Loading...

Apakah Xiomi Kamu Menggunakan Rom Abal-Abal? Mari Lihat Perbedaannya!

Tekno · 2 years ago
Apakah Xiomi Kamu Menggunakan Rom Abal-Abal? Mari Lihat Perbedaannya!

Xiomi adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam berbagai bidang elektronik seperti gadget. Dalam bidang smartphone selalu menawarkan berbagai fitur-fitur yang menawan dan canggih bagi konsumennya. Sehingga membuat tak menampik bahwa smartphone keluaran xiomi menjadi salah satu smartphone yang banayak diminati oleh konsumen.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki xiomi maka konsumen tertarik untuk memilikinya, namun perlu di ketahui tidak semua smartphone xiomi yang di rilis secara resmi di negara kita indonesia ini. Sedangkan dengan fitur-fitur yang menawan yang di miliki xiomi tersebut, menjadi suatu celah yang bisa di manfaatkan oleh para distributor ponsel untuk memasarkannya di indonesia, karena mungkin akan diburu oleh konsumen indonesia, yang sedangkan smartphone yang di maksud belum secara resmi di rilis di indonesia. Apalagi orang indonesia yang terkenal dengan sifat komsumtifnya.



Dengan banyaknya peminat smartphone xiomi di indonesia, maka para distributor mencari celah bagaimana smartphone tersebut dapat digunakan di indonesia, salah satu cara yang dilakukan distributor tersebut adalah dengan mengganti ROM bawaan xiomi dengan ROM buatan mereka atau biasa di sebut ROM abal-abal (ROM distributor).



Nah apabila kita menggunakan smartphone xiomi dengan ROM distributor tersebut, apakah yang akan terjadi dengan ponsel kita?, apakah posel kita tidak asli?
Berikut ulasannya.

Apa itu ROM abal-abal atau ROM distributor?

Istilah ROM abal-abal muncul ketika keluarnnya peraturan pemerintah tentang kewajiban ponsel vendor luar apabilan ingin berjualan smartphone 4G, maka harus memenuhi kandungan lokal sebesar 30%. Sejak peraturan itulah baru muncul istilah ROM abal-abal , karena smartphone xiomi yang masuk ke indonesia tersebut tidak lagi melalui distributor resmi, sehingga salah satu cara yang dilakukan distrubutor tersebut ialah dengan mengganti ROM baawaan xiomi (ROM China Stable) dengan rom oprekan mereka.

Apa permasalahan pada smartphone kita jika menggunakan rom distributor?

Sebenarnya selagi smartphone kita baik-baik saja, sebenarnya tidak ada masalah. Namun ada beberapa fitur yang terkadang tidak dapat bekerja sesuai dengan semstinya, terkadang akan ada iklan keluar di layar utamanya, dan boros baterai, dan lain sebagainya.

Apa perbedaan rom abal-abal dengan rom lainnya?

Berikut perbedaan beserta ciri-ciri ROM abal-abal dengan ROM lainnya:

Rom abal-abal


  • biasanya rom distributor terdiri dari 5 angka atau lebih, contohnya v7.1.1.0.0 atau v7.1.1.9.9.9.9.1.1.1 atau bahkan ia menggunakan versi rom dengan tingginya seperti v7.9.2.0.0, perlu di ketahui untuk rom asli versinya baru sampai v7.5.2.0.
  • sering muncul iklan secara tiba-tiba
  • tidak akan pernah dapat notifikasi update rom
  • baterai akan boros yang disebabkan manajemen ROM tersebut yang buruk
  • terkadang aplikasi buka tutup sediri
  • terkadang sebagian perintah yang terdapat pada ROM abal-abal ada yang berbahasa china
Rom Official China Stable

ROM ini adalah Rom asli bawaan xiomi yang hanya terdiri dari bahasa china dan tidak ada bahasa indonesianya, ciri-cirinya sebagai berikut

  • rom official china terdiri dari 4 anggka, contohnya v7.2.2.0 atau v7.5.2.0
  • akan ada update rom dari xiomi
  • tidak ada pilihan bahasa indonesia
  • tidak ada aplikasi playstore dan aplikasi google lainnya
(Baca Juga: Lock Screen Terbaik Untuk Android Pada Tahun 2016)

ROM Official Global Stable



ROM ini adalah ROM yang di buat perusahaan xiomi untuk penggunanya yang di luar china. ROM ini hampir sama dengan rom china stabil Cuma ini di buat dalam versi sesuai negara pemakainya. Ciri-cirinya sebagai berikut:
  • versi ROM tetap terdiri dari 4 angka contoh v7.5.2.0
  • sudah ada playstore dan aplikasi google lainnya
  • sudah ada pilihan bahasa indonesianya
  • akan mendapatkan info update rom tentunya
itulah berbedaan dari beberpa ROM yang ada pada Xiomi saat ini, dan perlu di ingat kita teman-teman menggunakan ROM abal-abal bukan berarti smartphone teman-teman tidak asli, untuk keaslian smartphone xiomi dapat men cek kode imei melalui aplikasi MI verivication atau mencocokan ime yang ada pada kotak saat membeli xiomi dengan kode yang muncul di saat menekan tombol dial *#06#.

Dan jika Smartphone teman-teman menggunakan ROM abal-abal atau ROM distributor maka solusi yang bisa di lakukan agar dapat menggunakan ROM Global Stable ialah dengan cara menflashing Smartphone teman-teman dengan dengan ROM global stable, yaitu dengan cara mendowload dan men flashingnya secara manual, karena ROM distributor tidak akan bisa mendapatkan pembaruan dari ponsel. Untuk cara flashing dapat teman-teman browsing di google, sudah banyak yang membagikannya. Dan untuk versi MIUI xiomi, sekarang xiomi telah memasuki MIUI8

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Bukhari Muslim
Bukhari Muslim
0
Followers