Tips Membuat Website Lebih Menarik agar Pengunjung Nyaman

Website adalah sebuah media yang bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Secara umum, website merupakan sebuah kumpulan halaman informasi yang disediakan dan dapat diakses lewat jalur internet sehingga dapat diakses oleh siapapun dan di manapun.

Yang terpenting orang yang ingin mengakses website Anda harus memiliki gadget dan jaringan internet. Oleh karena manfaatnya sangat besar, maka Anda juga tidak bisa semata-mata menyepelekannya.

Website wujud dari komponen yang terdiri dari teks, gambar, video dan link yang kalau disatukan menjadi media paling sempurna untuk memberikan informasi perusahaan atau produk agar bisa dibaca oleh orang lain.

Andaipun Anda menggunakan sosial media sebagai media promosi utama, tapi pada waktu pengunjung hendak melakukan pembelian, biasanya untuk muara akhir adalah tetap berkunjung ke website.

TIPS MEMBUAT WEBSITE LEBIH MENARIK

Tadi sudah disebutkan kalau website punya manfaat yang sangat besar, maka dari itu Anda harus mempersiapkan untuk pembuatan website yang menarik.

Lalu, bagaimana sih supaya bisa membuat website yang menarik agar pengunjung menjadi betah saat berkunjung ke situs Anda? Jawaban sederhananya adalah membuat website yang nyaman untuk dibaca, responsif, dan memberi pengalaman terbaik untuk pengunjung.

Tapi bagaimana caranya? Yuk simak artikelnya yang sudah Vebma.com siapkan di bawah ini!

1. Desain Responsif

Salah satu pendekatan yang juga menjadi paling dibutuhkan adalah sebuah desain yang responsif agar bisa dilihat dengan baik dan nyaman.

Desain yang responsif akan memberikan kemungkinan website untuk bisa terlihat dan berfungsi secara baik terutama pada perangkat mobile atau handphone walaupun Anda juga tidak bisa mengabaikan kemampuan website di perangkat lain seperti komputer, laptop atau tab.

Biasanya sih untuk desain yang responsif ini didasarkan pada dua kategori, yaitu versi mobile dan desktop. Saat ini ada banyak kok untuk fitur-fitur secara online yang bisa menilai apakah template Anda sudah termasuk baik secara responsif atau tidak.

Anda hanya perlu memasukkan urlnya ke dalam 'Mobile Friendly'. Nantinya Anda akan mendapatkan nilai atau skor soal template yang digunakan. Silakan buka link berikut ini: https://search.google.com/test/mobile-friendly.

2. Pemilihan Font

Kalau berhubungan dengan font, tentu saja kita akan mengaitkannya dengan bagaimana font bisa dibaca dengan mudah. Walaupun gaya yang terlihat bagus bisa lebih menarik, tapi kalau digunakan di artikel utama, pasti akan menyulitkan untuk dibaca.

Hanya sebatas rekomendasi dari Vebma.com saja kalau untuk tulisan seperti San Serif Font, Arial, Calibri, dan beberapa font mainstream lainnya jauh lebih banyak digunakan oleh website developer.

Tentu saja alasannya bukan soal keunikkan dan bagusnya tampilan font, tetapi kenyamanan pengunjung untuk membaca di dalam website.

Ketika Anda menggunakan font juga disarankan tidak terlalu banyak menggunakan jenis yang berbeda. Mungkin hanya membutuhkan sekitar 2 jenis font yang berbeda, yaitu untuk bagian kategori dan dalam artikel saja.

Kalau soal keterangan lain di dalam artikel, baiknya hanya menggunakan perbedaan size atau format saja, misalnya ketika menuliskan nama penulis, dilakukan format 'bold'.

Kalau yang berhubungan dengan lainnya, misal seperti link, Anda bisa menggunakan format garis bawah atau permainan warna agar lebih dinamis secara visual.

3. Navigasi

Mudah! itulah kunci utama untuk membuat website yang menarik. Sebagus apapun website kalau justru mempersulit, maka akan mengurangi banyak esensi dari website itu sendiri.

Navigasi harus dibuat secara intuitif atau mudah dipakai oleh pengunjung. Sebuah navigasi di dalam website biasanya terletak dalam posisi yang tidak center, tetapi juga harus diingat kalau pengunjung harus mudah dalam menemukannya.

Umumnya untuk halaman yang penting akan diletakkan pada posisi atas, sedangkan untuk informasi yang sesuatu tidak begitu utama, diletakkan pada navigasi bagian bawah.

Misalnya, pada bagian atas diletakkan tentang kategori-kategori produk, harga, keunggulan, profil, dan lain sebagainya.

Kemudian untuk bagian footer akan dimasukkan informasi seputar keluhan pelanggan, menghubungi customer service, alamat kantor, dan lain sebagainya.

4. Website Speed

Kalau pengguna jaman sekarang menyebutnya, 'Lemot'. Jangan sampai website yang sudah Anda buat justru lemot saat hendak dibuka oleh pengunjung.

Waktu load dari website tidak boleh dari 2-3 detik setelah pengunjung mengetikkan atau mengklik situs website Anda. Bahkan, kalau perlu, pengunjung sudah mendapatkan tampilan website ketika 1 detik awal saat Ia mulai membuka website.

Saat ini ada kok cara untuk mempercepat speed website yaitu dengan cara memperlambat komponen website yang dianggap memperlambat. Yang terpenting adalah pengunjung bisa melihat tampilan website secepat mungkin, bahkan 1 detik pertama, kemudian pelan-pelan akan memunculkan visual template website secara keseluruhan.

Jika website Anda diakses dengan waktu lebih dari 3 detik, maka bisa dipastikan website Anda sudah termasuk ke dalam kategori 'Lemot'. Waspada kesan dari orang yang berkunjung ke website usaha Anda karena nanti mereka akan menilai bahwa perusahaan Anda tidak punya kredibilitas.

Mungkin bisa dibilang, sebagian pengunjung akan mengatakan, 'Perusahaan ini tidak punya modal cukup untuk membuat kecepatan website yang proper'.

5. Adobe Flash

Mohon maaf kepada perusahaan adobe flash karena kali ini Vebma.com harus mengatakan kalau web developer sebaiknya menghindari penggunaan flash. Sebuah animasi standar yang paling banyak digunakan karena memang mudah untuk dibuat.

Tetapi sayang sekali karena flash belum bisa menemukan formula untuk mengatasi masalah kecepatan website. Jika ada web yang menggunakan flash pasti untuk kecepatannya akan melambat. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menggunakan flash jika memang tidak terlalu dibutuhkan.

Lain halnya jika memang Anda bergerak di bidang animasi dan menggunakan flash, ya mau bagaimana lagi.

Itulah tadi tentang informasi mengenai tips membuat website yang jauh lebih menarik agar usaha Anda bisa memiliki website terbaik.