close
Manfaat bakteri bagi kehidupan kita
Macam-macam bakteri menguntungkan di sekitar kita.

Bagi sebagian masyarakat awam bakteri di konotasikan sebagai sesuatu yang merugikan dan menimbulkan penyakit. Tentu pendapat itu tidak ada salahnya, karena memang bakteri ada yang merugikan bagi manusia. Salah satu contoh adalah bakteri e-colli yang menyebabkan penyakit diare.

Bakteri merupakan mahluk hidup bersel tunggal dan memiliki berbagai macam varian. Jika ada bakteri negatif tentunya ada pula bakteri positif. Sifat bakteri positif ini yang sangat menguntungkan bagi kehidupan kita. Bakteri bisa kita olah sehingga memiliki kegunaan atau manfaat bagi manusia. 

Berikut sedikit contoh jenis bakteri dan manfaat nya:

  • Bakteri acetobacter sp, berperan dalam pembuatan asam cuka.
  • Bakteri lactobacillus bulgaricus, berperan dalam pembuatan yoghurt.
  • Bakteri streptococcus cremoris, berperan dalam pembuatan keju.
  • Bakteri rhizobium, berperan sebagai fiksasi nitrogen di akar kacang²an.
  • Bakteri enterobacter sp, berperan dalam menghambat pertumbuhan fungi/bercak daun.

Dan tentunya masih banyak jenis bakteri yang menguntungkan bagi kita. Jika kita cermati penggunaan bakteri dalam dunia pertanian saat ini sudah bukan lagi hal yang aneh. Apalagi masyarakat sudah sadar akan arti pentingnya peran bakteri bagi pertanian sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair. Salah satu alasan petani sekarang berpindah haluan dari penggunaan pupuk kimia ke pupuk organik adalah makin langkanya dan makin mahalnya pupuk kimia. Dan saat ini sedang di galakkannya pertanian organik oleh pemerintah sehingga mau tidak mau petani belajar memanfaatkan bakteri.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Ahmad Aldy Irawans kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait