close
Kirobo, Robot mungil dengan kemampuan komunikasi super cerdas
Kirobo kali ini telah menjadi salah satu produk robot terbaru yang resmi diperkenalkan sebagai robot yang memiliki kecerdasan tingkat tinggi dalam urusan mengobrol dengan manusia..

Perkembangan dunia robot saat ini memang sangat pesat dan terus menawarkan berbagai hal terbaru dan kecanggihan yang seperti tidak ada batasnya. Teknologi saat ini memang sudah menjadi kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan. Jika dimanfaatkan dengan tepat dan positif memang teknologi akan memudahkan sejumlah hal untuk manusia saat ini dan mempersingkat untuk hal-hal yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Robot terkadang saat ini memang hadir untuk mempermudah berbagai hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Baru-baru ini sebuah perusahaan mobil ternama asal negara Jepang bernama Toyota resmi memperkenalkan sebuah produk robot terbaru mereka yang bernama Kirobo. Robot ini adalah hasil pengembangan dengan sejumlah ilmuan ahli elektronika di dalamnya. Robot ini sendiri diciptakan untuk menemani manusia dalam hal berkomunikasi atau berbicara.

Tampilan dari robot Kirobo ini juga sangat lucu dengan ukurannya yang tergolong mungil. Desain dari robot Kirobo ini juga sangat futuristik sehingga tampak lebih menarik untuk dipandang. Tinggi dari robot Kirobo ini memang hanya 10 cm saja sehingga terlihat seperti mainan robot-robotan yang biasa di mainkan oleh anak-anak balita. Namun jangan salah, robot ini bukan mainan robot biasa karena di dalamnya menggunakan berbagai teknologi super canggih dan super cerdas.

Robot Kirobo ini menggunakan sistem dari AI (Artificial Inteligence) dimana mampu menanggapi berbagai percakapan yang masuk ke dalam sensor penangkap suara di dalam robot Kirobo ini. Dengan begini maka robot Kirobo ini mampu menanggapi berbagai percakapan yang anda lontarkan kepada robot ini dan bisa dipastikan obrolan akan nyambung atau tidak keluar dari konteks pembahasan dalam obrolan tersebut.

Lebih kompleksnya sendiri adalah suara yang masuk di dalam robot Kirobo ini nantinya akan langsung dikirim ke aplikasi yang ada pada smartphone anda. Setelah itu audio percakapan akan diunggah langsung ke sistem server berbasis cloud milik Toyota. Dari server berbasis cloud inilah robot Kirobo ini bisa menentukan respon jawaban dari setiap percakapan yang dimulai. Toyota sendiri ternyata juga memiliki alasan kenapa mereka memproduksi robot Kirobo ini.

Hal ini karena di negara Jepang masih banyak orang yang merasa sangat kesepian karena tidak memiliki pasangan atau tidak memiliki keturunan dari hasil pernikahan mereka. Toyota sendiri juga menargetkan jika penjualan dari robot Kirobo ini akan ditujukan kepada anak-anak sebagai teman mengobrol ketika sedang berada di rumah. Menurut Fuminori Kataoka yang menjabat sebagai kepala desain engineer Toyota di proyek Kirobo ini jika robot ini nantinya mampu membangun hubungan emosional dengan pemilik robot tersebut.

Robot Kirobo ini juga mampu menampilkan sejumlah gerakan unik dan lucu dimana mampu membuat mood pemilik berubah ketika dalam kondisi mood buruk sekalipun. Toyota sendiri harus berinvestasi hingga $ 1 miliar untuk membuat proyek robot cerdas ini. Penelitian dan pengembangan dari robot Kirobo ini sendiri dilakukan di negara Amerika Serikat tepatnya di lab AI R & D yang berlokasi di Silicon Valley. Pre-order dari robot Kirobo ini baru dibuka pada tahun depan 2017 dengan banderol harga kisaran ¥ 39.800 atau $392. Sementara untuk biaya bulanan server berbasi cloudnya sendiri harus membayar ¥ 300 atau $3 tiap bulan.

Artikel ini di tulis oleh Zac kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait