16 Cara Budidaya Buah Pir Yang Benar dan Tepat

Tips 1 week ago
16 Cara Budidaya Buah Pir Yang Benar dan Tepat

Buah pir adalah jenis buah yang banyak tumbuh di Asia salah satunya adalah indonesia. Buah pir tersebut memiliki rasa yang manis dan segar tidak berbeda jauh dengan apel. Sejenis buah tersebut banyak dicari oleh semua orang karena rasanya yang manis dan enak serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Budidaya buah pir di indonesia sekarang sudah banyak yang membudidayakan buah pir tersebut, karena angka pemintnya juga sangat banyak dari beberapa wilayah di indonesia, maka para petani akan berpeluang besar terhadap hasil yang akan di dapatkan. Maka dari itu banyak para petani yang menjadikan budidaya buah pir tersebut sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena dengan itulah petani akan senang dalam membudidayakan pir tersebut karena harganya yang masih mahal karena masih langka para pembudidaya pir tersebut.   

Berikut cara budidaya buah pir dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula agar mendapatkan hasil yang melimpah.

1. Persiapkan Modal

Tahap pertama sebelum menanam tanaman pir alangkah baiknya memiliki modal yang cukup agar dalam proses membudidayakan pir tersebut tetap lancar dan tidak ada kendala. Karena modal yang disiapkan akan sangat berpengaruh besar terhadap pembudidayaan buah pir nantinya. Maka dari itu, siapkanlah modal yang secukupnya agar dalam proses penanaman pir tersebut menjadi lancar.

2. Persyaratan Tumbuh

Tanaman pir memiliki persyaratan tumbuh yang perlu diketahui, karena persyaratan tumbuh pir akan berpengaruh besar terhadap panen yang akan dihasilkan.

  • Tanaman pir bagus tumbuh dalam keadaan daerah yang sedang antara 4 bulan kemarau dalam setiap tahunnya.
  • Tanaman pir bagus tumbuh dalam dataran tinggi sekitar 900-1200 m dpl
  • Tanaman pir bagus tumbuh dalam tanah yang bagus dengan pH 5-7
  • Tanaman pir bagus tumbuh dalam suhu 16-20 derajat celcius.

Itulah persyaratan tumbuh tanaman pir agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Persiapkan Bibit Pir

Sebelum menanam tanaman pir alangkah baiknya mempersiapkan terlebih dahulu bibit yang bagsu dan berkualitas, karena bibit yang disiapkan akan sangat berpengaruh besar terhadap panen yang akan dihasilkan, maka dari itu siapkanlah bibit pir yang terhindar dari penyakit dan hama.

4. Persiapkan Lahan

Lahan yang harus disipkan untuk menanam pir ternyata harus dengan lahan yang bagus dan terhindar dari longsor dan ancaman banjir. Apabila dalam panen ingin mendapatkan hasil yang sangat banyak maka persiapkan juga lahan yang luas dan bagus.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan rerumputan yang ada disekitar lahan yang akan dijadikan tempat budidaya pir. Pengolahan lahan tersebut bisa menggunakan alat seperti cangkul dan alat lainnya untuk membersihkan rumput dan mengelolanya.

6. Pembuatan Sanitasi Air

Pembuatan sanitasi air yakni dengan membuat tempat saluran air setelah lahan yang sudah dilakukan pengolahan, pembuatan sanitasi tersebut agar ketika hujan lebat turun maka tidak akan terjadi penggenangan yang dapat mengancam kematian bibit pir yang sudah di tanam nantinya.

7. Pembuatan Bedengan

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat bedengan yang cukup dan bagus. Bedengan yang harus dibuat tersebut agar tidak terjadi pengendapan air apabila hujan. Pembuatan bedengan dapat dilakukan setelah pengolahan tersebut dilakukan.

8. Pengapuran

Pengapuran tidak kalah pentingnya agar dalam proses pertumbuhan pir tersebut cepat dan baik. Pengapuran dapat dilakukan dengan menggunakan kapur demolit yang cukup dan kemudian taburkan secara merata di sebuah bedengan yang telah di buat.

Loading...

9. Pembuatan Lubang

Pembuatan lubang untuk menanam bibit pir sangat diperlukan dan dilakukan. Lubang yang harus dibuat untuk menanam pir harus dengan ukuran sekitar 50 x 50 x 50 cm setiap lubangnya agar dalam proses pertumbuhan bibit pir menjadi cepat dan baik.

10. Penaburan Pupuk Kandang

Setelah melakukan pembuatan lubang untuk menanam pir maka taburkanlah pupuk kandang ke dalam lubang seperti pupuk kotoran domba dan kororan ayam, jerami maka aduk sampai merata dengan tanah.

11. Menanam

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Apel Hijau Dengan Benar Agar Mendapatkan Hasil Yang Melimpah


Cara yang selanjutnya adalah dengan melakukan penanaman bibit pir yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Cara penanaman bibit pir yakni masukanlah bibit pir akarnya ke dalam lubang dan timbunlah dengan tanah gembur sampai padat agar ketika hujan besar tiba tidak terjadi roboh.

12. Penyiraman

Setelah tahap sebelumnya sudah selesai, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman dengan baik terhadap bibit pir yang sudah di tanam tersebut. Penyiraman dapat dilakukan secara berkala dan bertahap dan bisa dilakukan pagi atau sore hari dengan tujuan agar dalam proses pertumbuhan pir menjadi cepat dan baik.

13. Pemupukan Ulang

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan ulang dengan menggunakan pupuk buatan seperti pupuk mutiara dan npk agar dalam proses pertumbuhan batang dan buah menjadi cepat. Pemupukan ulang bisa dilakukan secara berkala dan dilakukan dengan baik dan benar.

14. Penyiangan

Penyiangan tanaman pir memang sangat penting sekali dan harus dilakukan dengan baik. Penyiangan dilakukan dengan tujuan agar tanaman pir tersebut terhindar dari penyakit dan hama. Maka dari itu, penyiangan dapat dilakukan dengan membersihkan gulma yang ada disekitar tanaman pir tersebut. Karena kalau tidak dilakukan penyiangan maka tanaman pir akan mudah terserang penyakit dan hama.

15. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit tidak kalah pentingnya, pengendalian tersebut harus dilakukan pengontrolan tanaman pir minimal 2x dalam seminggu agar terlihat pertumbuhan tanaman pir baik atau tidaknya. Pengendalian hama dan penyakit harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar seperti melakukan penyemprotan untuk membasmi hama serta penyakit yang menyerang tanaman pir.

16. Panen

Panen tanaman pir yakni dengan sudah menghasilkan buah serta buah yang sudah siap dipanen tersebut adalah warnanya yang sudah berubah pudar maka siap untuk dipanen sebelum dimakan oleh hewan liar. Panen dapat dilakukan hanya dengan memanen buah yang sudah matang saja.

Itulah 16 cara budidaya buah pir dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang melimpah.  

Tags: Budidaya Buah Pir, Buah Pir

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com