Loading...

Tidak Seperti Pinokio, Ternyata Hidung Manusia Menyusut Ketika Berbohong

Tekno · 3 weeks ago
Tidak Seperti Pinokio, Ternyata Hidung Manusia Menyusut Ketika Berbohong

Pinokio adalah tokoh dongeng anak-anak dimana hidungnya akan menjadi panjang setiap kali berbohong. Meski hanya dongeng namun para ilmuwan di Spanyol dari University of Granada baru-baru ini menyelidiki apa yang disebut dengan 'efek Pinocchio' dan menemukan kesimpulan bahwa hidung manusia menyusut meski hanya sedikit ketika berbohong.

Dr Emilio Gómez Milán beserta timnya mengembangkan tes pendekteksi kebohongan yang menggunakan alat termografi untuk mengetahui efek pada tubuh ketika seseorang berbohong.

Eksperimen tersebut menemukan fakta bahwa setiap kali peserta tes tidak jujur, suhu ujung hidung mereka turun hingga 1,2 derajat Celcius, sementara suhu pada bagian dahi mereka meningkat hingga 1,5C.

Ilmuwan juga menemukan bahwa penurunan suhu pada bagian hidung sebenarnya juga menyebabkan hidung sedikit menyusut, meskipun perbedaannya tidak terdeteksi oleh mata manusia.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti meminta 60 subyek untuk melakukan berbagai tugas sambil dipindai oleh teknologi pencitraan termal.

Loading...

Salah satu tugas ini melibatkan komunikasi via telpon selama 3 hingga 4 menit ke orang tua serta teman mereka dan menceritakan sebuah kebohongan. Peserta tes harus merancang kebohongan sendiri selama panggilan, dan kamera termal mengamati 'efek Pinokio terbalik' yang disebabkan oleh perubahan suhu di dahi dan hidung.

Dari percobaan itu didapati bahwa hidung manusia menyusut meski sedikit ketika berbohong. Tujuan dari percobaan ini adalah membuat pendeteksi kebongan yang lebih akurat dari yang ada sekarang ini. Dan percobaan ini memberikan informasi tambahan bagi peneliti untuk membuat pendeteksi kebohongan yang lebih akurat.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Gilar Setiadin Nugroho
Gilar Setiadin Nugroho