close
8 Cara Ini Bisa Bikin Gajimu Cukup Sampai Akhir Bulan
Belum juga akhir bulan, tapi sisa gaji sudah tinggal sedikit? Nah, cara-cara ini bisa bikin gajimu cukup sampai kamu terima gaji lagi.
Banyak orang merasa sulit mengatur gaji, bahkan yang memiliki gaji besar sekali pun tetap merasakan kesulitan tersebut. Apa Anda sering kehabisan uang padahal belum juga pertengahan bulan? Jika iya, itu berarti Anda tak mampu memanajemen gaji dengan baik.

Meski demikian, Anda tidak perlu risau, karena di sini akan dipaparkan beberapa tips mengelola gaji agar tetap berkecukupan sampai akhir bulan.
 
Membuat anggaran bulanan



Anda harus membuat anggaran bulanan. Mulailah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan yang diisi dengan kebutuhan makan, ongkos, dan tagihan listrik/air/telepon. Buat juga daftar pengeluaran tersier seperti belanja, travelling, dan hang out.
 
Membayar tagihan



Setelah menerima gaji, Anda harus segera membayar semua tagihan, baik itu tagihan listrik, air, sampah, telepon, dan lainnya. Penting sekali melakukan ini yang pertama kali agar tidak mengganggu kebutuhan harian. Tidak hanya itu, membayar tagihan sejak awal juga bisa membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran lain.
 
Menabung



Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Sampai dewasa pun kita tetap harus bisa menabung demi hari esok. Setelah menerima gaji, Anda harus segera menyisihkannya untuk ditabung. Bukan malah sebaliknya, menyisihkan sisa gaji. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa terhindar dari pengeluaran tidak penting.
 
Laporan keuangan harian



Pertama kali mendengar laporan keuangan, mungkin Anda akan memikirkan deretan angka seperti jurnal akuntansi. Padahal laporan keuangan yang dimaksud tidaklah serumit demikian. Anda hanya perlu mencatat semua pengeluaran setiap hari dan menyimpan semua bukti pembayaran ataupun struk belanja. Cara ini bisa membuat Anda tahu ke mana saja aliran uang selama ini. Di samping itu, membuat laporan keuangan juga bisa membantu Anda untuk menganalisa barang mana yang tidak perlu dibeli selanjutnya.
 
Menggunakan dua rekening bank



Sebaiknya Anda membuat dua rekening bank di dua bank yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti gaji, belanja, dan melunasi tagihan. Sementara rekening ke-dua digunakan untuk menabung. Tentukan berapa persen yang hendak Anda tabung agar selanjutnya nilai yang ditabung tetap stabil. Satu lagi, jadikan menabung sebagai kewajiban Anda setiap bulan.
 
Menggunakan kartu kredit dengan bijaksana



Jika digunakan secara cerdas, kartu kredit bisa membantu mengelola keuangan. Apalagi kartu kredit memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah promo belanja. Meski demikian, Anda harus tetap bijaksana dalam menggunakan kartu kredit dan harus segera melunasi tagihan setelah menerima pemberitahuan jumlah pembayaran.

Baca Juga: Beberapa Tips Bagi Kamu Yang Susah Melupakan Mantan
 
Investasi



Jika Anda sudah menyisihkan gaji untuk ditabung dan ternyata masih ada kelebihan dana, Anda bisa menggunakan itu sebagai investasi. Ada banyak pilihan investasi di luar sana yang bisa anda pilih. Bisa berupa asuransi ataupun logam mulia bernilai jual tinggi. Beda halnya dengan tabungan yang bisa Anda ambil sewaktu-waktu, investasi hanya dapat diambil pada waktu tertentu. Selain membuat uang Anda tetap di tempat, investasi juga bisa menguntungkan Anda pada hari esok.
 
Membuat perbandingan



Buatlah perbandingan antara pengeluaran dan anggaran agar Anda mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan susunan anggaran atau justru melampaui anggaran. Jika yang terjadi adalah melampaui, Anda harus segera melakukan revisi anggaran. Cobalah evaluasi kembali catatan pengeluaran agar Anda tahu kebutuhan mana yang membutuhkan dana besar.
 
Terakhir, biasakanlah untuk mematuhi seluruh peraturan keuangan yang Anda buat sendiri. Lagipula, daripada menghabiskan gaji untuk berbelanja secara intens, bukankah lebih baik gaji ditabung dan diinvestasikan? Semoga dengan cara-cara di atas, Anda akan selalu berkecukupan.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Rahel kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait