Lemes Saat Berpuasa? Intip Cara Agar Tetap Bugar Ketika Berpusa Ini

26-10-2016 (1 month ago)

Kadang kala rasa lemah, letih dan lesu datang ketika sedang berpuasa. Kurangnya asupan mineral membuat tubuh tidak terkontrol. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara aar tetap bugar ketika berpuasa

Puasa adalah menjaga hawa dan juga nafsu manusia. Kita biasanya menjalankan ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan, karena pada bulan Ramadhan kita sebagai umat islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa tersebut, yaitu menahan hawa nafsu dari mulai Imsak sampai Adzan Magribh.

Dalam berpuasa anda harus bisa menjaga kebugaran tubuh anda, supaya dapat kuat menahan hawa nafsu. Untuk itu berikut adalah informasi mengenai tips dan trik dalam menjaga kebugaran saat berpuasa.

Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup



Cara pertama menjaga kebugaran saat berpuasa adalah dengan cara mengkonsumsi air putih yang cukup. Karena air putih dapat menambah energi dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan memakan nasi ditambah dengan minum air putih saat sahur maupun berbuka dapat menambah energi dan cairan pada tubuh. Disarankan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Tiga gelas saat sahur, tiga gelas saat bebuka, dan dua gelas saat malam hari pulang shalat Taraweh. Maka dalam menjalankan ibadah Puasa akan lancar.

Beristirahat Yang Cukup

Tips lainya dalam menjaga kebugaran saat berpuasa adalah dengan cara beristirahat yang cukup. Disaat menjalankan ibadah puasa tentunya sangat berbeda nuansanya ketika di hari biasa. Maka dari itu, kamu harus pandai mengatur waktu istirahat. Bagi pekerja kantoran tentunya ini sangat sulit, mereka harus bekerja dari pagi sampai sore, bahkan ada yang sampai malam. Namun setidaknya istirahat sangat diperlukan untuk merilekskan tubuh. Nah anda bisa melakukan ini juga supaya badan anda tetap bugar saat berpuasa.

Bermain Game

Dengan  bermain game, energi tubuh anda tidak akan terkuras banyak. Karena anda hanya tinggal diam dan bermian game di rumah ataupun di warung internet, tanpa perlu panas-panasan dan berkeringat. Dengan bermain game selama bulan Ramadhan maka kebugaran tubuh akan terjaga, anda tidak akan mudah lelah dan juga haus. Otak juga akan bekerja disaat anda bermain game, lain halnya dengan tidur saja seharian. Otak yang bekerja akan berpengaruh positif untuk kesehatan tubuh anda.

Kurangi Aktivitas di Luar Rumah



Anda dapat mengatasi kebugaran saat berpuasa dengan mengurangi melakukan aktivitas di luar rumah, seperti aktivitas bermain sepak bola atau aktivitas yang hanya membuat diri anda kelelahan. Jika kita banyak beraktivitas di luar rumah maka kebugaran tubuh kita akan berkurang, kita jadi letih dan puasa kita tidak bisa berjalan lancar. Untuk itu anda kurangi aktivitas di luar rumah. Namun anda jangan hanya berdiam saja di rumah, karena itu akan membuat tubuh mengalami gangguan.

Melaksanakan Ibadah Shalat

Bagi umat Islam, sangat diwajibkan mereka untuk menunaikan shalat, karena shalat adalah tiang agama. Selain itu, shalat juga akan menenangkan dan merilekskan diri untuk menjalankan ibadah puasa. Karena percuma saja bila berpuasa namun tidak melaksanakan ibadah puasa itu hanya sia-sia. Setelah shalat, anda dapat mengirimkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana doa tersebut mengenai tujuan positif dalam hidup anda.

Nah itulah beberapa tips dalam menjaga kebugaran tubuh saaat berpuasa. Meskipun banyak sekali gangguan atau halauan, akan tetapi itu bukan menjadi alasan anda tidak melaksanakan ibadah puasa. Karena puasa itu wajib dan termasuk ke dalam Rukun islam. Jagalah diri dari hal-hal ayng menyebabkan puasa menjadi batal atau sumbing.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel