Perawatan Ekstra Untuk Gigi yang Baru Saja Melepas Behel
Pengobatan menggunakan kawat gigi kini bisa menjadi alternative baru untuk kamu membperbaiki bentuk gigi menjadi yang diinginkan. Namun tentu memasang kawat gigi memiliki efek samping jangka panjang seperti halnya akar gigi yang tak kuat

Gigi adalah jendela senyuman kita, bagaimana tidak, ketika memiliki gigi indah tentu akan memukau dunia hanya dengan satu senyuman saja. Namun ketika gigi mengalami pertumbuhan yang tak sesungguhnya membuat gigi dirasa tak indah dan membuat percaya diri hilang tentu membuatmu menjadi pribadi yang murung.

Pengobatan menggunakan kawat gigi kini bisa menjadi alternative baru untuk kamu membperbaiki bentuk gigi menjadi yang diinginkan. Namun tentu memasang kawat gigi memiliki efek samping jangka panjang seperti halnya akar gigi yang tak kuat, gigi kembali seperti semula, atau jangka pendek seperti sariawan berkepanjangan, berikut adalah tips perawatan ekstra untuk gigi yang sudah lepas behel :

1. Gunakan sikat gigi yang khusus untuk pasien yang memakai kawat gigi, yaitu  sikat gigi proxabrush dan pasta gigi berbahan fluoride

Untuk gigi yang sedang menjalani perawatan setelah mengenakan kawat gigi, haruslah melakukan perawatan khusus dan ekstra. Lakukan menyikat gigi di pagi hari setelah sarapan, dan malam hari menjelang tidur malam. Perawatan ini akan menjadi yang utama karena kebersihan gigi menjadi pemicu betapa bersihnya gigi yang kamu rawat itu, bagaimana ?, masihkah kamu mengabaikannya dan lebih mementingkan tidur sebelum gosok gigi.

2. Lakukan pembersihan langkah selanjutnya jika masih dirasa belum bersih, kamu bisa menggunakan benang pembersih gigi

Dental floss akan membantu kamu untuk membersihkan sela – sela gigi yang berkarang sekalipun. Selalu gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menyangkut pada sela gigi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk berperan sebagai anti bakteri dan berfungsi sebagai pembersih sisa makanan yang tak terjangkau oleh sikat maupun benang gigi.

3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula maupun tepung yang bersifat mengotori dan merusak gigi

Makanan yang mengandung tepung malah memungkinkan penumpukan plak gigi semakin besar. sedangkan kandungan gula dalam makanan atau minuman membuat gigi rusak, ngilu dan nyeri. Lakukan pemeriksaan rutin seperti yang dijadwalkan dokter. Misalnya : permen karet, daging keras seperti sate kambing, kacang – kacangan, minuman bersoda. Ini adalah makanan yang wajib kamu hindari selama perawatan, sedikitnya kamu bisa mengkonsumsinya dalam porsi kecil untuk meminimalkan kerusakan pada gigi setelah melepas behel.

Baca Juga: 7 Manfaat Lain Dari Pasta Gigi Yang Pastinya Belum Kamu Ketahui

4. Siapkan makanan yang disajikan dengan mempermudah gigi untuk mengunyah, misalnya dengan memotongnya kecil – kecil

Saat ini gigi kamu sedang rentan akan goncangan, lakukan perawatan ekstra dengan memilih makanan yang sesuai dengan kemampuan mengunyah. Kamu bisa memotongnya menjadi kecil – kecil kotak berbentuk dadu sehingga gigi dapat mengunyah lebih baik tanpa gigitan yang keras. Jika kamu menyukai buah, kamu bisa memilih buah pisang sebagai alternative atau buah lain dnegan teksture lembut seperti alpukat, mangga, anggur, kelengkeng, durian. Bagiamana menurut kamu ?

Artikel ini di tulis oleh Khasna Khasna kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait