15 Tips Beternak Ayam Kampung Hingga Hasilkan Keuntungan

Tips 1 month ago
15 Tips Beternak Ayam Kampung Hingga Hasilkan Keuntungan

Beternak ayam kampung memang sudah banyak dilakukan oleh para peternak. Hal ini disebabkan keuntungan yang memang tidak akan sedikit kalau sudah berhasil. Maka tidak heran kalau banyak peternak pemula yang memilih menjadi peternak ayam kampung. Perlu kalian ketahui dalam perjalanan beternak kalian tidak akan pernah lurus akan ada halangan dan rintangan maka dari itu kalian harus berjuang. Jika anda adalah salah satunya, maka ada baiknya bagi anda mencoba 15 Tips Beternak Ayam Kampung Hingga Hasilkan Keuntungan berikut ini. 

1. Bibit Ayam

Bibit
Bibit Ayam

Dalam beternak ayam kampung, biasanya banyak peternak pemula yang lebih memilih untuk membeli ayam kampung anakan daripada membeli ayam kampung indukan. Hal ini berguna untuk meminimalisir modal yang akan dikeluarkan. Maka untuk bisa beternak ayam kampung dengan modal minim, ada baiknya agar anda juga membeli bibit ayam kampung dari peternak besar, yang tentunya sudah menyediakan anakan ayam kampung berkualitas. Selain itu, harganya juga bisa lebih murah jika membeli dalam jumlah yang banyak.

2. Kandang

Kandang
Kandang

Untuk kandang ayam kampung sendiri tergolong biasa seperti pembuatan kandang ayam lainnya. Tidak ada keistimewaan dalam pembuatan kandang ayam kampung dibandingkan dengan kandang ayam jenis lain. Anda cukup membuat kandang yang terbuat dari bambu membentuk kotak-kotak memanjang, dan mengisinya dengan 2 ekor ayam kampung. Namun jika anda membeli bibit anakan, maka anda bisa membuat satu kandang yang cukup besar lalu memasukkan semua bibit anak kedalam kandang tersebut.

Baca juga : 16 Cara Menanam Jahe Gajah Agar Hasil Memuaskan

3. Lokasi kandang

Lokasi
Lokasi

Untuk lokasi kandang sendiri, biasanya para peternak ayam kampung sudah mempunyai tempat. Tempat tersebut biasanya terletak di wilayah persawahan yang jauh dari penduduk. Selain agar lebih bebas, tetangga yang berada di sekitar juga bisa saja merasa terganggu dengan kandang - kandang ayam milik anda. Selain karena kotoran ayam yang bau, suara ayam juga tentunya akan sangat mengganggu tetangga.

4. Pakan

Pakan
Pakan

Untuk pakan ayam kampung sendiri, anda bisa membelinya di toko pakan unggas. Disana tentu sudah tersedia banyak jenis makanan ayam kampung bagi anda yang memiliki peternakan ayam kampung. Anda tidak perlu susah payah mencari atau membuat pakan untuk ayam kampung. Selain lebih hemat waktu, membeli pakan dari penjual pakan juga akan menghemat tenaga anda.

5. Jadwal memberi pakan

Jadwal
Jadwal

Untuk jadwal memberi pakan bisa anda lakukan setiap pagi dan sore hari. Hal ini dikarenakan jadwal pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk memberikan pakan pada ayam kampung. Rutinitas ini tidak boleh sampai terlewatkan atau terabaikan, karena kesehatan dan keselamatan ayam adalah taruhannya. Bahkan tidak mungkin ayam juga akan terkena beberapa penyakit saat kelaparan.

6. Telur

Telur
Telur

Ayam kampung bukan hanya menghasilakan dagingnya saja, anda juga bisa memanfaatkan telur nya untuk menghasilkan uang. Menjual telur ayam kampung tentu tidak akan sulit, karena peminatnya sangat banyak. Hal ini disebabkan tlur ayam kampung dipercaya sebagai penguat tubuh. Jika anda tidak memiliki mesin tetas, maka langkah menjual telur adalah langkah yang sangat bagus untuk menghasilkan uang.

7. Daging ayam kampung

Daging ayam
Daging ayam

Daging ayam kampung sudah banyak peminatnya, jadi anda tidak perlu khawatir dalam penjualannya. Banyak pedagang yang memanfaatkan daging ayam kampung seperti soto, nasi goreng dan banyak lagi bahan makanan yang lainnya. Anda juga bisa menjualnya di pasar hewan yang memang khusu untuk menjual ayam potong.

8. Indukan

Indukan
Indukan

Jika anda sudah pernah panen dan mendapatkan anak ayam yang baru, maka bisa dipastikan anda juga akan mendapatkan beberapa indukan. Pilihlah ayam indukan yang menurut anda berkualitas dan pastinya menghasilkan telur terbaik. Dengan memilih ayam indukan berkualitas, maka besar kemungkinan ayam ini akan menghasilkan telur ayam yang lebih baik, dan juga anak ayam yang lebih berkualitas.

Loading...

9. Berkembang biak

Berkembangbiak
Berkembangbiak

Berbicara mengenai pengembang biakan, ayam kampung juga sama seperti jenis ayam yang lainnya. Dengan cara pengembangbiakan yang alami, maka anda tidak perlu terlalu repot dalam menangani pengembangbiakan ayam. Anda cukup menunggu hingga ayam kampung indukan berkembang biak dan menghasilkan telur. Indukan ayam beserta telurnya bisa anda tempatkan terpisah dengan ayam yang lainnya.

10. Mesin tetas

Mesin tetas
Mesin tetas

Jika anda sudah memiliki modal yang besar alangkah baiknya agar anda membeli mesin tetas ayam kampung. Mesin tetas digunakan agar indukan ayam bisa menetaskan telur lebih banyak dan cepat tentunya. Mesin tetas juga bisa anda dapatkan di berbagai toko unggas. Memang harus diakui kalau membeli mesin tetas akan mengeluarkan biaya yang besar, namun hasilnya juga akan sangat menguntungkan. Keuntungan dari penjualan telur akan sangat bermanfaat jika digunakan untuk membeli mesin tetas ayam indukan.

11. Pembersihan kandang

Pembersihan
Pembersihan

Dalam beternak ayam kampung, anda juga harus membersihkan kandang secara berkala. Hal ini bertujuan agar ayam kampung tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Biasanya pembersihan kandang dilakukan pada pagi hari, karena pagi hari adalah waktu dimana kotoran ayam akan sangat banyak. Kebersihan merupakan hal wajib yang harus dijaga oleh peternak dan merupakan satu langkah menuju keberhasilan beternak ayam kampung.

12. Bergabung dengan kelompok

Bergabung di kelompok
Bergabung di kelompok

Jika di daerah anda memang banyak yang beternak ayam kampung, maka ada baiknya agar anda bergabung dengan kelompok atau komunitas para peternak ayam kampung. Tidak terkecuali juga untuk para peternak pemula agar senantiasa belajar dengan cara bergabung pada kelompok tersebut. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, anda juga bisa mendapatkan berita terbaru seputar peternakan ayam kampung.

13. Keuntungan

Keuntungan
Keuntungan

Keuntungan bisa anda rasakan jika sudah menjual ayam kampung yang telah diternakkan. Penghitungan keuntungan dari modal, pembelian pakan, dan tentunya penjualan daging ayam maupun telur ayam. Maka akan diketahui keuntungan selama anda beternak ayam kampung dari awal permodalan hingga penjualan ayam kampung itu sendiri.

14. Vaksin

Vaksin
Vaksin

Seperti unggas lainnya, ayam kampung juga tergolong golongan unggas yang rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu pemberian vaksin sangat diperlukan dalam kegiatan beternak ayam kampung. Selalu siapkan vaksin jika sewaktu - waktu ayam kampung anda terserang virus atau penyakit unggas.

15. Pantang menyerah

Pantang menyerah
Pantang menyerah

Dalam setiap pekerjaan selalu ditekankan untuk selalu berusaha, tidak terkecuali dalam beternak ayam kampung. Jangan menyerah dalam beternak, karena banyak peternak besar yang mengalami kerugian. Namun mereka tetap berjuang dan bisa mencapai kesuksesan. Maka jika  mereka bisa sukses, tidak tertutup kemungkinan kalau anda juga bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Banyak sekali para peternak ayam kampung yang menyerah di tengah jalan, ataupun tidak melanjutkan usahanya ketika mengalami suatu hambatan ataupun kerugian. Namun jika anda ingin menjadi pengusaha peternakan ayam kampung yang sukses, maka anda tidak boleh mengenal kata menyerah. Selain itu, anda juga harus memperhatikan beberapa tips dan trik dalam beternak ayam. Nah itulah tadi 15 Tips Beternak Ayam Kampung Hingga Hasilkan Keuntungan, semoga bermanfaat.

Tags: Beternak Ayam Kampung, Ayam Kampung

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com