Tips Membuat Website untuk Company Profile

Kalau berbicara soal website 'Company Profile', hal yang utama adalah terkait penampilan atau visual dari situs yang harus bagus, menarik, dan keren.

Sudah ada banyak fakta yang menegaskan bahwa lebih dari 75 persen pengunjung akan menilai kredibilitas sebuah perusahaan hanya dari tampilan websitenya saja.

Ketika membuka situs website sebuah perusahaan, lalu melihat tampilan websitenya bagus, pasti akan langsung menilai bahwa itu perusahaan yang bonafit. Begitu sebaliknya, kalau tampilan dari websitenya tidak baik, maka pengunjung akan menganggap bahwa perusahaan tersebut abal-abal.

Bahkan, ada sekitar 38 persen pengunjung yang mengatakan bahwa mereka langsung menutup website yang sedang dibuka kalau penampilannya tidak menarik. Bukan hanya kehilangan calon pembeli saja, tetapi bahkan untuk berkunjung mereka pun tidak berkenan.

Sesimpel itu penilaian orang jaman sekarang!

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dengan baik mengenai template website seperti apa yang hendak dipilih sebagai tampilan utama website.

COMPANY PROFILE SITE

Untuk membuat sebuah website company profile memang tidak banyak perbedaan dengan website-website pada umumnya. Mungkin juga bisa dikatakan lebih mudah karena untuk laman-laman yang ada di dalamnya lebih banyak yang bersifat statis.

Misalnya seperti laman profil perusahaan, biografi pemilik dan staf, sejarah berdirinya perusahaan dan sejenisnya. Isi dari laman tersebut tidak akan banyak perubahan dalam jangka waktu yang lama.

Mengenai template ada banyak pilihan untuk membuat sebuah website untuk perusahaan. Tetapi, Anda juga harus memperhatikan sejumlah faktor untuk mendapatkan website terbaik untuk usaha Anda.

Halaman statis yang sudah dipersiapkan harus memiliki informasi yang lengkap serta tepat pada keunggulan perusahaan Anda. Hal ini supaya konversi yang diharapkan bisa tercapai, yaitu pembelian.

1. Story Telling

Lho? Bukankah ini sebuah website perusahaan yang tentu saja tidak perlu sebuah story telling? Anda salah besar!

Sebuah website company profile yang baik biasanya akan memperlihatkan sejumlah story telling mulai dari posisi bagian atas ke bawah dan luar ke dalam.

Misalnya adalah tentang apa yang hendak dibaca pertama kali oleh pengunjung, ini sudah ditentukan oleh Anda. Apa yang kemudian dibaca selanjutnya oleh pengunjung, juga ditentukan oleh Anda.

Jadi untuk pengalaman berselancar di website perusahaan Anda bisa didapatkan sesuai dengan rencana yang telah Anda buat.

2. Deskripsi Perusahaan

Hal yang selanjutnya harus diperhatikan adalah soal deskripsi perusahaan dan produk yang hendak Anda tawarkan. Informasi harus dipertimbangkan secara matang, bahkan kalau perlu Anda juga melibatkan sejumlah orang yang memahami seputar dunia marketing.

Walaupun untuk informasi di dalamnya banyak berupa keterangan perusahaan, tapi juga harus membuat sebuah kalimat atau gambar yang mempromosikan perusahaan secara baik.

Kesan yang didapatkan oleh pengunjung harus positif dan diharapkan bisa menilai bahwa perusahaan Anda punya kredibilitas dan layak untuk dipercaya.

3. Slider Image

Tidak tahu secara pasti, namun banyak perusahaan yang bonafit menggunakan slider image sebagai tampilan yang paling menonjol di halaman depan website.

Biasanya tentu saja untuk gambar yang ditampilkan juga bukan sembarangan. Foto atau gambar yang memang mencerminkan betapa bagusnya perusahaan tersebut.

Gambaran pertama saat pengunjung datang ke website pun tidak akan lepas dari ketertarikan untuk menggeser dan melihat gambar-gambar yang ada di sana.

4. Call To Action

Sebuah tombol yang memberikan ujung bahwa apa yang harus pengunjung lakukan setelah membuka website adalah melakukan pembelian. Oleh karena itu, tombol 'call to action' ini menjadi sangat penting.

Anda tidak harus meletakkannya di bagian akhir atau tempat tersembunyi. Anda bisa meletakkannya tepat pada bagian depan. Biarkan pengunjung melihat dan mengabaikannya terlebih dahulu, nanti setelah berkeliling. Jika memang berminat, Ia pasti akan melakukan klik pada tombol tersebut.

5. Elegan Look

Untuk yang satu ini bisa dibilang wajib banget sih! Kesan elegan dan menarik akan membuat kredibilitas perusahaan Anda secara otomatis terdongkrak.

Begitu sebaliknya, saat pengunjung sudah menaikkan alis atau merasa bahwa tampilan website Anda terlihat bagus tapi mungkin terkesan norak, mencolok berlebihan, membingungkan, pasti pengunjung akan memberi kesan yang tidak begitu baik.

6. Kelengkapan Informasi

Yang namanya website company profile, tentu saja harus memberikan informasi yang lengkap mengenai informasi perusahaan. Mulai dari sejarah berdirinya perusahaan, alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi, owner dan team (staf), portofolio, produk atau jasa yang ditawarkan, keahlian dan sertifikasi yang mungkin saja dimiliki oleh perusahaan atau staf.

Itulah tadi tentang bagaimana tips membuat website untuk company profile yang proper untuk usaha Anda. Semoga sukses!