Tips Memilih Template Website yang Bagus

Website menjadi salah satu wadah untuk mempromosikan sebuah perusahaan dan produk yang sangat efektif untuk menjangkau pelanggan. Ada banyak informasi yang bisa diberikan untuk pelanggan agar mengetahui keterangan soal perusahaan dan produk yang hendak mereka beli.

1. Bukan Gratisan

Sebenarnya kami dari Vebma.com bukan anti dengan template yang gratisan. Tetapi untuk Anda yang punya bisnis secara serius, harus mempunyai modal yang mumpuni terutama dari pembuatan website.

Ingat bahwa website merupakan pionir utama yang akan menjadi wadah dari pelanggan membaca sejumlah informasi penting terkait perusahaan dan produk.

Kalau penggunaan template gratisan, takutnya akan mengurangi kredibilitas dari perusahaan yang Anda sedang jalankan. Minimal, kalau Anda membayar sebuah template untuk digunakan, maka kecil kemungkinan untuk ada website lain yang menggunakan template serupa dengan website Anda.

Walaupun mungkin ada, kemungkinan besar perusahaan yang menggunakan template website sama dengan milik Anda, bukan perusahaan biasa.

Selain itu juga yang utama adalah fitur-fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh template berbayar pastinya akan lebih baik daripada template gratisan.

2. Fokus kepada Mobile Friendly

Meski untuk pengguna komputer juga banyak, tetapi mayoritas pengguna internet saat ini lebih banyk menggunakan gadget handphone miliknya untuk mengakses atau berseluncur di jejaring internet.

Mengenai persentasenya, bisa dikatakan kalau dari statistik yang biasanya didapatkan oleh website umum adalah hingga 95% pengunjung berasal dari handphone.

Maka dari itu sebaiknya Anda memfokuskan website untuk template yang mempunyai fitur mobile friendly. Walau templatenya sangat bagus dan keren, kalau tidak mobile friendly maka akan percuma saja.

3. Loading Speed

Template yang baik adalah mempunyai waktu loading yang cepat. Website dengan template yang bagus biasanya hanya membutuhkan waktu 1-3 detik saja untuk membuka tampilan.

Anda jangan pernah menganggap remeh untuk loading speed template karena sangat berpengaruh kepada banyak hal. Bukan hanya soal teknis mengenai performa dari website saja, kenyamanan dari pengunjung juga menjadi taruhannya di sini.

4. SEO Friendly

Membutuhkan keahlian khusus untuk mengetahui apakah sebuah template website SEO Friendly atau tidak. Jika Anda tidak bisa, maka harus meminta bantuan orang lain yang memahaminya.

SEO memang sederhana, tapi kalau dipelajari lebih dalam, bukan sesuatu yang bisa dipelajari dengan mudah. Maka dari itu, baiknya minta bantuan ahli adalah jawaban paling baik.

5. Navigasi yang mudah dilihat

Sebelumnya Vebma.com sudah membahas tentang ciri website yang bagus dan salah satunya adalah tentang navigasi. Biasanya untuk navigasi, yang utama terletak pada bagian atas, sedangkan yang tidak terlalu penting, diletakkan pada bagian bawah.

Jangan terbalik atau meletakkan navigasi yang sulit untuk ditemukan oleh pengunjung. Misalnya seperti kategori, kontak, cara order, dan lain sebagainya.

6. Tampilan Bagus tapi tidak rumit

Terkadang tampilan juga sangat penting untuk template website agar bisa menambah rasa ketertarikan dari pengunjung. Tapi perlu juga diketahui bahwa untuk tampilan tidak boleh terlalu ramai dan membingungkan mata pengunjung.

Jangan sampai pengunjung merasa 'sakit mata' saat berselancar di website milik Anda. Selain itu juga akan menimbulkan kesan yang norak.

Itulah tadi beberapa tips untuk memilih template website yang baik agar bisa membantu peningkatan penjualan usaha Anda.