Loading...

7 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Tips · 7 months ago
7 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Di bulan suci Ramadhan ini, dibandingkan tidur, umat Muslim seluruh dunia dianjurkan untuk terus berbuat kebaikan untuk mengumpulkan pahala, termasuk bekerja sebaik-baiknya. Nah, dengan mengikuti tips berikut Anda bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dari sahur hingga berbuka puasa

7 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

1. Jangan lewatkan sahur

Melewatkan waktu sahur ibarat seperti memperpanjang waktu puasa dan membuat tubuh menguras cadangan energi lebih banyak yang mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan juga cepat haus. Bagi yang suka melewatkan sahur akan cenderung makan berlebihan ketika berbuka puasa.

2. Jangan makan berlebihan ketika berbuka puasa

Berpuasa mengajarkan kita untuk dapat mengendalikan serta menahan diri. Namun, bukan hanya dari sahur hingga berbuka saja, tetapi juga setelahnya. Sudah menahan lapar dan haus seharian tapi tidak bisa mengendalikan diri saat berbuka puasa dan kalap makan atau minum justru akan meningkatkan berat badan secara cepat, ditambah lagi jika berbuka dengan menu yang tak sehat seperti fast food dan gorengan.

3. Hindari makanan yang terlalu manis, asin dan berlemak

Berbukalah dengan yang manis, kalimat itu sering terdengar saat bulan Ramadhan dan tampaknya sudah begitu melekat di benak masyarakat. Namun, jika mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan justru akan meningkatkan kadar glukosa darah dengan sangat cepat juga akan meningkatkan nafsu makan Anda. Makan makanan yang berlemak terlalu banyak juga akan menyebabkan rasa lelah dan mengantuk setelah makan. Cukup dengan hanya konsumsi beberapa buah kurma dan air putih seperti yang dilakukan oleh Rasulullah.

4. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Ketika berpuasa cairan tubuh akan berkurang dan itu itulah yang menyebabkan Anda cepat lelah dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Cukupi kebutuhan cairan di waktu sahur dan berbuka demi menghindari dehidrasi. Air putih memang paling dianjurkan, akan tetapi Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus buah murni.

Loading...

5. Berolahraga ringan

Berolahragalah secara rutin sekalipun bulan Ramadhan. Seperti jogging atau bersepeda selama 15 hingga 20 menit ketika menjelang berbuka, hitung-hitung sebagai alternatif ngabuburit. Namun, jangan olahgara berlebihan yang dapat memicu dehidrasi atau menguras energi. Dengan rajin berolahraga akan terhindar dari rasa malas ketika berpuasa.

6. Menggosok gigi sebelum

tidur dan setelah sahurTubuh akan membakar cadangan lemak menjadi energi utama dan meningkatkan kadar keasaman pada darah itulah sebabnya nafas akan berbau ketika berpuasa. Untuk mengatasinya, gosoklah gigi sebelum tidur dan setelah sahut supaya kesehatan mulut tetap terjaga.

7. Konsultasi ke dokter

Bagi orang-orang yang sedang menderita sakit, berusia lanjut dan wanita yang sedang hamil atau menyusui diberbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun,  Jika Anda memiliki salah satu kondisi tersebut tapu merasa masih mampu untuk berpuasa, cobalah untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar terhindar dari risiko kesehatan yang mungkin akan muncul.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Rizkya Listyarini
Rizkya Listyarini
0
Followers