18 Cara Memelihara Ikan Koki Dengan Baik dan Benar

Tips 5 days ago
18 Cara Memelihara Ikan Koki Dengan Baik dan Benar

Berbeda dengan ikan koi, jenis ikan ini juga banyak digemari untuk dijadikan hewan peliharaan. Ikan ini mempunyai perut yang sangat buncit, hal itu menjadikan gerakan dari ikan ini sangatlah lambat, akan tetapi hal inilah yang menjadikannya sangat digemar untuk dijadikan ikan hias.

Ikan koki juga sangat gampang, tidak membikin ribet jika ingin merawatnya. Ada beberapa cara untuk merawarnya dengan baik dan benar.

1. Membuat Ikan Mas Koki Beradaptasi

Setelah Anda membeli jenis ikan mas koki, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat ikan mas koki nyaman atau beradaptasi terhadap lingkungan baru. Membuat ikan mas koki beradaptasi adalah langkah awal yang sangat penting, supaya ikan mas koki pilihan Anda tidak stres dalam lingkungan baru dan akhirnya berujung dengan kematian. Langkah untuk itu sangatlah mudah, caranya Anda harus memasukan ikan mas koki beserta kantong plastiknya ke dalam akuarium hias Anda, dan biarkan mengapung selama kurang lebih satu jam. 

2. Memilih Tempat yang Tepat Untuk Ikan Mas Koki

Jika Anda menginginkan ikan mas koki Anda mempercantik ruang kerja atupun artistik Anda hanya perlu menempatkan ikan mas koki dalam wadah yang kecil seperti, stoples atau gelas kaca adalah hal yang salah dalam merawat ikan mas koki. Ikan mas koki membutuhkan oksigen yang cukup untuk bertahan hidup. Wadah kecil sangat tidak memungkinkan untuk menampung volume air yang banyak dan pastinya oksigen yang dibutuhkan ikan mas koki sangat minim dalam wadah yang kecil. Utuk itu akuarium adalah tempat yang cocok dalam memelihara ikan mas koki.

3. Ukuran

Ikan mas pada awalnya memang berukuran kecil. Namun, jika Anda bisa merawatnya dengan baik, ukuran ikan mas bisa sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari ini sehingga mengharuskan mereka membeli wadah yang baru untuk ikan mas mereka yang sudah besar. Akan lebih baik jika dari awal Anda sudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas Anda bisa tumbuh besar, ikan mas tersebut akan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.

4. Memasang Aerator di Akuarium Hias

Setelah langakah memilih tempat yang tepat untuk ikan mas koki "akuarium" , langkah selanjutnya adalah memasang aerator pada akuarium. Fungsi dari aerator adalah mengalirkan udara di air, yang akhirnya menjadikan air melimpah oksigenya. Selain daripada itu, ikan mas koki akan merasa nyaman, sebab seperti hidup di habitat aslinya.

5. Air yang Bersih

Anda juga harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di aquarium secara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini dapat Anda beli di toko perlengkapan aquarium. Sifat air yang biasanya bertambah asam, dapat merusak kesehatan ikan mas. Jika hal ini terjadi, Anda dapat membeli obat penetralisir keasaman di toko perlengkapan aquarium tersebut.

6. Gunakan Gravel yang Tidak Menimbulkan Masalah Bagi Ikan

Gunakan Gravel yang Tidak Menimbulkan Masalah Bagi Ikan
Gunakan Gravel yang Tidak Menimbulkan Masalah Bagi Ikan

Ikan mas dan mas koki sering menggali dasar akuarium kadang untuk mendapatakan makanan yang masuk kedasar akuarium. Karena itu gravel sebaiknya berukuran cukup besar sehingga tidak bisa masuk kemulut ikan atau gravel yang kecil dan halus agar ketika tertelan ikan tidak nyangkut pada tenggorokan atau pencernaannya. 

7. Takaran yang Tepat Untuk Makanan Ikan Mas Koki

Pengaturan dalam pemberian pakan ikan mas koki adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam cara merawat ikan mas koki. Terlalu banyak memberi makan ikan mas koki tidaklah bagus, karena air akan menjadi keruh dan akan beracun, terlalu sedikit juga kurang bagus, kerena ikan mas koki Anda akan kurus. Berikan takaran yang pas, jangan berlebih dan jangan kurang, yang terpenting dalam memberi makan ikan mas koki adalah 1 kali dalam sehari. 

8. Beri Pakan Ikan Secara Teratur

Beri pakan ikan yang beragam selain pellet seperti cacing, larva nyamuk atau anak udang 1-2 kali sehari. Jangan memberikan pakan secara berlebih meskipun tetap dimakan ikan karena akan menyebabkan peningkatan kotoran dan ammonia serta sering menimbulkan masalah perncernaan ikan. Pemberian pakan yang lebih jarang akan lebih baik daripada pemberian pakan yang berlebihan.

Loading...

9. Memilih Lampu Akurium yang Tepat Agar Akurium Hias Semakin Cantik

Sebenarnya lampu akuarium tidak terlalu berpengaruh dalam kesehatan ikan mas koki, akan tetapi pemberian lampu ini bertujuan untuk mempercantik akuarium saat dilihat. Untuk lampu, bisa Anda gunakan lampu pijar yang redup. Lampu pijar yang redup sedikit lebih hemat dibanding lampu pijar yang terang. Selain itu, lampu pijar redup lebih baik dalam menghantarkan panas dibanding dengan lampu pijar yang terang.

10. Pemberian Media Kerikil Agar Keasaman Air Akurium Terjaga 

Sebenarnarnya untuk menghias akuarium agar tapak indah ada banyak media seperti terumbu karang, kerikil dan sebagainya. Akan tetapi dalam merawat ikan mas koki yang terpenting adalah kesehatan ikan. Terumbu karang memanglah terlihat bagus nan indah, akan tetapi terumbu karang bisa membuat air akurium menjadi asam. Nah, ketika air akuarium untuk hidup ikan mas koki terlalu asam akan mengganggu kesehatan ikan mas koki Anda.

11. Penutup Aquarium

Ikan mas memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Sebaiknya Anda memberikan triplek atau kayu untuk menutup aquarium. Tutup itu juga berguna nantinya bagi Anda jika ingin menambahkan lampu aquarium.

12. Penyaring

Ikan mas selalu membuang banyak kotoran. Kotoran ini, jika dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun untuk ikan mas. Untuk itu, Anda harus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang bagus. Penyaring yang ada pada filter Anda harus diganti secara teratur apabila sudah kotor. Filter ini pun harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam sebulan agar bersih dari bakteri jahat yang menempel disana. Jangan lupa untuk mengukur kadar amonia dan nitrit pada air aquarium Anda.

13. Tumbuhan Air

Tumbuhan air selain mempercantik aquarium, juga berguna untuk menekan kadar amonia dalam air aquarium. Tumbuhan air yang tumbuh sehat di dalam aquarium akan memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan mas. Namun sebaliknya, jika tumbuhan air tersebut tidak tumbuh baik dan akan mati, disarankan segera membuangnya karena tumbuhan yang mati tersebut akan menghasilkan racun. 

14. Ukur Kadar Ammonia, Nitrate dan pH Air

Ingat, kadar bahan berbahaya dalam air yang dapat meracuni mas koki adalah kadar ammonia, nitrit dan perubahan pH yang tajam. Jaga agar kadar ammonia dan nitrit pada angka 0 dan kadar pH antara 6,5 sampai 8,25.

15. Jangan Memasukkan Ikan Dalam Jumlah Yang Berlebih

Ikan mas dan mas koki membutuhkan ruang gerak yang luas sehingga jumlah ikan harus dibatasi dalam akuarium. Selain itu dengan jumlah ikan yang berlebih, maka ammonia yang dihasilkan juga sangat banyak. Jika kemampuan filtrasi dan system penetralisiran bahan berbahaya hanya mampu untuk satu ekor ikan, maka kadar bahan berbahaya tidak akan ternetralisir jika jumlah ikan berlebih. Ingat perhitungan kasar rasio jumlah ikan dengan volume air adalah 1 ikan ukuran dewasa membutuhkan volume 38 liter.

16. Pisahkan Ikan Sakit dan Mati

Ikan yang sakit atau bahkan mati berpotensi membawa penyakit yang menular bagi ikan lainnya, jadi sebaiknya langsung pisahkan dan karantina ikan yang sakit dan buang ikan yang mati karena ikan mati bisa dimakan oleh ikan yang masih hidup.

17. Monitor Kadar Oksigen Dalam Air

Ikan sangat memerlukan oksigen yang terlarut dalam air karena mereka bernapas dengan menyaring oksigen dalam air menggunaka insang. Jika ikan yang biasanya sering ada dalam air, kemudian tiba-tiba berkerumun dipermukaan air, kemunkinan kadar oksigen menurun. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan sedikit suhu air atau memindahkannya ketempat teduh dan memberikan tambahan oksigen dengan menghidupkan pompa udara. Suhu air yang panas akan membuat kadar oksigen menjadi rendah, maka perlu dilakukan penurunan suhu namun dalam rentang normal.

18. Perhatikan Tanda Ikan Sakit

Beberapa organism pathogen yang menginfeksi ikan paling sering yakni parasit dan cacing. Jika tubuh ikan berbintik-bintik putih itu tandanya terinfeksi parasit. Jika pada kulit tubuh ikan terdapat luka yang kemerahan, terlihat berlendir dan bengkak itu salah satu tanda infeksi cacing. Jika hal ini terjadi, karantina dan pisahkan ikan tersebut karena dapat menjangkiti ikan yang sehat. Jika ikan terlihat masih hidup tapi posisinya tidak tegak, itu artinya terkena penyakit “Swimbladder” yakni penyakit pada organ keseimbangan ikan dimana ikan tidak mampu memposisikan dirinya untuk tegak dalam air. Jika terjadi ini, pisahkan juga ikan tersebut meskipun penyakit ini tidak menular.

Tags: Tips Budidaya Ikan Koki, Cara Memelihara Ikan Koki

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com