Loading...

6 Tips Untuk Anak Yang Mau Menjadi Santri

Tips · 2 weeks ago
6 Tips Untuk Anak Yang Mau Menjadi Santri

Menjadi santri mungkin adalah cita-cita sebagian anak dan orang tua di Indonesia. Siapa yang tidak menginginkan anaknya yang memiliki pendidikan umum yang cukup yang dibarengi dengan pendidikan agama Di zaman sekarang ini, pergaulan di dunia luar sudah semakin meresahkan bahkan sudah melampaui batas, sehingga para orang tua sebagian merasa mawas diri jangan-jangan anaknya juga akan terlibat dengan hal-hal negatif, maka solusi yang muncul adalah memasukkan anak ke sebuah pondok pesantren solusinya. 

Tidak sedikit juga anak dengan sendirinya yang meminta untuk masuk ke sebuah pesantren. Di Indonesia, pesantren semakin banyak menjamur dan masing-masing menonjolkan kelebihannya. Nah berikut 6 tips untuk anda yang hendak bahkan sudah memantapkan hati untuk masuk ke pondok pesantren, tentang hal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang santri :

1. Persiapkan Diri Secara Lahir dan Batin

Sebagai orang yang akan melanjutkan pendidikan di dunia pesantren, tentu kita dituntut untuk menjadi orang yang siap meninggalkan apapun, termasuk keluarga dan kebiasaan-kebiasaan di rumah. Maka kita harus mempersiapkan diri secara lahir dan batin. Persiapkan segala keperluan untuk hidup dipesantren, dengan menggali informasi tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan nanti mulai dari bangun pagi hingga tidur kembali. Jangan sampai pada saat nanti sudah masuk, kemudian ada kegiatan olahraga rutin setiap hari jumat pagi, sedangkan kita tidak memiliki baju training karena kurang persiapan sebelum masuk. Selain itu, aksi pencurian dan “tukar tambah” juga sering terjadi di dunia pesantren, maka hal seperti itu juga anda harus siap secara lahir dan batin, sebab itu akan terjadi secara berulang jika anda tidak pandai dalam mawas diri dan belajar dari kesalahan sebelumnya.

2. Belajar Berbaur Dengan Teman Baru Lainnya

Dunia pesantren memang cukup unik, termasuk dari sisi pertemanan. Dalam sebuah pesantren, bisa saja terdapat ratusan bahkan ribuan anak dari berbagai macam daerah, bahkan negara. Jangan menjadi anak yang suka menyendiri karena hal tersebut tidak akan baik untuk perkembangan dan ketahanan anda kedepannya. Sebaiknya, mulailah berkenalan dengan teman satu kamar, kemudian teman sebelah kamar, satu asrama, asrama lain, teman sekelas hingga pada akhirnya anda akan mengenal teman-teman satu pesantren bahkan hingga tukang masaknya sekalipun

3. Balajar mandiri

Pesantren seperti layaknya sebuah pendidikan militer, dimana kedisiplinan serta ketangkasan serta keuletan sangat dibutuhkan. Bangun dan jam tidur diatur, tinggal disebuah asrama, jadwal kebersihan diatur, makan, minum hingga cara berpakaian semua memiliki aturan. Ada baiknya jika anda atau anak anda ingin memasuki dunia pesantren, sebaiknya terlebih dahulu belajar mencuci baju, menyapu dan mencuci piring sendiri, karena pesantren tidak mengenal adanya istilah “pembantu”. Untuk hal ini, penulis menambahkan juga bahwa jangan menjadi anak yang pelit dan kikir, karena hal tersebut akan menyebabkan anda dikucilkan oleh teman-teman anda.

Loading...

4. Jangan terlalu sering dikunjungi

Sama seperti halnya dengan tanaman, jika terlalu sering disiram dengan air maka tetap akan layu juga. Begitu juga dengan kehidupan dipesantren, anak yang terlalu sering dijenguk oleh keluarganya akan mengakibatkan anak tersebut akan manja dan cengeng. tips ini berlaku juga untuk orang tua. Percayankanlah kepada pihak pesantren anak anda, dan yakin bahwa kelak anak anda akan menjadi anak yang anda idam-idamkan selama ini.

5. Jadilah yang paling menonjol

Dari sekian ratus anak yang mendaftar dan masuk menjadi santri, secara otomatis kita masuk dalam sebuah sistem persaingan secara tidak sengaja, oleh sebab itu jika ingin mudah dikenali, maka milikilah satu skill yang kira-kira berbeda dengan yang lainnya, tentu yang saya maksud adalah skill postif, bukan negative. Dengan hal ini, maka guru-guru pun juga akan menaruh perhatian khusus kepada anda, saat ada lomba, pertemuan, atau apapun, maka yang paling pertama yang dicari adalah anda.

6. Selalu kembali ke niat awal yaitu Lillahi Ta’ala

Menjadi santri bukan hanya sekedar mengejar pendidikan semata. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan di sekolah negeri dan swasta sekarang sudah bisa bersaing dengan kualitas pendidikan dengan dunia pesantren. Tapi satu hal yang berbeda dengan lainnya, pesantren juga dijadikan sebagai “bengkel” akhlak. Output yang bisa diperoleh jika nanti menjadi lulusan sebuah pesantren adalah, akhlak yang baik dan itu yang menjadi keinginan semua orang tua. Maka dengan demikian, anda selalu dianjurkan untuk kembali ke niat awal masuk dan menjadi santri, niat awal yang menentukan masa depan di pesantren.

Semoga bermanfaat J

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Muammar Hijaz
Muammar Hijaz
0
Followers