul iklan dari admob maupun iklan lain, gunakan browser yang sudah terintegrasi dengan adblock ads sehinga Anda tidak perlu melauncer iklan tersebut.

  1. Matikan Fitur Notifikasi Smatphone

Fitur notifikasi adalah layanan yang menginfirmasikan hal terbaru kepada Anda, misal notofikasi BBM bahwa ada massage baru, atau email baru. Hal tersebut ternyata juga membutuhkan kuota internet sehingga perlu di disabled.

Cara mematikan fitur notofikasi di smartphone

masuk ke Pengaturan >Aplikasi > Tap Notification > aplikasi atau game yang ingin kamu nonaktifkan > dan hilangkan centang pada tampilkan notifikasi.

 

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel