15 Tips Beternak Burung Perkutut Yang Menjanjikan

Tips 1 month ago
15 Tips Beternak Burung Perkutut Yang Menjanjikan

Burung perkutut memang sangat digemari dan sangat dicari oleh pecinta burung belakangan ini. Maka tidak heran jika sudah semakin banyak orang yang beternak dan membudidayakan burung jenis yang satu ini. Bagi para kalangan pecinta burung, harga terkadang bukanlah masalah dan mereka akan rela mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli burung. Maka disinilah kesempatan anda untuk beternak burung perkutut demi meraih keuntungan yang banyak. Jika anda berniat untuk beternak burung perkutut, maka anda bisa mencoba 15 Tips Beternak Burung Perkutut Yang Menjanjikan berikut ini.

1. Burung indukan

indukan
indukan

Untuk memulai beternak burung perkutut, pertama sekali anda harus mempersiapkan indukan burung perkutut. Usahakan untuk mencari indukan yang berkualitas dan memiliki suara yang bagus. 

Hal ini bertujuan agar burung yang anda pelihara menghasilkan anakan burung yang berkualitas juga dan akan memiliki harga yang mahal ketika dijual nantinya.

Baca juga : 15 Tips Beternak Ayam Kampung Hingga Hasilkan Jutaan

2. Kandang

kandang
kandang

Untuk kandang burung perkutut, anda cukup membeli kawat atau disebut juga grenjeng dalam bahasa Jawa. Dan tentunya anda juga harus membeli kayu untuk dijadikan penahan atau dijadikan kandang yang lumayan besar untuk burung perkutut. 

Dalam beternak burung perkutut, diharuskan agar anda hanya menempatkan sepasang burung perkutut saja di dalam satu kandang. Anda juga harus memperhatikan kualitas kandang tersebut, harus kokoh dan tidak asal - asalan saja.

3. Lokasi kandang

lokasi
lokasi

Untuk lokasi kandang sendiri, anda bisa memilih tempat yang menurut anda sesuai. Namun tentunya harus bisa diawasi dengan mudah dan tidak jauh dari jangkauan mata. Disarankan agar menempatkan kandang sedikit jauh dari rumah karena bukan tidak mungkin para tetangga terdekat akan kurang menyukai suara ribut yang berasal dari burung peliharaan anda. Hal ini akan sangat penting, mengingat perasaan dan kenyamanan tetangga juga harus anda perhatikan.

4. Kawin

kawin
kawin

Untuk mengawinkan burung perkutut tidaklah susah. Burung perkutut sendiri bisa melakukanya secara alami dan anda tidak perlu untuk mengawinkan secara paksa. Biarkan mereka berkembang biak sendiri karena cara alami adalah cara yang paling tepat dalam memperoleh anakan burung perkutut yang lebih berkualitas. Anda cukup menempatkan sepasang burung perkutut di dalam satu kandang, dan anda hanya menunggu kedua burung tersebut untuk berkembang biak.

5. Telur

telur
telur

Untuk telur burung perkutut sendiri bisa dibiarkan agar dierami dan ditetaskan sendiri oleh induknya. Namun anda dapat mengambilnya jika anda memang memiliki mesin tetas tersendiri untuk burung perkutut peliharaan anda. Jika anda tidak memiliki mesin tetas, maka sebaiknya biarkan telurnya dierami dan ditetaskan oleh indukannya sendiri. Dengan cara ini, anda juga tidak perlu repot - repot untuk membuat alat penetas, dan tentunya akan lebih menghemat biaya yang akan anda keluarkan.

6. Anakan

anakan
anakan

Untuk anakan burung perkutut sendiri,  anda bisa memisahkannya dari induknya ketika bulu anak burung perkutut sudah lengkap. Jangan sesekali mengambil mengambil anakan burung perkutut dengan bulu yang masih minim. 

Jika anda memaksakan hal tersebut, maka resiko kematian anak burung perkutut akan sangat tinggi. Anda juga harus direpotkan dengan peralatan pengatur suhu untuk menunjang kelangsungan hidup anak burung perkutut.

Loading...

7. Pakan

pakan
pakan

Mengenai pakan burung perkutut tergolong mudah dan bisa didapatkan di toko burung tentunya. Sedangkan untuk wadah pakan, anda bisa  membuatnya sendiri, yakni dengan menggunakan batok kelapa. Batok kelapa ini dijemur di bawah sianr matahari langsung, lalu kemudian dibelah menjadi 2 bagian. Selain lebih praktis dan mudah, cara ini juga bisa anda gunakan untuk menghemat biaya pengeluaran anda.

8. Beli anakan yang berkualitas

anakan
anakan

Jika anda sudah terbiasa dalam memelihara burung, maka ada baiknya agar anda membeli anakan burung perkutu yang berkualitas. Walaupun memiliki harga yang memang lebih mahal, namun kualitas burung tersebut sudah lebih menjanjikan. Namun jika anda masih dalam tahap coba - coba dan tidak terlalu serius, maka ada baiknya agar anda membeli anakan burung perkutut yang tidak terlalu mahal. Ketika anda merasa sudah cukup mahir dalam memelihara burung perkutut, barulah kemudian anda bisa membeli anakan yang berkualitas dan lebih mahal.

9. Ikut berlomba

lomba
lomba

Mungkin bukan kasus baru lagi jika kita mendengar burung perkutut diperlombakan. Suara indah dan bagus yang  bisa dikeluarkan oleh burung perkutut tersebut menjadi bahan utama dalam menentukan pemenangnya. Nah, selain harus menginginkan kemenangan, anda juga bisa memanfaatkan ajang ini sebagai alat promosi burung perkutut anda. Bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan tawaran pembelian burung perkutut anda jika memang memiliki suara yang bagus. Anda juga bisa belajar banyak dan bertukar ilmu dengan para pecinta burung lainnya dalam ajang perlombaan ini.

10. Vitamin

vitamin
vitamin

Burung juga makhluk hidup, yang tentunya juga membutuhkan vitamin demi kesehatan burung tersebut. Selain menjaga kesehatan, vitamin yang dikonsumsi burung memiliki efek besar terhadap suara yang akan dikeluarkan oleh burung perkutut tersebut. Maka anda harus selalu menyediakan vitamin agar kesehatan burung anda tetap terjaga dan mencegah hal - hal yang tidak diinginkan. Saat burung perkutut anda mengalami masalah kesehatan, maka anda juga bisa menangani secara cepat dengan menggunakan vitamin yang sudah anda sediakan.

11. Luangkan untuk melatih burung perkutut

melatih
melatih

Burung perkutut adalah burung yang tergolong mudah dilatih dan diajari. Maka dari itu, selalau luangkan waktu anda untuk melatih burung perkutut peliharaan anda. Anda bisa mengajari burung perkutut untuk mengeluarkan suara dan mendekatkan diri pada burung tersebut. Cara ini akan sangat berguna karena sudah dibuktikan oleh para peternak burung perkutut yang sudah senior. Waktu latihan yang kurang malah akan menyebabkan burung tersebut memiliki suara yang biasa - biasa saja.

12. Memandikan burung perkutut

memandikan
memandikan

Untuk tips ini harus diperhatikan dengan jeli, karena jika salah akan bisa membuat burung nya tidak bersih, melainkan sress dan bisa mati. Cara termudah dalam memandikan burung perkutut adalah dengan memberikan tempat mandi di dalam kandang dan membiarkan burung tersebut mandi sendiri. Memandikan burung perkutut dengan cara paksa malah akan berakibat buruk pada burung tersebut. Anda bisa memancingnya dengan cara menyemprotkan sedikit air pada burung tersebut. Namun anda juga bisa mengakalinya dengan cara memberikan wadah air yang agak besar, maka burung perkutut akan mandi dengan sendirinya tanpa dimandikan.

13. Keuntungan

keuntungan
keuntungan

Untuk keuntungannya sendiri, maka anda harus menjual burung perkutut anda terlebih dahulu. Selanjutnya hasil penjualan tersebut bisa anda kurangkan dengan biaya yang anda keluarkan selama mengurus dan memelihara burung. Selisih antara hasil penjualan dan biaya yang anda keluarkan adalah keuntungan anda dalam beternak burung perkutut. Jika memang memiliki untung yang lumayan banyak, maka anda bisa menambah indukan burung anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi nantinya.

14 . Tetap semangat

semangat
semangat

Bukan hanya dalam beternak, dalam pekerjaan apapun anda harus semangat. Dengan semangat yang anda miliki, maka rintangan apapun tentu akan bisa anda lewati dengan mudah. Akan banyak rintangan dan masalah yang mungkin anda hadapi saat beternak burung perkutut. Namun jika anda memiliki semangat dan tidak mudah menyerah, maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan keuntungan yang besar dari beternak burung tersebut. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak peternak yang akhirnya gagal hanya karena patah semangat.

15. Selalu bersabar

sabar
sabar

Bersabar adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam menjalani sebuah proses, termasuk dalam beternak burung perkutut. Beternak burung bukanlah usaha yang bisa dikerjakan dalam waktu cepat. Anda harus menunggu beberapa lama sebelum anda berhasil dan mencicipi hasil kerja keras anda. Jika anda mampu bersabar, maka hasil yang akan anda daptkan juga tentu akan lebih maksimal.

Komunitas para pecinta burung memang sudah semakin marak belakangan ini. Pada umumnya mereka mencari burung yang berkualitas, sehat, dan memiliki suara yang bagus. Namun tidak sedikit dari para pecinta burung tersebut yang tidak mau direpotkan dengan urusan membesarkan burung perkutut dari kecil, dan lebih memilih burung perkutut yang sudah dewasa. Maka disinilah kesempatan anda untuk meraih keuntungan. Anda bisa memanfaatkan hobby mereka untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual burung berkualitas kepada mereka. Sebelum anda beternak burung perkutut, maka 15 Tips Beternak Burung Perkutut Yang Menjanjikan ini bisa menjadi pedoman buat anda, semoga bermanfaat.

Tags: Perkutut, Ternak Perkutut

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com