Loading...

Globalisasi Teknologi Kereta Api

Tekno · 3 weeks ago
Globalisasi Teknologi Kereta Api


Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi yang terjadi pada teknologi kereta api industri jasa angkutan dari segi pelanggan, khususnya di bidang teknologi perkeretaapian dapat diikuti dari dua sisi pada negara maju. Di Eropa, TGV saat ini mampu mengoperasikan dan menghubungkan daratan eropa dengan Britania Raya. Di sini untuk mendapatkan daya tarik lebih mengandalkan pada apa yang disebut 'Concentrated Traction System' (CTS) dengan alasan :

  • Peralatan elektrik untuk tiap KA relatif sedikit yang menghasilkan penekanan pada biaya manufaktur dan pemeliharaan yang rendah
  • Penekanan pada suara dan vibrasi di kereta penumpang disebabkan secara fisik mampu diisolasikan kereta dari sumber tenaga.

Hal tersebut dikarenakan oleh sebab-sebab berikut :

Loading...
  1. Perkembangan Teknologi dan Informasi
  2. Banyaknya kerjasama Internasional
  3. Kemudahan transportasi
  4. Ekonomi terbuka

Apalagi jika nantinya monorel dan MRT sudah mampu diselesaikan, integrasi berbagai moda tersebut akan menjelma sebagai sarana transportasi massal yang luar biasa. Ternyata perkembangan yang terjadi di perkeretaapian kita ini juga bersamaan dengan perbaikan di sisi keuangannya.

2012 lalu, PT Kereta Api Indonesia berhasil meningkatkan pendapatannya dari kereta penumpang maupun barang sehingga akhirnya membuat laba mereka meningkat hampir dua kali lipat mendekati Rp400 miliar. Jika di negara lain jasa kereta api sering harus berjalan dengan kerugian, ternyata di Indonesia PT Kereta Api Indonesia justru mampu meningkatkan keuntungannya di tengah minimnya subsidi dari pemerintah.


Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Atika Sari Yk
Atika Sari Yk
0
Followers