Ini Waktu Terbaik Kamu Untuk Charge Smartphone - Vebma.com
Ini Waktu Terbaik Kamu Untuk Charge Smartphone
Segala sesuatu ada caranya loh, jika gegabah dalam suatu hal maka kamu sendiri yang akan dirugikan termasuk dalam cara men-charge smartphone di waktu tepat.

Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia, salah satunya yakni masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali kemudahan yang akan didapatkan oleh masyarakat dengan menggunakan smartphone ini, salah satunya adalh dengan menggunakannya untuk komunikasi maupun memberikan infromasi melalui beragam sosial media yang ada.

Kamu tentunya sudah tahu bahwa smartphone merupakan alat komunikasi yang dapat menyimpan beragam aplikasi, mulai dari aplikasi pengirim pesan, aplikasi game, dan aplikasi mobile lainnya. Semakin besar penyimpanan perangkat yang dimiliki smartphone kamu, maka semakin banyak pula aplikasi yang dapat disimpan.

Hanya ada satu masalah yang sampai saat ini masih belum dapat terpecahkan dengan baik, yakni smartphone memiliki baterai yang boros. Semakin banyak aplikasi yang kamu jalankan, maka akan semakin cepat baterai smartphone akan habis. Oleh karenanya, melakukan perawatan yang tepat untuk baterai smartphone adalah hal yang penting agar setidaknya performa baterai dapat bertahan lebih lam dan lebih sehat, salah satunya yakni dengan memperhatikan cara men-charge baterai smartphone itu sendiri dengan tepat.

Untuk melakukan pengisian daya smartphone bukan hanya soal memasukan kabel charge ke port USB, kamu juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengisian daya.

Kelupaan tengah mengisi daya smartphone semalaman boleh saja jika hal ini dilakukan sesekali, namun jika kamu terlalu sering men-charge smartphone kamu semalaman, terutama jika smartphone dibiarkan dalam keadaan hidup, sebaiknya hentikan kebiasaan hal ini. Sebab sama halnya seprti manusia smartphone juga bisa merasakan kenyang daya, ketika kekenyangan daya maka performa yang dihasilkan akan menurun. 

Menurut Mark Carlson, seorang engineer senior dari Motorola mengatakan bahwa sebaiknya pengguna melakukan pengisian daya ketika baterai smartphone menuju kosong. Namun jangan menunggu baterai sampai benar-benar kosong, karena hal ini ama dengan memberi makan kepada manusia yang telah mati. Jangan juga mengisi daya smartphone saat masih setengah penuh, karena hal ini sam halnya dengan memberi makanan kepada manusia yang masih kenyang.

Menurut Carlson, baterai yang berada dalam kondisi 10% pengisian akan dapat menyerap lebih cepat daya yang diberikan dibandingkan ketika kondisi baterai dalam angka 50%. Carlson sendiri menjelaskan bahwa melakukan charge berlebihan alias overcharging akan sangat berpengaruh pada usia baterai, kebiasaan yang satu ini akan membuat usia baterai menjadi lebih pendek.

Baca Juga: Smartphone Android Kamu Hilang? Tidak Usah Khawatir, Ini dia Cara Menemukan nya

Kemudian sebaiknya kamu juga tidak terlalu sering melakukan charging, sebaiknya charging dilakukan sesuai dengan kebutuhan saja karena baterai smartphone memiliki batasan atau yang disebut dengan charge limit. Jika proses charge telah terlampaui batasan tersebut, maka performa baterai akan menurun.

Sebaiknya jika kamu ingin melakukan charge ponsel, lakukan kegiatan ini ketika baterai berada dalam kondisi 10% dan biarkan sampai terisi penuh sampai 100%. Siklus yang satu ini akan terhitung sebagai satu siklus. Jika charge dilakukan dalam keadaan baterai 50% kemudian dicabut pada keadaan 100%, maka siklus ini juga akan terhitung satu kali padahal kegiatan pengisian hanya terisi sebanyak 50% dan ini merupakan mekanisme yang kurang efisien.

Artikel ini ditulis oleh Robi'atul Hasanah kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...