Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Tips 1 week ago
Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Cara membuat makalah yang baik dan benar. Membuat makalah mungkin menjadi salah satu tugas yang sangat berat. Bagi pelajar SMA dan Mahasiswa tugas ini selalu saja menjadi momok menakutkan. Mulai dari tahap pembuatan sampai presentasenya. Namun sesungguhnya jika dipahami cara pembuatannya dengan baik, maka akan terasa lebih mudah lagi saat presentase.

Untuk membuat makalah yang baik, perlu memperhatikan kerangka makalah. Dengan memahami kerangkanya, maka penyusunannya akan lebih mudah. Karena sesungguhnya antara bagian yang satu dengan lainnya akan saling berhubungan.

Cara Membuat Makalah Lengkap Dengan Penjelasannya

Sebelum lanjut pada cara membuat makalah maka hal pertama yang harus diketahui adalah tentang pengertian makalah dan struktur makalah itu sendiri. Untuk memudahkan dalam pembuatan makalah maka hal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah struktur atau bagian yang harus ada dalam makalah.

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas suatu pokok masalah tertentu. Makalah disusun secara sistematis agar memenuhi standar karya ilmiah dengan kerangka baku yang menjadi acuan. Penulisan makalah melalui proses berpikir analisis, logis dan objektif sehingga isi dalam makalah dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

1. Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
2. Makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Struktur Makalah

Makalah memiliki struktur tersendiri yang menjadi acuan dalam penulisan. Berikut ini adalah struktur sebuah makalah.

  • SAMPUL (Cover)
  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II PEMBAHASAN
  • BAB III PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA

Berikut ini pembahasan lengkap tentang cara membuat makalah yang baik dan benar.

Membuat Sampul

Sampul dibuat dengan menggunakan kertas berukuran A4. Untuk pembuatan sampul makalah memiliki struktur tersendiri. Berikut ini adalah urutan dari pembuatan sampul.

  1. Judul Makalah. Judul makalah ditulis dengan huruf kapital dengan ukuran huruf 12-16 dengan penulisan tebal. Jenis huruf Times New Roman dengan posisi tegak (Normal) kecuali untuk istilah asing ditulis miring.
  2. Logo. Logo diletakkan tepat dibawah judul dengan ukuran menyesuaikan lebar kertas. Posisi logo berada di tengah.
  3. Nama Penyusun (Penulis): Nama penyusun atau penulis dituliskan di bawah logo. Dimulai dengan tulisan "Disusun Oleh" kemudian dituliskan nama-nama penyusun jika dibuat secara berkelompok atau cukup satu saja jika hanya dibuat sendiri. Nama penulis ditulis dengan huruf Times New Roman Ukuran 12 Normal. Nama penulis diikuti dengan Nomor induk masing-masing.
  4. Nama Instansi (Sekolah atau Universitas). Selanjutnya adalah tuliskan nama instansi. Untuk universitas silahkan tuliskan secara berurutan mulai nama Jurusan, Fakultas, sampai universitas. Untuk sekolah mulai kelas sampai nama sekolah. Nama instansi ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman Kapital Dengan Ukuran 12 Normal.
  5. Tahun Pembuatan. Pada bagian akhir dari sampul silahkan tuliskan tahun pembuatan makalah. Tahun ditulis dengan menggunakan huruf time new roman ukuran 12 Bold.

Membuat Kata Pengantar

Kata pengantar ditulis pada kertas A4 sama halnya dengan sampul dan isi serta penutup. Ukuran margin menggunakan 4 Kiri 3 Kanan 4 Atas dan 3 Bawah (4 4 3 3). Adapun isi dalam kata pengantar adalah sebagai berikut:

  1. Ucapan Syukur kepada Tuhan yang maha Esa.
  2. Ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyusunan.
  3. Pemikiran dasar penyusunan makalah.
  4. Penjelasan singkat tentang isi makalah.
  5. Tanda tangan penulis dan juga tempat dan tanggal pembuatan.

Bagian atas dituliskan judul 'KATA PENGANTAR' menggunakan huruf kapital dan bold. Huruf menggunakan time new roman dengan ukuran huruf 12. Selanjutnya isi kata pengantar ditulis dengan huruf yang sama dan ukuran yang sama dengan penulisan normal kecuali penggunaan istilah asing.

Membuat Daftar Isi

Penulisan daftar isi dibuat dengan menggunakan angka romawi dan angka latin. Untuk bagian sampul, kata pengantar, daftar isi dan daftar pustaka menggunakan angka romawi yang dimulai pada sampul. Meskipun pada sampul tidak dituliskan angka halamannya namun perhitungan dimulai dari sampul sehingga kata pengantar berada pada halaman ii dan seterusnya.

Selanjutnya untuk bagian pendahuluan dimulai dengan angka latin yaitu 1 dan seterusnya sampai penutup.

Membuat Bagian Pendahuluan

Pada BAB I PENDAHULUAN terbagi menjadi tiga bagian yaitu Latar Belakang, Rumusan Masalah, dan tujuan penulisan. Bagian ini akan menjelaskan secara singkat tentang apa yang menjadi dasar penulisan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan tersebut.

  • Latar Belakang

Latar belakang ditulis dengan memberikan gambaran tentang dasar sebuah penulisan. Misalnya ingin menuliskan tentang fenomena penggunaan gadget dikalangan remaja. Maka dibuat uraian singkat tentang fenomena tersebut.

  • Rumusan Masalah

Selanjutnya berangkat dari latar belakang yang dibuat. Dirumuskan masalah-masalah yang ditemukan dari fenomena yang diangkat. Rumusan masalah dituangkan dalam bentuk pertanyaan.

Loading...

  • Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dijabarkan sebagai maksud yang ingin dicapai dengan adanya makalah tersebut. Misalnya dengan memberikan informasi terbaru yang sifatnya ilmiah kepada pembaca. Terlebih penting bahwa tujuan makalah itu memiliki tujuan spesifik kepada penulis dan pelajar/ mahasiswa lainnya.

Membuat Bagian Pembahasan

Pada penulisan pembahasan ini sangat penting untuk diperhatikan. Pada pembahasan ini akan mengungkap fakta-fakta ilmiah tentang topik yang dibahas, pendapat para ahli, dan juga opini penulis berupa kesimpulan dari setiap item pembahasan.

Setidaknya bagian pembahasan memuat poin berikut ini.

  • Pengertian. Pada bab pertama dimulai dengan menjelaskan pengertian atau definisi dari topik yang dibahas. Mulai dari pengertian yang didapatkan dari ahli terkait sampai pengertian yang dibuat sendiri setelah mengambil kesimpulan dari beberapa pendapat para ahli di bidangnya.
  • Bagian-bagian dari topik. Untuk memperjelas topik pembahasan maka dibuat bagian-bagian kecil dari topik tersebut. Misalnya mebahas tentang fenomena gadget. Dibahas pengertian Fenomena, Pengertian Gadget. Selanjutnya bagian terkecilnya. Dampak positif dan negatifnya, langkah preventif untuk mencegah dampak negatif, dan lain sebagainya.
  • Data atau fakta tentang untuk memperjelas setiap bagian dari topik yang dibahas. Misalnya kejadian tentang efek negatif yang ada di daerah tertentu. Data harus lengkap mulai dari sumber, tanggal kejadian, tempat dan lain sebagainya.

Membuat Penutup

Pada bagian penutup terdiri dari dua bagian yaitu kesimpulan dan saran. Kesimpulan dibuat dengan menarik kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, pendapat para ahli dan lain sebagainya. Kesimpulan dibuat sebagai pendapat penulis atas fenomena yang terjadi.

Pada bagian saran penulis memberikan saran kepada pelajar/mahasiswa lain, guru dan juga masyarakat sekitar bahkan pemerintah atau instansi terkait yang berhubungan dengan fenomena yang dibahas.

Membuat Daftar Pustaka

Daftar pustaka dibuat dengan menuliskan semua referensi atau rujukan dari penulisan makalah tersebut. Semua sumber harus dituliskan secara lengkap dengan mengikuti panduan penulisan daftar pustaka. Untuk penulisan daftar pustaka dengan menggunakan sumber buku penulisannya adalah sebagai berikut:

  1. Nama Penulis: Nama penulis yang terdiri dari dua suku kata ditulis dimulai dengan nama belakang kemudian nama depan yang dipisahkan dengan tanda penghubung koma (,) selanjutnya diakhiri dengan tanda titik (.).
  2. Tahun Terbit. Tahun terbit dituliskan setelah nama penulis dan diakhiri dengan tanda titik (.).
  3. Judul Buku. Judul buku ditulis dengan huruf miring (italic) dan diakhiri dengan tanda titik (.).
  4. Tempat terbit. Tempat terbit dituliskan kota dari penerbit buku dan diakhiri dengan tanda titik dua (:).
  5. Nama Penerbit. Nama penerbit ditulis pada bagian akhir dengan diakhir tanda titik.

Apabila daftar pustaka terdiri dari 2 baris maka baris kedua ditulis 7 ketukan dari pinggir dengan menggunakan spasi rapat. 

Contoh penulisan daftar pustaka dengan menggunakan sumber dari buku.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Penjelasan tambahan tentang Cara Membuat Makalah

1. Semua huruf yang digunakan dalam penulisan adalah sama yaitu Times New Roman dengan ukuran huruf 12. Untuk Judul menggunakan huruf kapital dengan model huruf tebal (bold). Untuk penulisan istilah asing menggunakan model huruf miring (Italic).

2. Ukuran kertas menggunakan kertas A4 dengan margin (4:4:3:3) 4cm ke kiri, 4cm ke atas, 3cm ke kanan, 3cm ke bawah.

3. Penulisan daftar pustaka memiliki aturan tersendiri berdasarkan sumber rujukan yang digunakan.

4. Penempatan angka halaman dilakukan dengan mengikuti ketentuan berikut:

  • Halaman sampul tanpa penulisan angka halaman.
  • Halaman Kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka menggunakan huruf kecil romawi dengan posisi pada bagian bawah sebelah kanan.
  • Halaman Judul pada bagian isi (BAB I, BAB II, BAB III) menggunakan angka latin dengan penempatan bagian tengah bawah.
  • Halaman isi selain judul menggunakan angka latin dengan penempatan bagian kanan bawah

Cara membuat makalah yang baik dan benar harus mengikuti pedoman penulisan karya ilmiah dengan menggunakan bahasa EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Sebagai sebuah karya ilmiah pengambil data dan juga sumber rujukan harus dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Terlebih penting bahwa ada tujuan penulisan yang ingin dicapai untuk menjelaskan lebih detail dari topik yang dibahas.

Tags: Makalah, Membuat Makalah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com