Loading...

15 Tips Beternak Burung Murai Untuk Pemula

Tips 1 week ago
15 Tips Beternak Burung Murai Untuk Pemula

Memelihara burung murai untuk saat ini sudah menjadi hobby untuk sebagian masyarakat Indonesia. Akan tetapi jarang sekali orang yang memanfaatkan hobby nya tersebut untuk menjadi ladang uang. Bagi kamu pecinta burung kicau, kamu pasti tau tentang burung murai batu.Selain cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan, burung murai batu ini dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Karena burung murai batu mempunyai suara kicau yang merdu, bermelodi, dan bervariasi. Nah untuk sekarang ada 15 Tips agar berhasil beternak burung Murai Untuk Pemula langsung simak artikel nya

1.Tentukan wilayah kandangnya

Wilayah kandang
Wilayah kandang

Sebelum membeli burung murai atau beternak kita langkah pertama harus menentukan tempat/wilayah kandang burung murai. Jangan diabaikan salah satu tips ini karena bisa berpengaruh untuk kelangsungan burung murai, karena bila mengabaikan dalam pemilihan lokasi kandang akan berakibat buruk bagi burung murai misal dalam betelur burung murai akan terganggu. Umumnya lokasi penangkaran murai batu berada diluar rumah, seperti di samping rumah ataupun perkarangan rumah. Faktor penting yang harus diperhatikan adalah tempat yang dijadikan kandang suasananya cukup tenang dan jarang ada gangguan yang berarti.

2.Ukuran Kandang Murai 

Ukuran kandang
Ukuran kandang

Untuk kandang memang memliki variasi namun para peternak senior sudah memiliki patokan untuk membuat kandang. Jangan terlalu kecil atau terlalu sedang dikarenakan kandang murai digolongkan menjadi 3 yaitu secara ukuran yaitu kandang kecil, kandang sedang dan kandang besar. Tentunya kita harus memperhatikan antara jumlah pembelian burung murai karena sangat tidak mungkin kita  hanya membeli sepasang namun membuat kandang ukuran yang besar. 

3.Peralatan Untuk Si murai

Peralatan Murai
Peralatan Murai

Bukan hanya aksesoris saja yang harus diberikan di kandang burung murai namun yang perlu kita harus berikan juga yaitu peralatan seperti minum makan, tenggeran. fungsi dari tenggeran sendiri untuk bertengger burung murai batu dan tentunya kita harus mempunyai kandang cadangan untuk dibawa bertanding. Jangan lupa kandang burung murai harus senyaman mungkin dikarenakan burung murai tergolong burung yang gampang stress. 

4. Cara membersihkan Kandang

Membersihkan kandang
Membersihkan kandang

Menjaga kebersihan kandang murai batu merupakan faktor terpenting untuk keberhasilan dalam membudidayakan murai batu. Dengan tingkat kebersihan yang terjaga, munculnya bibit penyakit dan hama tentu bisa diminimalisir.Serta burung murai batu akan merasa lebih nyaman sehingga terhindar dari serangan stress yang merupakan pemicu munculnya berbagai penyakit pada murai batu. Caranya kita ambil burungnya setelah itu mulai kita bersihkan kandang nya dengan terlebih dahulu bersihkan kotoran yang dibawah alas kandang dan jangan lupa sikat sikat bagian bagian kandang akan terhindar dari penyakit burung nya.

5. Pemberian Pakan

Pakan
Pakan

Selanjutnya pemberian pakan sangat penting dan tidak boleh diberi makan sewaktu waktu . Atur pola makan kepada si burung murai batu agar burung tidak gampang stress dan yang ditakutkan burung murai batu tidak mau makan. Sebenarnya untuk minum sendiri burung murai biasanya diberi minum antara 4-5 kali perhari. Untuk pakan burung murai ada berbagai macam macam jenis makanan dari serangga hingga pakan buatan yang kita jumpai di berbagai toko burung tentunya.

6.Cara perkawinan Murai secara Poligami 

Kawin
Kawin

Cara ini memang banyak dilakukan oleh pembudidaya burung murai batu dari pemula sampai profesional. Karena cara ini terbukti ampuh dan bisa dilakukan oleh peternak pemula dengan syarat dalam satu kandang hanya boleh diisi 1 ekor pejantan dan 7 ekor betina. namun dengan langkah ini terbukti kita lebih hemat tempat dan lebih hemat biaya dikarenakan kita cuma membutuhkan satu ekor burung jantan. 

7. Cara merawat anak Murai

Anak murai
Anak murai

Tentunya setelah kita mengembangbiakkan burung murai akan menghasilkan anakan burung murai. Tentu ada tips-tips agar anak burung murai berkembang Biak dengan baik dan tidak mati. perhatikan tips nya anak burung murai batu yang berusia 7 – 14 hari bisa deberi pakan dengan campuran voer dan krota yang sudah diencerkan. Pemberian pakan bisa dilakukan 1 jam sekali.Setelah berusia 15 hari, biasanya mereka sudah bisa makan kroto sendiri. Akan tetapi tetap selalu diperhatikan agar anakkan burung murai batu dapat tumbuh sehat.

8. Memandikan Burung Murai

Pemandian
Pemandian

tips ini harus diperhatikan sekali, jika kita salah sedikit dalam menyemprot bisa membuat burung murai batu bulunya tidak bersih. Namun akan menjadikan burung murai stress dan bisa mati,cara yang mudah yaitu memberikan tempat mandi di dalam kandang. Sehingga kita tidak perlu takut jika burung nya stress. Cara kedua memerlukan sedikit perhatian karena kita harus menyemprotkan air ke burung murai dan di mohon berhati hati dalam menyemprot burung murai.

9.Penjemuran Burung Murai

Penjemuran
Penjemuran

Untuk ini jangan sekali kali kalian untuk memnjemurkan burung murai pada saat siang dan suhu panas sekali atau dengan jangka penjemuran yang lama. Cukup sekitar 20 menit saja sudah cukup membuat burung ini bersih dan tidak basah, jika lebih dari itu bisa dipastikan burung kepanasan dan dehidrasi dan bisa berakibat burung murai mati.

Loading...

Baca juga : 25 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

10.Keuntungan Dan Modal

Keuntungan
Keuntungan

Untuk keuntungan bisa dihitung sendiri dengan cara pemberian pakan penjualan dan modal karena setiap peternak berbeda beda dalam penentuan modal,keuntungan serta pemberian pakan yang tentunya jenis dan harga pakan itu sendiri berbeda beda disetiap peternak.

11.Sabar dalam beternak

sabar
sabar

dalam beternak jika anda masih memiliki kendala dan memiliki perasaan ragu dalam keuntungan. diharapkan anda untuk sabar dalam beternak dikarenakan dalam beternak tidak bisa langsung instan. Perlu ada tahap tahap nya,untuk itu kalian belajar terus dalam beternak burung murai batu dan dalam beberapa bulan akan mendapatkan hasilnya. Karena peternak professional pun juga mengalami seperti anda,oleh karena itu sabarlah kuncinya. 

12. beli Burung Berkualitas

Burung berkualitas
Burung berkualitas

Untuk kalian yang ingin beternak disarankan untuk memilih Indukan Yang berkualitas agar menciptakan anakan yang berkualitas. juga dan tentunya memiliki harga yang menguntungkan.

13. Bergabung dengan kelompok pecinta murai

Kelompok
Kelompok

Disarankan bergabung dengan kelompok pecinta murai karena kita akan mendapatkan ilmu dari kelompok. karena teman sekelompok dapat memberikan ilmu yang belum kita ketahui dan bisa bertukar pengalaman sesama kelompok pecinta burung murai.

14. Berikan waktu melatih murai

Waktu luang
Waktu luang

Untuk menjadi burung murai yang juara dipastikan harus melatih burung murai untuk itu kita sempatkan untuk Melatih burung ini agar menjadi burung kicau yang bisa memperoleh penghargaan dan bisa dijual dengan harga tinggi.

15. Semangat Tinggi

Semangat
Semangat

Jangan putus asa dalam beternak Murai karena burung ini susah susah gampang namun banyak juga beternak mendapatkan untung banyak dari bsternak burung ini selalu berjuang di dalam kegagalan. Untuk satu ini jika kalian merasakan belum untung coba untuk bersabar karena kesabaran akan membuahkan keberhasilan. karena kegagalan awal dari keberhasilan tetap bersabar, karena peternak professional juga berawal dari peternak pemula dan selalu semangat.  Mungkin itu 15 Cara beternak burung murai yang diperuntukkan pemula. sekian apabila ada salah perkataan mohon  Dan tips tips ini bisa membuat kalian untung dalam beternak murai karena tiap taun pecinta burung ini bukan berkurang namun semakin banyak dan bisa menguntungkan hingga jutaan rupiah dalam sekali penjualannya dan dipastikan kalian akan kecukupan uang dalam ekonomi keluarga dan untuk itu selalu berasabar dalam penangkaran burung murai.

Tags: Ternak Murai, Tips Beternak

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com